7 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala, Simpel & Mudah!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 11 September 2023, 20:15
Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala bisa dilakukan sendiri sebelum membawanya ke tempat servis. Begini cara mengatasinya!

HP Android yang tidak bisa menyala bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. Sebelum tahu cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala, kamu harus mengetahui apa penyebabnya.

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan HP Android tidak bisa menyala adalah penggunaan HP yang berlebihan, misalnya untuk bermain game Android terbaik. Hal ini bisa membuat HP cepat rusak. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, pasti kita lebih sering menggunakan HP di rumah.

Jika kondisi HP sudah buruk, bisa saja HP Android mengalami hang, restart sendiri, atau mati total.

Tapi jangan langsung panik dan bawa ke service center, coba lihat cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala di bawah ini. Mungkin kerusakannya masih bisa ditangani sendiri

Penyebab HP Android Tidak Bisa Menyala

Sumber foto: Pexels

Apakah HP tidak bisa nyala hanya muncul logo? Jika iya, maka ada beberapa penyebab HP tidak bisa menyala dan merespon, termasuk ketika dicas. Biasanya hal ini disebabkan oleh masalah pada sistem (software) atau pada komponen (hardware).

Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara menghidupkan HP Android tanpa tombol power namun HP tetap tidak bisa menyala, bisa jadi ada permasalahan sebagai berikut.

Itu dia beberapa penyebab HP Android tidak bisa menyala. Mengatasi masalah tersebut tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Sebagai referensi, kamu bisa mengikuti cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala berikut ini.

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

Meskipun kamu sudah menggunakan HP Android terbaik tahun ini, namun bukan berarti kamu nggak akan menemui masalah mati total pada smartphone-mu.

Jika cara charge HP selama ini salah, maka HP semahal dan secanggih apa pun juga bisa rusak, geng.

Oleh karena itu, yuk, ketahui cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas melalui penjelasan di bawah ini.

1. Coba Cas selama Beberapa Menit

Sumber foto: Twitter

Kalau kamu masih menggunakan HP Android lama yang kapasitas baterainya kecil, maka baterai akan cepat habis. Jika sudah begitu, maka smartphone nggak akan menyala. Solusinya, coba isi daya baterai selama 10-15 menit dan hidupkan kembali smartphone.

Jika HP tidak bisa dicas, maka kemungkinan pertama adalah charger mengalami kerusakan. Coba gunakan charger lain dan lihat apakah muncul indikator pengisian baterai.

Kemungkinan kedua adalah baterai benar-benar habis, sehingga membutuhkan waktu lama untuk memulai pengisian baterai, bahkan hingga berjam-jam.

Oleh karena itu, jangan lepas kabel charger selama proses pengisian daya dan tunggu hingga ada indikator charging.

2. Tekan dan Tahan Tombol Power

Sumber foto: Cnet

Cara kedua adalah dengan menekan dan menahan tombol power selama satu menit.

Biasanya cara ini cukup efektif pada HP Android yang tombol power-nya mengalami kerusakan, sehingga butuh tekanan untuk menyalakan smartphone.

Jika masih nggak berhasil juga, coba tekan dan tahan tombol power selama satu menit sambil mengisi baterai. Selanjutnya, lihat apakah HP Android bisa menyala atau tidak.

3. Lepas Baterai HP Android

Sumber foto: Pinterest

Kebanyakan HP Android saat ini sudah menggunakan baterai tanam. Tapi, bagi kamu yang masih menggunakan HP model lama, kamu bisa mencoba cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala dengan cara melepas baterai.

Setelah itu, diamkan baterai selama beberapa menit, lalu pasangkan kembali ke smartphone, dan tekan tombol power.

Tujuan melepas baterai adalah memotong arus listrik ke smartphone. Siapa tahu setelah mengetahui cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala baterai tanam, HP tidak bisa nyala baterai tanam bisa hidup kembali.

4. Ganti dengan Baterai Lain

Sumber foto: dreamstime

Kamu sudah mencoba cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala dengan melepas baterai tapi belum berhasil juga? Kalau begitu, coba ganti bateraimu dengan baterai lain, geng.

Hal ini juga berfungsi untuk memastikan apakah kerusakan berasal dari port charger. Jika ternyata HP bisa menyala ketika menggunakan baterai lain, maka kemungkinan besar kerusakan berasal dari port charger.

Kemungkinan kedua adalah baterai HP mengalami kerusakan. Oleh karena itu, kamu perlu menggantinya dengan baterai baru. Pastikan beli yang asli, ya, geng.

5. Flash Ulang HP Android

Sumber foto: Olx

Bagi kamu yang belum tahu, flashing atau juga disebut flash adalah proses meng-install ulang sistem operasi Android agar kembali seperti semula.

Biasanya cara ini dilakukan dengan program tertentu, seperti Odin, Flashtool, atau Miflash.

Cara flash HP yang lebih ampuh sebenarnya dengan menggunakan PC atau laptop, tapi kamu juga bisa melakukannya tanpa kedua perangkat tersebut, geng, sehingga lebih praktis.

Nah, kalau kamu mengalami kejadian HP Samsung tidak bisa hidup, kamu bisa coba cara flash HP Samsung. Langkah ini sekaligus sebagai solusi HP tiba tiba mati total dan tidak bisa dicas batre tanam.

6. Keringkan dan Bersihkan HP jika Terkena Air

Sumber foto: Pinterest

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala karena air bisa dilakukan dengan mengelap body HP menggunakan kain. Setelah itu, coba masukkan ke dalam beras dan tunggu 2 sampai 3 hari.

Ternyata, cara ini terbukti efektif untuk mengeringkan sisa air di dalam komponen HP, lho. Setelah benar-benar kering, coba lihat apakah HP Android bisa kembali menyala.

Namun, kalau ternyata sudah terlanjur mengalami korosi, biasanya motherboard HP harus diganti. Nah, cara yang bisa dilakukan adalah membawanya ke service center.

7. Pergi ke Tempat Servis

Sumber foto: SamMobile

Jika semua cara mengatasi HP tidak bisa nyala setelah dimatikan di atas masih belum berhasil, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi tempat servis. HP Samsung mati total tidak bisa di charge masih memiliki kemungkinan untuk diperbaiki.

Pastikan bahwa kamu datang ke service center resmi sesuai merek HP yang kamu gunakan. Contohnya kamu bisa mengunjungi service center resmi Samsung jika menggunakan HP Samsung.

Hal ini untuk menghindari komponen HP diganti dengan yang KW atau palsu, sehingga kualitas HP Android yang kamu gunakan tetap terjamin.

Kamu juga bisa cek garansi Samsung terlebih dahulu. Siapa tahu masa garansi masih berlaku, sehingga kamu nggak perlu membayar biaya servis.

Akhir Kata

Itu dia cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala serta beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

Coba ikuti cara-cara di atas dan jangan panik ketika kamu mengalami hal ini, ya, geng. Semoga artikel ini bisa menjawab kenapa HP tidak bisa nyala padahal baterai penuh? Kenapa HP Samsung tidak bisa nyala hanya tulisan Samsung? dan kenapa HP tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan lagi?

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

4 Cara Instal Ulang HP Android Semua Merek | Mudah & Simpel!

10 Aplikasi Pendingin HP Android Otomatis Terbaik | Main Game Gak Cepat Panas!

14 Aplikasi Scan di HP Android Terbaik 2021, Cepat & Berkualitas!

Kembali Keatas