Penyebab & Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP, Gampang Banget!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 26 August 2021, 10:30
Cara mengatasi sinyal hilang pada HP Android ternyata cukup mudah untuk dicoba. Mau tahu bagaimana caranya? Cek selengkapnya di sini!

Cara mengatasi sinyal hilang perlu kamu ketahui jika HP tidak ada jaringan. Rasanya kesel banget jika tiba-tiba sinyal smartphone hilang dan tidak muncul.

Memang sinyal HP Android menjadi salah satu faktor penting, apalagi buat kebutuhan berkomunikasi maupun menjelajah dunia maya alias internetan.

Bahkan nggak jarang, kamu harus mengecek koneksi jaringan untuk berjaga apabila sinyal melemah atau bahkan tiba-tiba hilang, seperti pada kasus di atas.

Nah, untuk itu kali ini Jaka mau kasih kamu solusi lewat beberapa cara mengatasi sinyal hilang di HP yang bisa diterapkan di semua tipe. Yuk simak selengkapnya!

Penyebab Sinyal HP Hilang

Banyak yang bertanya HP tidak ada sinyal apanya yang rusak? Untuk menjawab pertanyaan ini, Jaka akan membahas penyebab sinyal tiba-tiba hilang Xiaomi, Samsung, dan brand lainnya.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kamu mengetahui beberapa penyebab sinyal HP hilang timbul yang bisa kamu simak selengkapnya berikut ini.

1. Di Luar Cakupan Area Jaringan

Sumber foto: Bali-Developer (Salah satu penyebab sinyal hilang yang paling sering ditemukan adalah posisi pengguna yang berada di luar cakupan area).

ADVERTISEMENT

Tanpa disadari, ternyata posisi atau lokasi di mana kamu berada sangat berpengaruh juga lho terhadap sinyal HP yang sering hilang.

Hal itu dikarenakan beberapa provider terkadang nggak memiliki cakupan area yang luas hingga ke pelosok, sehingga jaringan seluler pun terbatas di beberapa titik lokasi saja.

Bukan hanya di pelosok, bahkan di sejumlah lokasi yang ramai penduduk pun jaringan hilang seringkali dirasakan oleh penggunanya. Jadi, pastikan kamu memakai provider yang memiliki cakupan area luas, ya!

2. Faktor Cuaca

Penyebab sinyal hilang berikutnya adalah faktor cuaca. Bahkan, bisa dibilang kalau ini merupakan salah satu faktor yang seringkali dialami oleh sebagian besar dari kita.

Pasalnya, nggak semua provider telekomunikasi di Indonesia dapat bekerja secara baik dan normal di segala kondisi cuaca.

Misalnya saja saat hujan deras apalagi yang disertai dengan petir, kondisi ini biasanya akan membuat HP tidak ada jaringan seluler.

Penyebab Sinyal Hilang Lainnya...

3. Perbaikan Jaringan Oleh Operator

Sumber foto: Tribun Jogja (Penyebab sinyal hilang lainnya yaitu disebabkan karena adanya perbaikan jaringan oleh operator).

Agar selalu dapat memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya, sejumlah operator pun nggak jarang melakukan perbaikan jaringan demi meningkatkan kualitas layanan.

Namun, sayangnya aktivitas pemeliharaan ini seringkali malah menjadi salah satu penyebab jaringan seluler hilang timbul atau bahkan benar-benar mati, geng.

Oleh karena itu, sebelum membeli HP Android baru karena berpikir bahwa HP kamu rusak, mending pastikan dulu apakah orang di sekitarmu yang menggunakan operator serupa mengalami hal sama.

4. Kerusakan Pada Hardware HP

Penyebab sinyal di HP hilang berikutnya yaitu dikarenakan adanya kerusakan pada salah satu komponen hardware HP. Salah satu tandanya adalah IMEI ada tapi sinyal hilang.

Dibandingkan penyebab-penyebab sebelumnya, poin ini bisa dibilang cukup fatal karena mau nggak mau kamu harus mengganti komponen yang rusak atau bahkan membeli HP baru.

Tapi, untuk memastikan bahwa penyebab jaringan seluler hilang benar-benar disebabkan oleh komponen hardware HP, mending kamu tanyakan dulu kepada ahlinya.

5. Ada Aplikasi atau Software yang Bermasalah

Selain hardware, permasalahan pada software HP atau aplikasi yang sedang digunakan juga bisa menjadi penyebab jaringan hilang lho.

Di beberapa kasus, hal ini biasanya terjadi karena adanya bug alias error pada software atau aplikasi.

Tapi, kalau ternyata semuanya baik-baik saja, kamu bisa memperbaikinya dengan membaca tips cara mengatasi sinyal tidak muncul yang akan Jaka bahas di bagian bawah.

6. Signal Reciever HP Bermasalah

HP tidak ada sinyal apanya yang rusak, ya? Nah lho! Mungkin ini disebabkan oleh signal receiver yang bermasalah, geng.

Seperti yang kita tahu, komponen signal receiver atau penangkap sinyal ini memiliki peran penting untuk menerima sinyal yang dikirimkan oleh transmitter.

Oleh karena itu, jika komponen satu ini bermasalah, maka nggak heran kalau pada akhirnya HP jadi tidak ada jaringan seluler sama sekali.

Tapi, kamu nggak perlu panik! Soalnya, masalah sinyal hilang yang satu ini bisa kamu atasi dengan cara memperbaiki penangkap sinyal HP atau cara lainnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Sinyal Hilang pada HP Android

Ketika sinyal di HP mendadak hilang maka kamu harus mencari titik permasalahannya. Kemungkinannya ada dua, SIM Card (provider) yang bermasalah atau HP itu sendiri.

Untuk mengecek apakah SIM card yang bermasalah caranya mudah, lepas SIM Card dari HP kamu dan pasang di HP lain.

Jika SIM card tetap tidak bekerja di HP lain, berarti SIM card kamu yang bermasalah. HP kamu baik-bak saja dan kamu bisa mencoba menghubungi customer service provider.

Sebaliknya, jika SIM card masih bekerja dengan baik di HP lain, artinya tidak ada masalah dengan SIM Card tersebut dan masalahnya ada di HP kamu.

Nah, untuk bisa mengatasi permasalahan di HP kamu, langsung saja simak cara mengatasi sinyal hilang Indosat, Telkomsel, atau provider lainnya di bawah ini!

1. Restart HP

Bingung gimana cara mengatasi sinyal hilang pada HP Samsung, Xiaomi, atau merek lainnya? Restart HP bisa jadi cara paling mudah dan praktis untuk mengatasi masalah ini.

Cara mengembalikan sinyal yang hilang dengan melakukan restart akan membuat HP memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru.

Melakukan restarting HP juga bisa mengatasi berbagai masalah yang muncul di smartphone kita lho. Termasuk salah satunya, cara mengatasi internet lemot!

2. Mode Pesawat

Selanjutnya, kamu bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode atau mode pesawat di HP kamu. Setelah itu, biarkan beberapa saat dan non-aktifkan kembali mode tersebut.

Dengan begitu, smartphone akan mencari server jaringan 4G LTE baru yang lebih baik. Bahkan, cara ini juga sudah banyak dilakukan dan terbukti efektif.

Oh iya, buat kamu yang sedang mencari cara mengatasi sinyal hilang Telkomsel atau provider lainnya, cara satu ini bisa banget lho kamu coba!

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Lainnya...

3. Cek Pemasangan SIM Card

Kalau indikator sinyal tidak muncul juga, coba cek kembali apakah kamu sudah memasang SIM card di slotnya dengan baik.

Pemasangan yang salah akan membuat SIM card tidak terdeteksi, alhasil sinyal pun jadi tidak muncul.

Bukan hanya membuat sinyal hilang, kesalahan dalam menaruh SIM card juga bisa berpotensi merusak komponen hardware HP atau kartu SIM itu sendiri. Jadi, hati-hati ya!

4. Cari Jaringan Secara Manual

Sudah coba mencari jaringan secara manual untuk mengatasi jaringan selular yang hilang? Kalau belum, mending kamu coba sekarang deh!

Untuk memilih jaringan secara manual, silakan masuk ke menu Settings > Network > Connections > Mobile Network > pilih Operator > Select Automatically.

Jika sudah, maka smartphone pun akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi. Di beberapa kasus cara ini juga bisa membantu menstabilkan dan memperkuat sinyal HP lho!

5. Masukkan Kode Mengatasi Sinyal Hilang

Sinyal yang hilang bisa juga disebabkan karena HP tidak memancarkan sinyal radio dengan benar. Untuk mengatasinya, kamu harus memasukan kode mengatasi sinyal hilang ##4636##.

Kemudian akan muncul tampilan menu dan pilih Phone Information. Setelah itu klik Run Ping Test lalu scroll ke bawah dan pilih LTE/GSM auto (PRL). Kemudian tap pada tombol Turn Off Radio.

Jika sudah selesai, restart HP dan lihat perubahannya. Cek bagaimana kondisi jaringan kamu setelah mengikut cara mengatasi sinyal tidak muncul di atas.

Sebagai informasi, kode ini juga bisa dicoba oleh kamu yang mencari cara memperbaiki penangkap sinyal HP, ya!

6. Tukar SIM Card ke HP Lain

Sumber foto: RSInews (Kamu bisa coba tukar SIM card ke HP lain untuk mencoba cara mengatasi sinyal tidak muncul).

Nah, kalau kelima cara tadi masih tidak berfungsi untuk mengembalikan sinyal Android yang hilang mendadak, kemungkinan HP kamu yang bermasalah.

Untuk memastikan bahwa HP kamu bermasalah atau tidak, kamu bisa menukar SIM card milikmu ke HP orang lain.

Nah, jika ternyata SIM card kamu baik-baik saja saat digunakan di HP orang lain, berarti fix HP kamu yang mengalami masalah, geng!

Silakan bawa HP kamu ke Service Center terdekat untuk melakukan servis HP hilang sinyal. Jaka sarankan sih kamu service di tempat resmi biar lebih aman.

7. Hubungi Customer Service Operator

Mau menyerah dengan permasalahan sinyal HP tidak muncul yang sedang kamu alami? Jangan dulu! Masih ada satu cara mengatasi sinyal tidak muncul yang harus kamu coba, nih!

Jika kamu sudah melakukan keenam cara mengembalikan jaringan yang hilang di atas dan sinyal masih hilang timbul, maka kemungkinan besar kesalahan ada di operator seluler.

Mungkin jaringan mereka sedang bermasalah dan pihak operator tidak menyadari bahwa ada permasalah di sekitar wilayah kamu.

Operator selular biasanya langsung merespons apabila ada keluhan dari pelanggannya. Hubungi pihak operator sampai mereka melakukan perbaikan jaringan di wilayah kamu.

Akhir Kata

Nah itulah kumpulan penyebab dan cara mengatasi sinyal hilang pada HP Android yang bisa kamu coba. Semoga bisa mengatasi permasalahan sinyal hilang yang kamu temui ya.

Kalau ada pertanyaan, jangan ragu tuliskan pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys!

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Bobol Password WiFi dengan WiFi Map, Akses WiFi Tetangga Gratis!

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!

10 Aplikasi Penguat Sinyal untuk Android Terbaik 2024, Main Game Tanpa Lag!

10 Cara Mudah Mendapatkan Pulsa Gratis | Bisa Tanpa Aplikasi Juga Loh!

Kembali Keatas