Penyebab & Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP, Gampang!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 08 February 2021, 19:30
Kartu SIM tidak terbaca di HP saat sedang digunakan? Berikut Jaka punya tips mengatasi SIM card tidak terbaca untuk semua tipe HP Android.

Kartu SIM tidak terbaca tiba-tiba saat sedang digunakan? Pastinya bete banget, apalagi kalau sedang dalam keadaan darurat, kan?

Nggak bisa dipungkiri bahwa secanggih apapun smartphone yang kamu miliki, pasti nggak akan bisa digunakan secara maksimal tanpa kehadiran benda kecil satu ini.

Nah, permasalahan SIM card tidak terbaca dan terdeteksi di smartphone Android sendiri pastinya disebabkan oleh beberapa penyebab tertentu.

Untuk itu, di artikel kali ini Jaka bakal bahas mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di HP Android. Simak baik-baik, ya!

Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca? Ini Penyebabnya!

Kamu sedang mengalami masalah kartu SIM tidak terbaca di Xiaomi, OPPO, atau merek HP Android lainnya, geng?

Sama seperti cara mengatasi kenapa kartu SIM tidak ada layanan, masalah kartu SIM tidak terdeteksi pun harus diatasi dengan mengetahui penyebabnya.

Namun dari kebanyakan penyebab kenapa SIM card tidak terbaca, setidaknya ada tiga masalah yang perlu kamu amati terlebih dahulu. Apa sajakah itu?

ADVERTISEMENT

1. Usia Pakai Kartu SIM Sudah Terlalu Lama

Sumber foto: psafe.com (Kartu SIM tidak terdeteksi di HP vivo? Usia pakai SIM card yang sudah terlalu lama merupakan salah satu penyebabnya).

Setiap barang tentu memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga SIM card yang memiliki masa pakai beragam, geng.

Mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan pada SIM card akan mengalami degradasi dan menjadi kurang layak digunakan, geng.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini pun akan semakin parah dan akhirnya membuat SIM card tidak terbaca oleh smartphone.

2. Kuningan SIM Card Sudah Rusak

Sumber foto: psafe.com

Kuningan adalah komponen terpenting dalam sebuah SIM card karena berisikan data-data pengguna, geng.

Selain rusak termakan waktu, kuningan ini juga bisa rusak karena sering dipindahkan ke smartphone lain sehingga akan lebih banyak mengalami gesekan.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah kartu SIM tidak terbaca di HP OPPO atau bahkan HP iPhone sekalipun, coba deh kamu ingat-ingat seberapa sering kamu memindahkan kartu SIM milikmu.

Penyebab SIM Card Tidak Terdeteksi Lainnya...

3. SIM Card Overheat

Sumber foto: getdroidtips.com

Masalah panas berlebih umunnya seringkali terjadi di beberapa smartphone Android. Nah, penyebab lain SIM Card tidak terbaca adalah dikarenakan masalah ini, geng.

Posisi kartu SIM yang umumnya terletak dekat komponen rawan panas, menyebabkan benda ini menjadi overheat dan merusak kuningan beserta data di dalamnya.

Jadi, buat kamu yang bertanya kenapa HP tidak bisa membaca kartu SIM setelah HP mengalami panas berlebih, sekarang sudah tahu jawabannya dong?

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja penyebab SIM Card tidak terbaca dan terdeteksi di HP, kan?

Lalu, bagaimana kalau masalah ini sudah terjadi? Pasalnya bukan hanya nggak bisa akses jaringan internet dengan paket internet saja, data kontak yang tersimpan pun kemungkinan besar akan hilang.

Nggak usah panik! Soalnya masih ada beberapa trik cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca yang bisa kamu coba berikut ini, geng.

1. Bersihkan SIM Card

Sumber foto: justaskgemalto.com (Membersihkan SIM card biasanya jadi salah satu cara ampuh ketika SIM card tidak terbaca).

Trik pertama mengatasi slot SIM card tidak terdeteksi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan kartu SIM, geng.

Buka dan lepaskan SIM Card yang tidak terbaca dari slot-nya, kemudian bersihkan dari debu-debu mikro yang menempel dan mengganggu kinerja SIM Card.

Umumnya ini dilakukan dengan menggunakan bantuan penghapus dan menggosokannya ke kuningan kartu SIM dengan perlahan.

Selanjutnya, kamu bisa mengaktifkan kembali smartphone Android dan tunggu hingga SIM card memberikan respon berupa terhubung ke jaringan seluler.

2. Matikan Smartphone dan Coba SIM Card Lain

Sumber foto: komando.com (Nggak terlalu yakin kalau kartu SIM tidak terdeteksi karena kerusakan pada kartunya itu sendiri? Coba deh cara satu ini).

Jika masih belum berhasil, kamu bisa coba menggunakan SIM card lain pada smartphone kamu. Lakukan juga hal yang sama pada SIM card milikmu dengan menaruhnya di HP lain.

Jika ternyata kartu SIM lain yang digunakan pada HP milikmu berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada SIM card kamu. Begitupun juga sebaliknya.

Trik ini sendiri merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui sumber kerusakan, geng.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca Lainnya...

3. Atur Ulang Jaringan

Sumber foto: Ikeni.net

Jika slot SIM card 2 tidak terdeteksi tapi SIM card 1 berfungsi dengan baik, bisa jadi masalah datang dari operator selular yang sedang error sehingga SIM card tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengatur ulang jaringan di smartphone Android kamu, geng.

Jika tidak bisa di-setting secara otomatis, kamu bisa mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.

Di sini kamu tinggal mengatur settingan APN sesuai dengan jaringan dan operator seluler yang digunakan secara manual.

4. Factory Reset Android

Sumber foto: dignited.com

Jika masalah kartu SIM tidak terbaca di Samsung atau HP lainnya masih belum terselesaikan, kamu bisa melakukan factory reset Android untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula seperti baru.

Namun, jika kamu ingin melakukan trik cara mengatasi HP tidak bisa membaca SIM card satu ini, setidaknya kamu harus sedikit lebih waspada dan berhati-hati, geng!

Karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan ikut terhapus ketika kamu melakukan factory reset. Sehingga jangan lupa untuk melakukan proses back up terhadap data-data penting terlebih dulu, ya.

5. Konsultasi ke Customer Service

Sumber foto: salesforce.com (Solusi paling akhir untuk mengatasi SIM card tidak terdeteksi adalah dengan konsultasi ke pihak customer service).

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di iPhone maupun Android yang terakhir adalah dengan mendatangi atau menghubungi customer service operator seluler yang digunakan.

Ini merupakan opsi paling akhir, termasuk buat kamu yang nggak ingin risiko lebih buruk terjadi pada SIM card. Karena dengan begini kamu jadi bisa mengatasi permasalahan langsung dengan ahlinya.

Nah, jika SIM card yang kamu gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, umumnya customer service akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan Jaka mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca dan error di smartphone Android, geng.

Oh iya, sebenarnya cara di atas bisa juga kok diterapkan oleh kamu yang mungkin sedang mengalami masalah SIM Card tidak terdeteksi di iPhone, geng.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu buat bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir 2024, Bisa Dipakai Lagi!

7 Cara Cek Nomor Telkomsel (simPATI, Kartu As, Loop) 2023, Solusi Lupa Saat Lupa!

5 Cara Registrasi Kartu 3 Via Online, SMS, Hingga Tanpa KK, Update 2022!

7 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel yang Tidak Bisa Connect, Gampang!

Kembali Keatas