Cara Cek Garansi Samsung Indonesia (SEIN) Semua Tipe Terbaru 2021

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 24 May 2021, 13:00
Kartu garansi HP Samsung kamu hilang padahal kamu pengen tahu masa berlakunya? Ikuti saja tutorial berikut mengenai cara cek garansi Samsung dengan mudah

Ketika membeli HP Samsung terbaru, kita seringkali cuma memerhatikan spesifikasi serta fiturnya saja. Padahal, after sales service HP juga penting banget, lho.

Pasti rasanya sedih banget, kan, kalau HP Samsung kamu tiba-tiba rusak? Untungnya, kamu bisa mengklaim garansi ke service center Samsung asalkan memenuhi syarat.

Kalau kamu ingin tahu cara cek garansi Samsung kamu, Jaka bakal mengulas langkah-langkahnya, geng. Daripada menunggu lebih lama, langsung simak saja, yuk, artikel berikut ini!

Ketika membeli HP secara resmi, alias nggak melalui black market, biasanya kamu bakal mendapatkan kartu garansi di dalam boks. Namun, seringkali kartu garansi kamu bisa nyelip dan hilang di saat kamu membutuhkannya.

Terdapat 2 cara mengecek garansi Samsung Indonesia yang bisa kamu lakukan kalau misalnya kamu nggak punya kartu garansi resmi, yakni dengan menggunakan kode dan juga secara online.

Cara Cek Garansi Samsung secara Online

Pertama-tama, Jaka akan ajari kamu cara untuk cek garansi HP Samsung secara online. Cara satu ini cukup panjang, tapi kamu bakal mendapatkan banyak informasi lainnya mengenai HP kamu.

Kamu hanya membutuhkan browser saja dan nggak perlu mengecek boks atau kartu garansi lagi. Langsung saja, yuk, geng!

ADVERTISEMENT
  1. Cek IMEI HP Samsung untuk memastikan HP kamu bukan produk black market. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

  2. Buka menu dial di HP kamu, ketik *#06#, lalu klik tombol Call.

  3. Catat kode beserta barcode yang berisi nomor IMEI serta Serial Number dari HP-mu. Ini bakal digunakan untuk cek garansi Samsung.

  4. Buka browser di HP-mu, lalu ketikkan alamat https://www.imei.info/.

  5. Login dengan menggunakan akun Facebook.

  6. Setelah berhasil login, kamu bakal diarahkan lagi ke halaman utama. Masukkan salah satu kode IMEI yang tadi telah kamu catat.

  7. Ceklis pada kotak I'm not a robot, lalu klik Check.

  8. Kamu bakal masuk ke halaman web baru yang berisi informasi HP kamu. Pastikan jenis HP yang terdapat di halaman tersebut cocok dengan HP yang kamu gunakan. Hal ini untuk memastikan bahwa HP yang kamu gunakan adalah HP resmi dari Samsung Indonesia.

  9. Scroll ke bawah hingga kamu menemukan tombol WARRANTY via SN. Klik pada tombol tersebut.

  10. Kamu bakal diarahkan ke halaman selanjutnya. Masukkan kode Serial Number yang sebelumnya telah kamu catat. Klik Check Samsung phone details.

  11. Carilah tulisan Factory Warranty Till yang menandakan akhir masa garansi HP Samsung milikmu.

Cara Cek Garansi Samsung dengan Kode

Selanjutnya, Jaka bakal kasih tahu kamu cara cek garansi Samsung dengan kode rahasia. Cara ini lebih gampang dari yang sebelumnya, tapi informasi yang ditampilkan juga lebih sedikit.

Kamu nggak perlu membuka browser lagi. Kamu tinggal memasukkan kode rahasia di menu Dial atau panggilan saja. Pengen tahu langkah-langkahnya? Yuk, simak penjelasan Jaka berikut ini!

  1. Pada menu utama HP Samsung-mu, klik pada tombol telepon hijau untuk melakukan panggilan.

  2. Pada menu panggilan, masukkan kode #12580369#, lalu klik tombol Dial.

  3. Selanjutnya bakal muncul halaman baru yang terdapat banyak kode berupa angka dan huruf.

  4. Perhatikan pada tulisan RF CAL. Angka tersebut menunjukkan waktu produksi HP kamu tersebut.

Misalkan RF Cal Jaka adalah 20200115. Angka itu menunjukkan bahwa HP yang Jaka gunakan diproduksi pada 15 Januari 2020. Biasanya, garansi bakal berlaku hingga 2 tahun dari masa produksi.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara mengecek garansi Samsung Indonesia dengan praktis dan mudah. Semoga artikel barusan berguna untuk kamu ya, geng.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah Jaka sediakan.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas