Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail, Yahoo, & Outlook

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 01 November 2020, 16:00
Kamu salah kirim email penting? Begini cara membatalkan email yang sudah terkirim lama di Gmail, Yahoo, dan Outlook ⬇️. Bisa batalkan email dari PC & HP!

Cara membatalkan email yang sudah terkirim lama ataupun baru beberapa detik, pasti jadi salah satu hal yang akan segera dicari ketika menyadari kalau kamu salah kirim.

Sayangnya, cara menarik email yang sudah terkirim ini tak semudah seperti ketika kamu membuat email baru yang hampir semua orang tahu bagaimana caranya, geng.

Kamu harus melakukan beberapa settingan terlebih dulu agar bisa menggunakan fitur ini dengan maksimal. Lalu, bagaimana sih cara melakukannya?

Nggak perlu bingung karena kali ini Jaka akan berbagi tips cara menghapus email yang sudah terkirim di Gmail, Outlook, dan Yahoo.

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail, Yahoo, dan Outlook

Dari sekian banyak penyedia layanan email yang ada saat ini khususnya di Indonesia, Gmail, Yahoo, dan Outlook merupakan beberapa di antaranya yang paling banyak digunakan.

Entah itu untuk keperluan pendaftaran akun media sosial, akun belanja online, ataupun untuk keperluan pekerjaan.

Berbicara soal email, Jaka yakin pasti banyak dari kamu yang pernah typo pada saat mengirim email atau bahkan salah kirim. Untuk urusan profesional, hal ini pastinya harus banget kamu hindari.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, supaya kamu nggak nanggung malu, berikut Jaka punya kumpulan cara menarik menarik pesan di email Gmail, Yahoo, dan Outlook yang sudah terlanjur terkirim.

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Gmail merupakan salah satu platform kirim email yang paling populer dan banyak digunakan hingga saat ini. Makanya nggak heran kalau Gmail dijuluki sebagai salah satu produk Google tersukses saat ini.

Nah, buat kamu yang nggak sengaja salah kirim email dan berharap orang tersebut belum membacanya, kamu bisa ikuti langkah-langkah cara unsend gmail yang sudah terkirim di bawah ini.

1. Buka halaman Settings Gmail

Klik pada ikon roda gerigi di pojok kanan atas, lalu pilih menu 'See all settings'.

2. Ubah durasi settingan 'Undo Send'

Setelah itu, masih di tab 'General' kamu scroll hingga menemukan opsi 'Undo Send'. Ubah durasinya menjadi 30 detik agar lebih lama. Jika sudah, jangan lupa tekan tombol 'Save changes' yang berada di paling bawah halaman.

3. Pilih 'Undo' untuk membatalkan pengiriman email

Jika kamu sudah mengatur durasi Undo Send, selanjutnya untuk membatalkan pesan yang sudah terkirim kamu tinggal klik opsi 'Undo' yang akan secara otomatis muncul setelah kamu mengirim email.

Cara menarik pesan di Gmail pun sudah selesai deh! Setelah itu, pengiriman email tersebut akan secara otomatis dibatalkan oleh sistem Gmail, geng.

Sayangnya, berhubung maksimal durasi pembatalan hanya 30 detik, oleh karena itu kamu pun nggak bisa melakukan cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 30 detik.

Sementara itu, untuk cara membatalkan email yang sudah terkirim di HP pun sama saja. Namun kamu nggak perlu melakukan settingan terlebih dulu, melainkan hanya perlu menekan opsi 'Undo' di notifikasi yang muncul.

Cara Menarik Pesan Email di Yahoo! Mail

Selain Gmail, Yahoo! Mail juga merupakan pemain lama yang namanya sudah dikenal banyak orang sebagai salah satu penyedia layanan email paling populer.

Walaupun memang, saat ini popularitas Yahoo! Mail bisa dibilang nggak setenar kompetitornya tersebut.

Sama seperti yang terjadi kepada para pengguna Gmail, pengguna Yahoo! Mail juga pasti pernah dong merasakan momen serupa yang membuat kamu ingin banget menarik pesan yang sudah dikirim?

Nah, jika Gmail sudah memiliki fitur Undo Send yang meskipun hanya memiliki durasi maksimal 30 detik, namun di Yahoo! Mail sayangnya belum memiliki fitur ini, geng.

Dengan kata lain, buat kamu yang mencari cara membatalkan email yang sudah terkirim di Yahoo, kamu nggak bisa melakukannya untuk saat ini.

Oleh karena itu, daripada repot-repot ganti nama email atau bahkan hapus akun buat menghindari malu, sebaiknya kamu lebih berhati-hati lagi saat ingin mengirimkan email menggunakan layanan Yahoo! Mail ini.

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Outlook

Terakhir ada cara menghapus email yang sudah terkirim di Outlook agar tidak keburu dibaca oleh penerimanya.

Untuk melakukan hal ini, caranya pun mudah banget dan bisa dibilang mirip seperti di Gmail. Supaya tahu lebih jelasnya, berikut Jaka sudah siapkan langkah-langkah berserta gambarnya.

1. Buka halaman Settings Oulook

Klik ikon roda gerigi yang terdapat di pojok kanan atas, lalu pilih 'View all Outlook settings'.

2. Masuk ke halaman setting 'Compose and Reply'

Setelah itu, kamu pilih section 'Mail' dan pilih opsi 'Compose and Reply'. Scroll ke bagian bawah hingga menemukan fitur 'Undo Send'.

Geser slider ke sebelah kanan hingga full 10 detik. Setelah itu jangan lupa tekan tombol 'Save'.

3. Pilih 'Undo' untuk batalkan pengiriman

Sesaat setelah kamu mengirim email, akan muncul notifikasi dengan pilihan Undo di bagian bawah halaman. Klik tombol 'Undo' tersebut untuk membatalkan pengiriman email.

Itu dia cara batalkan email yang sudah terkirim di Outlook, geng. Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa langkah-langkah di atas hanya bisa dilakukan di Outlook versi web bukan aplikasi yang terinstall di laptop/PC kamu.

Akhir Kata

Itulah cara mudah membatalkan email yang sudah terlanjur terkirim di Gmail, Yahoo!, dan juga Outlook.

Jadi mulai sekarang kamu nggak perlu ketakutan lagi apabila salah kirim atau emailnya belum selesai kamu tulis.

Ya, walaupun untuk pengguna Yahoo! Mail sayangnya kamu cuma bisa iri melihat fitur keren yang dihadirkan oleh Gmail dan Outlook ini, geng.

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

Baca juga artikel seputar Gmail atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Membuka MS Word yang Terkunci dengan Mudah & Cepat

6 Cara Mengubah PDF ke Word di PC & HP Terbaru 2022: Bisa Online dan Offline!

4 Cara Sadap WA Lewat Email Terlengkap 2024, Cocok Buat Stalking Pasangan!

Cara Mengganti Nama Email Gmail di HP & Laptop, Gak Sampai 1 Menit!

3 Cara Mengembalikan Email yang Terhapus Permanen, Tanpa Ribet!

Cara Mencari Email yang Lupa Untuk Akun Gmail | Singkat dan Mudah!

Kembali Keatas