Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus di Android, Aman No Root!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 24 August 2023, 13:30
Tak perlu khawatir akun WA terhapus secara tidak sengaja, ini cara mengembalikan akun WhatsApp dengan mudah dan aman!

Mengetahui cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulihkan akun WhatsApp yang sudah hilang. Sebab terkadang akun WhatsApp dapat terhapus tanpa disengaja.

Namun, ada solusi yang bisa diandalkan untuk mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus. Dengan mengikuti panduan di bawah ini, kamu dapat memulihkan semua informasi berharga seperti kontak, pesan, gambar, dan video yang ada dalam akun WhatsApp kamu.

Apa Penyebab Akun WhatsApp Terhapus?

WhatsApp dapat menghapus akun pengguna tanpa persetujuan dari pengguna itu sendiri jika akun tidak aktif dalam waktu tertentu, yaitu 45 hari dan 120 hari. Hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk menjaga keamanan akun pengguna.

Jika pengguna masuk kembali ke akun sebelum jangka waktu 120 hari dengan perangkat yang sama, maka akun tidak akan dihapus. Namun, jika pengguna masuk dengan perangkat yang berbeda setelah 45 hari tidak aktif, maka akun pasti akan terhapus

Jika nomor telepon pengguna digunakan oleh orang lain lain, maka ada kemungkinan bahwa mereka akan menggunakan akun WhatsApp dengan nomor telepon lama pengguna yang tidak aktif.

Perlu diperhatikan bahwa saat akun dihapus, pengguna secara otomatis keluar dari seluruh grup yang telah diikuti.

Dampak Hapus Akun WhatsApp

Menghapus akun WhatsApp memiliki dampak signifikan yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukannya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus seluruh data akun dari WhatsApp secara permanen. Salah satu dampak utama dari penghapusan akun WhatsApp adalah hilangnya informasi akun dan foto profil. Selain itu, nomor telepon yang terdaftar sebelumnya tidak dapat lagi digunakan untuk akun WhatsApp.

ADVERTISEMENT

Dampak lainnya adalah bahwa semua riwayat pesan dan cadangan yang disimpan di layanan seperti iCloud atau Google Drive akan terhapus. Ini berarti pengguna tidak akan lagi memiliki akses ke cadangan pesan yang ada sebelumnya.

Selain itu, menghapus akun juga berarti pengguna akan secara otomatis dikeluarkan dari semua grup chat yang ada. Anggota grup akan melihat bahwa akun pengguna telah keluar dari grup tersebut. Namun, chat yang dikirim sebelumnya masih dapat dilihat oleh anggota lain, meskipun pesan hanya akan menampilkan satu centang.

Proses penghapusan akun WhatsApp memerlukan waktu hingga 90 hari sejak dimulainya proses, dan setelah itu, tidak ada cara untuk membatalkan atau mengembalikan akun. Meskipun pengguna dapat mendaftar ulang dengan nomor telepon yang sama, semua data seperti riwayat chat, grup, dan media akan direset, sehingga pengguna akan memiliki akun WhatsApp yang sepenuhnya baru tanpa riwayat sebelumnya.

Penting untuk dicatat bahwa data yang ada sebelum penghapusan tidak akan dapat dipulihkan setelah pengguna mendaftar ulang. Oleh karena itu, sebelum mengambil langkah untuk menghapus akun WhatsApp, bijaksanalah untuk mempertimbangkan semua dampak dan konsekuensinya.

Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang Terhapus Manual

Sumber foto: JalanTikus - Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang Terhapus

WhatsApp secara otomatis melakukan backup dan menyimpannya di aplikasi File Manager perangkat tanpa pengguna sadari. Alhasil, pengguna dapat melakukan pemulihan akun WhatsApp secara manual dengan mengikuti beberapa langkah tertentu.

  1. Buka file manager di HP.
  2. Cari dan buka folder Databases untuk aplikasi WhatsApp.
  3. Cari database paling baru.
  4. Ubah namanya menjadi msgstore.db.crypt14.
  5. Hapus dan instal kembali aplikasi WhatsApp.
  6. Login dengan nomor HP.
  7. Verifikasi dengan kode OTP yang dikirim.
  8. Izinkan aplikasi mengakses kontak dan media.
  9. Ketuk tombol Restore jika cadangan berhasil ditemukan.
  10. Lanjutkan dengan klik Next.
  11. Atur foto dan nama profil dan klik Next.
  12. Klik Done dan selesai.

Penting untuk diketahui, penempatan folder Databases bisa berbeda-beda untuk setiap versi sistem operasi. Kita umumnya bisa menemukannya pada media internal > WhatsApp > Databases atau media internal > Android > media > com.whatsapp> WhatsApp > Databases jika memakai sistem operasi versi baru.

Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang Terhapus via Google Drive

Sumber foto: JalanTikus - Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang Terhapus

WhatsApp memiliki fitur backup yang dapat digunakan untuk mengembalikan data jika terjadi kehilangan atau penghapusan. Jika kamu sering melakukan backup data WhatsApp ke akun Google Drive, proses pemulihan akun yang terhapus jadi lebih mudah.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik tombol Agree and Continue.
  3. Masukan nomor dari akun yang diinginkan.
  4. Klik Next dan tombol OK.
  5. Salin kode OTP yang dikirim via pesan.
  6. Tunggu proses verifikasi data.
  7. Klik Continue untuk akses ke kontak dan media.
  8. Klik Restore untuk menemukan cadangan data.
  9. Klik Next saat proses pemulihan selesai.
  10. Lengkapi foto dan nama profil dan klik Next.
  11. Atur pencadangan data ke Google Drive.
  12. Klik tombol Done dan selesai.

BONUS: Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Terkadang, kita mungkin kehilangan dokumen atau foto di WhatsApp yang penting dari ponsel karena berbagai sebab, seperti update sistem operasi, reset, kerusakan pada kartu SD, atau kesalahan dalam menghapusnya.

Namun, jangan khawatir karena ada cara mudah untuk mengembalikan file WhatsApp yang terhapus di HP. Solusi yang cukup sederhana ini bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi artikel di bawah.

Akhir Kata

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus dapat dengan mudah mengembalikan data penting yang telah hilang di aplikasi ini. Kamu disarankan untuk selalu melakukan backup secara rutin sebagai antisipasi akun secara tak sengaja terhapus.

WhatsApp sendiri memiliki kebijakan untuk menghapus akun penggunanya secara sepihak. Kamu juga disarankan memperhatikan hal ini dengan menghindari tidak aktif selama lebih dari 45 hari dan 120 hari.

Kata Kunci Terkait

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Hivesis APK, Cara Cek Penghasilan TikTok, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT

Download DANA MOD APK v2.28.1, Beneran Unlimited Saldo & Cashback?

Download Marvel Investor Penghasil Uang Terbaru, Aman atau Penipuan?

Review BVZ Aplikasi Penghasil Uang dengan Investasi, Aman Digunakan Atau Penipuan?

Download Lucky Cube v1.0.0.2 Game Penghasil Uang PayPal, Aman atau Penipuan?

7 Game Online Penghasil Uang Terbanyak 2021, Terbukti No Tipu-Tipu!

Daftar Aplikasi Penghasil Pulsa Terbaru 2023, Dapat Pulsa Gratis Sambil Rebahan!

Kembali Keatas