7 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7/8/10, Semua Merek!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 03 November 2020, 21:00
Cari cara mengaktifkan Bluetooth di laptop atau PC? Berikut tutorial cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows dan cara menggunakannya.

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop atau PC ternyata sangat mudah untuk kamu lakukan. Kalau berhasil, kamu bisa berkirim file tanpa perlu kabel USB, nih!

Sebenarnya kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti SHAREit. Namun nggak perlu ribet, kamu juga bisa mengandalkan koneksi Bluetooh untuk berkirim file dengan kecepatan tinggi.

Nah, kali ini Jaka bakal mengulas lengkap bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop atau PC Windows, baik itu Windows 7, 8, hingga 10.

Untuk selengkapnya mending kamu langsung simak caranya di bawah ini, geng. Check this out!

Kumpulan Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop dan Cara Menggunakannya

Sumber foto: digitaltrends.com

Konektivitas Bluetooth pada laptop maupun PC tentu sangat berguna saat kamu ingin mengirim dan menerima berbagai jenis file, seperti dokumen, musik, atau film.

Selain berfungsi untuk memindahkan file dan HP ke laptop dan sebaliknya, Bluetooth juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat lain seperti headset, mouse, atau keyboard, lho!

Buat kamu yang belum paham, berikut Jaka sudah ulas lengkap beberapa langkah dan cara mengaktifkan bluetooth di PC Windows 7, 8, dan 10. Cara ini juga bisa dipraktikkan di laptop semua merk!

ADVERTISEMENT

1. Gunakan Dongle (Perangkat Bluetooth di Laptop Buat yang Belum Support)

Sumber foto: wirelesshack.com

Cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetooth-nya ini perlu menggunakan alat bantu yang disebut sebagai USB Bluetooth Dongle.

Lalu apa itu dongle? Dongle merupakan alat yang memiliki bentuk seperti USB flashdisk yang mana cara kerjanya tinggal ditancapkan pada laptop atau PC.

Alat ini berfungsi sebagai antena receiver yang nantinya akan mengirimkan atau menerima sinyal Bluetooth dari smartphone dan perangkat lainnya.

Umumnya, dongle Bluetooth sudah dilengkapi dengan program dan driver khusus yang akan ter-install secara otomatis saat kamu mencoloknya ke laptop atau PC kamu, geng.

2. Lakukan Instalasi Driver Bluetooth

Sumber foto: dolphin-emu.org

Langkah untuk cara install bluetooth di laptop yang belum aktif selajutnya adalah dengan instalasi driver Bluetooth. Mungkin kamu sendiri kelupaan untuk melakukannya, nih.

Untuk dapat mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7, 8, dan 10 semua merk, kamu bisa terlebih dahulu melakukan instalasi driver, geng.

Hal ini wajib dilakukan, karena walaupun laptop kamu sudah mendukung hardware bluetooth bawaan, tetap saja harus ada program tersendiri yang menjalankannya.

Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Driver bluetooth ini biasanya terdapat pada CD/DVD bawaan yang terdapat saat kamu pertama kali membeli laptop, geng.

Jika kamu nggak memilikinya, kamu bisa mengunduh driver di situs resmi brand laptop atau PC.

Kamu juga bisa menggunakan software DriverPack Solution yang berisi sejumlah driver yang bisa kamu unduh melalui tautan di bawah ini.

DriverPack Solution 17.11.28
Apps Drivers & Smartphone Artur Kuzyakov
DOWNLOAD

3. Aktifkan Bluetooth di Laptop Lewat Device Manager

Sumber foto: Dok. Pribadi

Kamu sudah install driver Bluetooth, namun belum bisa digunakan untuk konektivitas apa pun, geng?

Tenang saja, kamu bisa melakukan cara mengaktifkan bluetooth di laptop ASUS, Dell, Toshiba, dan lainnya dengan mengakses menu Device Manager pada OS Windows.

Untuk panduan cara menyalakan bluetooth di laptop dan PC melalui menu Device Manager, kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Selanjutnya...

4. Gunakan Kombinasi Tombol FN

Sumber foto: techfaqs.net

Tombol FN pada laptop bisa dijadikan tombol shortcut keyboard untuk melakukan berbagai fungsi, baik untuk mengaktifkan dan menonaktifkan, dengan kombinasi sejumlah tombol.

Mulai dari mengatur kecerahan layar, mengatur volume, termasuk juga untuk mengaktifkan bluetooth di laptop kamu, geng.

Kamu tinggal perhatikan, tombol manakah antara F1 sampai dengan F12 yang memiliki fitur untuk mengaktifkan bluetooth. Kamu tinggal mencari ikon bluetooth saja, kok.

Misalnya saja cara mengaktifkan bluetooth di laptop Acer dengan metode ini adalah dengan kombinasi tombol FN + F3. Hal ini mungkin bakal berbeda, tergantung merk laptop yang kamu gunakan.

Jika sudah kamu lakukan, maka pada system tray akan muncul ikon bluetooth yang tandanya kamu sudah siap untuk menggunakan fitur ini.

5. Gunakan Ikon Bluetooth di System Tray

Sumber foto: Dok. Pribadi

Kemudian ikon bluetooth sudah tampil pada system tray, kamu tinggal menggunakan menu ini untuk berkirim dan menerima file, geng.

Maupun juga untuk menghubungkan laptop atau PC kamu dengan berbagai perangkat yang mendukung, misal perangkat headset Bluetooth yang kamu miliki, geng.

Untuk cara menggunakan bluetooth di laptop lewat menu system tray, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

6. Hubungkan Laptop dan PC dengan Perangkat Lain

Sumber foto: Dok. Pribadi

Jika kamu sudah berhasil hingga langkah sebelumnya, berarti cara aktifkan bluetooth di laptop dan PC yang kamu lakukan sudah berhasil, geng.

Selanjutnya Jaka bakal kasih tahu bagaimana cara menambahkan perangkat lewat bluetooth, misalnya untuk smartphone Android kamu agar bisa saling transfer file nantinya.

Untuk melakukannya, kamu bisa dengan mudah ikuti langkah-langkah yang sudah Jaka ulas sebagai berikut ya!

7. Mulai Mengirim dan Menerima File Lewat Bluetooh di Laptop

Sumber foto: Dok. Pribadi

Terakhir, tentunya kamu tinggal mencoba untuk mengirim file menggunakan Bluetooth di laptop kamu. Caranya pun bisa kamu lakukan sebagai berikut.

Sumber foto: Dok. Pribadi

Sementara itu, kamu juga bisa menerima file menggunakan Bluetooth di laptop dari perangkat lain, lho. Caranya pun cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri seperti ini.

Video: Bisa Buka HP Pacar? Ini Rahasia Fitur Bluetooth di HP Android yang Jarang Diketahui

Akhir Kata

Nah, itulah dia kumpulan cara mengaktifkan bluetooth di laptop dan PC Windows untuk semua merk yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Dengan begini pun, kamu nggak perlu khawatir lagi pas kelupaan bawa kabel data untuk transfer file kamu, kan?

Selain itu juga, berbekal fitur ini kamu juga bisa mengirim aplikasi Android lewat Bluetooth yang tentunya lebih praktis tanpa menghabiskan kuota. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Bluetooth atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

5 Fitur Rahasia Bluetooth yang Jarang Orang Ketahui | Bisa Buat Buka HP Pacar!

5 Alasan iPhone Gak Bisa Transfer File Menggunakan Bluetooth | Jebakan Batman?

7 Aplikasi Chatting Offline Terbaik untuk Android, Bisa Pakai Bluetooth!

10 Game Multiplayer Bluetooth Terbaik Android | Super Seru!

15+ Headset & Earphone Bluetooth Murah Terbaik, Mulai 100 Ribuan!

Cara Ubah HP Android Jadi Speaker Bluetooth, 100% Works!

undefined
Kembali Keatas