Cara Flash HP Samsung Semua Tipe | Bisa Dilakukan Manual di Rumah!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 13 October 2020, 19:30
Cara flash HP Samsung bisa dilakukan dengan PC maupun tanpa PC. Kalau kamu mau tahu cara keduanya, simak penjelasan Jaka berikut ini!

Meskipun kamu menggunakan HP Samsung terbaru dengan kualitas mumpuni dan harga yang bisa dibilang nggak murah, namun belum tentu performa HP tersebut akan selamanya baik-baik saja, geng.

Bisa jadi ada kalanya HP Samsung milikmu mengalami kendala yang cukup berat dan harus dibawa ke service center. Sayangnya, biaya servis HP Samsung juga nggak murah, sehingga kalau kamu bisa memperbaikinya sendiri pasti lebih hemat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bootloop, layar menghitam, banyak bug, adanya virus, atau sering nge-hang adalah dengan melakukan flash pada HP.

Supaya kamu semakin paham mengenai flash HP, terutama cara flash HP Samsung, simak terlebih dahulu penjelasan Jaka di bawah ini.

Cara Flash HP Samsung dengan PC dan tanpa PC

Bagi kamu yang belum tahu flash HP itu untuk apa, tenang saja, Jaka akan menjelaskannya untuk kamu. Flashing atau juga disebut flash adalah proses meng-install ulang sistem operasi Android agar kembali seperti semula. Flash ROM harus dilakukan sesuai dengan merek HP agar berhasil.

Proses flash Android sebaiknya dilakukan dengan menggunakan PC dan program seperti Odin, Flashtool, atau Miflash. Selain menyesuaikan merek ponselmu dengan ROM, kamu juga perlu menyesuaikannya dengan program-program tersebut, geng.

Kelebihan melakukan flash pada HP adalah dapat meningkatkan performa HP dan menghilangkan virus yang parah. Namun, bila proses flashing tidak berjalan lancar atau gagal, maka smartphone-mu malah akan mati total.

ADVERTISEMENT

Nah, bagi kamu pengguna HP Samsung, kali ini Jaka akan memberikan cara flash HP Samsung dengan PC maupun tanpa PC. Kalau kamu sudah penasaran, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

DISCLAIMER

Segala bentuk kerusakan dan kehilangan data bukan merupakan tanggung jawab JalanTikus. Jaka hanya sebatas memberikan informasi.

Cara Flash HP Samsung dengan PC

Cara flash HP Samsung yang akan Jaka berikan pertama adalah dengan menggunakan bantuan PC. Cara ini biasanya lebih dipilih dibanding flashing tanpa menggunakan PC karena hasilnya lebih maksimal.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, kamu bisa langsung menyimak langkah-langkah pada cara flash HP Samsung dengan PC berikut ini.

Langkah 1 - Persiapan Flash HP Samsung

Samsung Android USB Driver for Windows 2019
Apps Drivers & Smartphone Samsung Electronics Ltd
DOWNLOAD

Langkah 2 - Masuk ke Donwload Mode

Sumber foto: Tekno Chat
Sumber foto: Twitter
Sumber foto: FolderTips

Nah, sampai di sini, Jaka akan membagi cara flash HP Samsung menjadi dua, yaitu bagi pengguna ROM One Pack dan pengguna ROM Full Pack. Berikut adalah langkah-langkah untuk kamu pengguna ROM One Pack.

Langkah 3 - Flashing HP Samsung

Sumber foto: FolderTips
Sumber foto: FolderTips
Sumber foto: FolderTips

Nah, bagi kamu pengguna ROM Full Pack, berikut adalah langkah-langkah lanjutan yang perlu kamu lakukan sebagai cara flash HP Samsung.

Langkah 3 - Flashing HP Samsung

Sumber foto: FolderTips

Cara Flash HP Samsung tanpa PC

Setelah Jaka menjelaskan cara flash HP Samsung dengan PC, maka kali ini Jaka akan memberi tahu kamu cara flash HP Samsung tanpa PC. Cara ini bermanfaat bagi kamu yang nggak memiliki PC atau laptop, sehingga nggak bisa melakukan flashing menggunakan software Odin.

Berikut adalah langkah-langkah flashing HP Samsung tanpa PC yang bisa kamu ikuti. Yuk, disimak, geng.

Langkah 1 - Persiapan Flash HP Samsung

Langkah 2 - Masuk ke Recovery Mode

Sumber foto: Tekno Chat

Langkah 3 - Flashing HP Samsung

Sumber foto: Tech eHow
Sumber foto: DocPlayer.net
Sumber foto: IME Android

Akhir Kata

Nah, itu dia 2 cara flash HP Samsung yang bisa kamu lakukan secara manual, baik dengan PC maupun tanpa PC. Meskipun demikian, Jaka rekomendasikan supaya kamu melakukan flashing dengan bantuan PC karena hasilnya lebih optimal.

Pastikan juga kamu telah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, ya, geng, karena jika salah satu langkah ada yang salah, maka proses flashing HP Samsung bisa mengalami kegagalan. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

7 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10, 8, & 7 | Lengkap!

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop via Kabel USB dan WiFi, Tanpa Root

10 Antivirus Ringan Terbaik 2020 Untuk PC | Bisa Untuk Windows dan macOS!

30 Aplikasi Pembobol WiFi Terampuh 2024 Tanpa Root Gratis, Bisa untuk Android + PC!

Kembali Keatas