Cara Membuka MS Word yang Terkunci dengan Mudah & Cepat

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 02 Agustus 2020, 16:00
Cara membuka Word yang terkunci dapat dilakukan dengan dua cara mudah, yaitu melalui WordPad serta Google Drive. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara membuka Word yang terkunci sangatlah mudah, bahkan cara ini bisa dilakukan tanpa software atau aplikasi tambahan.

Ada banyak alasan seseorang memutuskan untuk mengunci file MS Word mereka, salah satunya karena file tersebut bersifat sangat penting atau rahasia.

Selain itu, mengamankan file MS Word dengan menguncinya juga dimaksudkan untuk menghindari plagiarisme yang dapat dilakukan oleh orang lain, serta mencegah isinya diubah-ubah oleh seseorang yang bukan penulisnya.

Kalau kamu sedang membutuhkan cara membuka Word yang terkunci agar bisa mengedit kembali isinya, simak penjelasan Jaka di bawah ini.

2 Cara Sederhana Membuka MS Word yang Terkunci

Dokumen MS Word yang terkunci tidak akan bisa diedit maupun di-copy. Penerima dokumen ini juga hanya bisa membacanya tanpa dapat melakukan perubahan apa pun.

Hal ini pastinya akan menyulitkan kamu ketika akan mengerjakan tugas, kan, geng? Apalagi kalau kamu lupa dengan password yang kamu gunakan untuk mengunci dokumen tersebut, maka selamanya file tersebut tidak bisa diedit.

Tidak perlu khawatir, karena ada dua cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuka Word yang terkunci, yaitu menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Windows bernama WordPad dan melalui Google Drive.

ADVERTISEMENT

Cara Membuka MS Word Menggunakan WordPad

Cara membuka Word yang terkunci pertama dari Jaka adalah dengan menggunakan WordPad. Sama seperti MS Word, WordPad adalah software yang berfungsi untuk mengolah tulisan. Bedanya, tampilan WordPad lebih sederhana dari MS Word.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuka Word yang terkunci. Meskipun Jaka menggunakan MS Word 2016, namun cara ini juga berlaku untuk MS Word 2007, 2010, dan 2013.

Langkah 1 - Buka File MS Word

Langkah 2 - Pilih Folder

Langkah 3 - Ubah Ekstensi File Menjadi .rtf

Tips

Ketika muncul peringatan dari MS Word bahwa kamu akan kehilangan proteksi pada file tersebut jika menyimpannya dalam bentuk lain selain .doc atau .docx, klik saja Yes.

Langkah 4 - Buka File Menggunakan Wordpad

Langkah 5 - Simpan File

Langkah 6 - Buka File Menggunakan MS Word

Cara Membuka MS Word Menggunakan Google Drive

Kalau cara di atas tidak berhasil, masih ada lagi satu cara membuka file Word yang terkunci, yaitu melalui Google Drive. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu memiliki akun Gmail, ya, supaya bisa login ke akun Google Drive.

Nah, kalau kamu sudah punya akun Gmail, berikut adalah cara membuka Word yang terkunci melalui Google Drive.

Langkah 1 - Log In ke Google Drive

Langkah 2 - Upload File

Langkah 3 - Buka File Menggunakan Google Docs

Langkah 4 - Simpan File

Akhir Kata

Demikian dua cara membuka Word yang terkunci secara mudah dan sederhana, baik melalui WordPad maupun Google Drive.

Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika lupa dengan password yang digunakan untuk memperoteksi file tersebut. Jika masih ada kesulitan, tuliskan saja di kolom komentar di bawah.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

undefined
Kembali Keatas