7 Aplikasi Chatting Offline Terbaik untuk Android, Bisa Pakai Bluetooth!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 17 August 2019, 10:00
Sedang mencari aplikasi chatting terbaik Android yang enggak butuh koneksi internet? Jaka punya beberapa rekomendasi terbaiknya!

Apakah kamu adalah tipe orang yang hobi chatting dengan teman maupun gebetan? Yang namanya aplikasi chatting sekarang bisa digunakan secara gratis tanpa perlu keluar pulsa.

Sebagai gantinya, aplikasi-aplikasi ini membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Kalau jaringan buruk, pesan enggak akan bisa terkirim.

Kamu enggak perlu khawatir jika pernah mengalami permasalahan tersebut, karena kali ini Jaka akan merekomendasikan aplikasi chatting offline terbaik yang bisa kamu gunakan!

Aplikasi Chat Offline

Bagaimana cara chatting tanpa koneksi internet? Mungkin itu pertanyaan yang muncul sewaktu kamu membaca judul tulisan ini.

Secara umum, ada dua cara yang bisa kamu manfaatkan yakni menggunakan koneksi Bluetooth ataupun memanfaatkan jaringan peer-to-peer Wi-FI.

Jadi, aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk hal tersebut? Yuk, langsung aja disimak daftar aplikasinya di bawah ini!

1. Hike News & Content

Hike News & Content 5.15.23
Apps
DOWNLOAD

Aplikasi pesan offline yang pertama yang akan Jaka rekomendasikan untuk kamu adalah Hike. Aplikasi ini merupakan aplikasi messenger yang memiliki banyak fitur menarik.

ADVERTISEMENT

Yang menarik dari aplikasi ini adalah tersedianya 5000 lebih stiker gratis yang bisa kamu gunakan. Bagaimana cara aplikasi ini bisa mengirimkan pesan tanpa koneksi internet?

Caranya adalah dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi peer-to-peer. Jarak maksimal yang bisa ditempuh oleh aplikasi ini adalah 100 meter, geng.

Detail Keterangan
Developer Hike Private Limited
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.3 (2.931.891)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 100.000.000+
Android Minimum 4.4

2. FireChat

FireChat 9.0.14
Apps Social & Messaging Open Garden
DOWNLOAD

Aplikasi pesan offline selanjutnya adalah FireChat. Aplikasi ini memanfaatkan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi peer-to-peer untuk membangun jaringan mesh sehingga kamu bisa bertukar data.

Cara kerjanya adalah dengan memantulkan sinyal dari perangkat pengirim ke perangkat penerima. Selain itu, setiap pesan yang dikirimkan akan terenkripsi.

Hanya saja, radius maksimum yang bisa dijangkau adalah 64 meter sehingga tidak bisa digunakan untuk jarak jauh.

Detail Keterangan
Developer Open Garden
Ulasan (Jumlah Pengulas) 3.6 (49.325)
Ukuran 21 MB
Instal 1.000.000+
Android Minimum 4.2

3. Bluetooth Chat

Bluetooth Chat 1.3.2
Apps
DOWNLOAD

Selanjutnya adalah Bluetooth Chat. Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa aplikasi ini memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk bertukar pesan.

Kamu bisa mengobrol dengan teman-temanmu tanpa perlu memiliki akses ke internet. Jadi, kalau kamu ingin chat dengan teman di dalam kelas secara rahasia, kamu bisa menggunakannya.

Tentu saja karena menggunakan koneksi Bluetooth, aplikasi ini memiliki keterbatasan terhadap jarak antara pengirim dan penerima.

Detail Keterangan
Developer Glodanif
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (1.231)
Ukuran 2.4 MB
Instal 100.000+
Android Minimum 4.4

Aplikasi Chat Offline Lainnya . . .

4. Bridgefy

Bridgefy 1.2
Apps
DOWNLOAD

Aplikasi Bridgefy merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu chatting dengan pesan yang sepenuhnya terenkripsi tanpa koneksi internet.

Aplikasi ini sanggup mengirimkan pesan dalam jarak 70 meter dengan menggunakan Bluetooth. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan pesan melalui jaringan Wi-Fi peer-to-peer.

Sama seperti FireChat, aplikasi ini akan membuat jaringan mesh yang menciptakan jaringan lokal untuk sekelompok orang. Kamu juga bisa membuat broadcast untuk orang-orang yang terkoneksi.

Detail Keterangan
Developer Glodanif
Ulasan (Jumlah Pengulas) 3.7 (580)
Ukuran 14 MB
Instal 100.000+
Android Minimum 5.0

5. Briar

Briar 1.1.9
Apps
DOWNLOAD

Kalau kamu sedang berada di tempat blindspot yang sama sekali tidak dijangkau oleh internet, kamu bisa menggunakan aplikasi Briar yang satu ini.

Briar memanfaatkan koneksi Bluetooth dan tidak memiliki konsep server terpusat seperti aplikasi lain. Semua pesan dikirim dari pengguna ke pengguna.

Selain itu, aplikasi Briar juga menjanjikan keamanan privasi bagi pengguna, geng.

Detail Keterangan
Developer Briar Project
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.2 (346)
Ukuran 30 MB
Instal 10.000+
Android Minimum 4.0.3

6. Signal Offline Messenger

Signal Offline Messenger 5.0
Apps
DOWNLOAD

Signal Offline Messenger adalah sebuah aplikasi Wi-Fi Direct messenger yang akan mengirim sinyal untuk menemukan perangkat terdekat.

Aplikasi ini akan mendeteksi sesama pengguna yang ada di sekitar kita. Ada indikator untuk menunjukkan siapa yang sedang aktif.

Aplikasi ini bisa bekerja dalam radius 100 meter dengan data yang terenkripsi. Kamu juga bisa mengirim gambar dan video dengan kecepatan tinggi.

Detail Keterangan
Developer Khokho Developer
Ulasan (Jumlah Pengulas) 3.4 (247)
Ukuran 2.2 MB
Instal 50.000+
Android Minimum 4.1

7. Textra SMS

Textra SMS 4.16
Apps
DOWNLOAD

Jika kamu butuh mengirim pesan untuk seseorang yang sedang berada jauh dari kamu, mau tidak mau kamu harus kembali ke metode jadul, yakni dengan menggunakan SMS.

Salah satu aplikasi SMS yang Jaka rekomendasikan untuk kamu adalah Textra. Aplikasi ini sangat menarik dengan beragam fitur yang dihadirkan, termasuk kustomisasi pesan.

Aplikasi ini sudah mendukung dual SIM sehingga memungkinkan perangkat untuk mengirim pesan tanpa pulsa dari kedua operator.

Detail Keterangan
Developer Delicious
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (372.514)
Ukuran 9.2 MB
Instal 10.000.000+
Android Minimum 4.1

Akhir Kata

Tentu aplikasi-aplikasi di atas juga memiliki keterbatasannya masing-masing, seperti radius yang terbatas atau cara mengirim pesan yang lebih ribet.

Akan tetapi, aplikasi-aplikasi di atas tersebut bisa kamu manfaatkan di kala darurat, ketika koneksi internet sedang menghilang atau sedang berada di tempat yang enggak punya koneksi internet.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

12+ Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2023, Bisa Dapat Jodoh!

10 Aplikasi Chat Anonim Terbaik 2023, Curhat Tanpa Takut Kena Ghibah!

15 Aplikasi Chat Selain WA Terbaik, Alternatif Chatting Tanpa Putus!

10 Aplikasi Chat dengan Bule Terbaik 2024, Cara Belajar Bahasa Asing Paling Seru!

23+ Aplikasi Cari Jodoh Terbaik 2024, Solusi Cepat Temukan Tambatan Hati!

Daebak! 7 Aplikasi Chat dengan Orang Korea Terbaik Buat Cari Teman Baru

Kembali Keatas