Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini? Ini 7 Cara Mengatasinya!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 13 September 2022, 17:30
Mau download aplikasi, tapi ada error perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini? Ini penyebab dan cara mengatasi biar bisa pakai aplikasinya lagi!

Pernah nggak, saat kamu menjelajah Google Play Store menemukan aplikasi atau game dengan error "Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini"?

Kalau pernah, pastinya kamu bakalan kesel banget! Terlebih kalau aplikasi atau game tersebut memang mau kamu download dan gunakan, deh.

Namun nggak perlu khawatir, ternyata ada juga cara mengatasi perangkat tidak kompatibel yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Nantinya kamu bisa langsung download dan pakai aplikasi atau game yang kamu inginkan tadi di HP Android kamu, lho. Penasaran bagaimana caranya?

Penyebab Error Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi Ini di Play Store

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu kompatibel, kan? Secara mudah, kompatibel adalah kebutuhan aplikasi dan game di Google Play Store sesuai dengan spesifikasi perangkat HP Android.

Tidak kompatibel pun bisa diartikan kalau spesifikasi perangkat nggak memenuhi kebutuhan dari sebuah aplikasi atau game yang hendak kamu download, geng.

Sumber foto: pinterest.com (Bingung kenapa aplikasi tidak kompatibel di HP Android kamu? Temukan jawabannya di sini!

Nah, dilansir dari berbagai sumber ternyata ada beberapa penyebab perangkat tidak kompatibel saat kamu mau download aplikasi di Play Store. Berikut beberapa di antaranya!

ADVERTISEMENT

Kumpulan Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di HP Android

Kalau kamu sudah menyadari ketiga penyebab perangkat tidak kompatibel dengan versi ini seperti di atas, kamu pun masih bisa mengakalinya dengan beberapa metode yang sudah Jaka rangkum.

Nggak perlu buru-buru ganti HP Android terbaru, kamu bisa mencoba cara men-download aplikasi yang tidak kompatibel seperti berikut ini, geng.

1. Download Aplikasi yang Tidak Kompatibel di Luar Play Store

Sumber foto: apkpure.com

Pertama, kamu download aplikasi yang tidak kompatibel di beberapa situs dan aplikasi alternatif Google Play Store, seperti APKPure, APKMirror, Aptoide, dan lainnya, geng.

Kamu pun nggak perlu khawatir layanan ini punya aplikasi dan game yang nggak update. Jaka pun sudah sering menggunakannya tanpa kendala saat memerlukan update versi aplikasi terbaru.

Oh ya, saat men-download aplikasi yang tidak kompatibel melalui layanan di atas, kamu juga bisa menggunakan file installer berupa APK (Application Package File).

Untuk bisa meng-install file APK di HP Android, kamu pastikan sudah mengaktifkan fitur untuk install aplikasi dari sumber tidak diketahui dengan pergi ke Settings > Security > Unknown Source.

Kalau kamu menemukan file XAPK seperti saat mengunduh aplikasi dan game berukuran besar, kamu bisa baca dulu cara install file XAPK yang sudah pernah Jaka bahas di sini, geng.

Cara Menginstall XAPK dengan Mudah, Cepat & Tanpa Ribet!
Cara instal XAPK di HP Android dan laptop ternyata cukup mudah, loh! Berikut ini Jaka bagikan apa itu XAPK dan bagaimana cara menginstal XAPK.
LIHAT ARTIKEL

2. Ubah Wilayah Perangkat dengan Aplikasi VPN

Sumber foto: whatismyipaddress.com

Kalau ternyata penyebabnya adalah aplikasi tidak tersedia di negara kamu, sebenarnya kamu bisa terlebih dulu mencoba metode pertama dengan file APK.

Namun terkadang walau aplikasi sudah bisa dipasang di perangkat kamu, untuk menggunakannya kamu tetap membutuhkan aplikasi VPN Android, nih!

Nah, di sini kamu bisa terlebih dulu mengubah wilayah perangkat dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk terhubung ke negara di mana aplikasi tersebut bisa digunakan.

Misal, saat kamu mau mencoba game Android terbaru yang biasa terlebih dulu hadir di China, berarti kamu harus menggunakan VPN dan terhubung ke server China terlebih dulu.

Sayangnya bila kamu menggunakan VPN gratis kemungkinan besar akan mendapatkan kendala, seperti aplikasi tidak lancar atau ping merah saat bermain game online multiplayer.

Makanya untuk pengalaman lebih baik, kamu bisa berlangganan akun VPN premium seperti NordVPN dan lainnya, geng.

3. Update Versi OS Android Terbaru

Sumber foto: diginited.com

Kamu mungkin tipe orang yang malas melakukan update versi OS Android karena takut memori internal penuh dan membuat performa perangkat kamu jadi lemot, kan?

Padahal salah satu cara membuat aplikasi menjadi kompatibel adalah melakukan update versi OS Android terbaru, minimal ke versi Android 6.0 Marshmallow.

Kenapa ke versi OS Android tersebut? Soalnya beberapa aplikasi masih sanggup kamu gunakan mulai dari Android 6.0 ke atas.

Berbeda dengan game yang tampaknya butuh spesifikasi minimal yang lebih tinggi, mulai dari Android 7.0 Nougat untuk dapat memainkannya dengan lancar.

4. Gunakan Custom ROM OS Android

Sumber foto: getdroidtips.com

Sudah mencoba update OS Android terbaru, namun ternyata smartphone kamu sudah terlalu jadul dan nggak mendapatkan dukungan lagi? Nggak perlu khawatir!

Kamu juga bisa membuat aplikasi menjadi kompatibel secara "paksa" dengan mengubah versi perangkat berbekal Custom ROM untuk mendapatkan versi OS Android terbaru.

Banyak Custom ROM Android yang populer dan banyak dipakai, seperti CyanogenMod yang kini sudah bertransformasi menjadi LineageOS.

Metode seperti ini memang terbilang ribet dan membutuhkan akses root. Terlebih cara ini juga memiliki banyak celah hingga bisa merusak perangkatmu, lho.

5. Lakukan Force Stop (Hentikan Paksa) Google Play Store

Sumber foto: Lakukan Force Stop (Hentikan Paksa) Google Play Store

Cara ini bisa dibilang seperti "mematikan" sementara Google Play Store yang sedang bekerja lalu "menghidupkannya" kembali. Biasanya kalau layanan ini lagi error, force stop jadi solusi ampuh memperbaikinya.

Barangkali, solusi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi notifikasi perangkat yang nggak kompatibel. Caranya gampang, kok. Ikuti langkah berikut!

  1. Buka pengaturan HP
  2. Pilih Aplikasi
  3. Pilih Kelola Aplikasi
  4. Pilih Google Play Store
  5. Klik Paksa Henti
  6. Force Stop berhasil!

6. Bersihkan Data Google Play Store dan Google Play Services

Sumber foto: Bersihkan Data Google Play Store dan Google Play Services

Google Play Store yang sudah dipakai dalam waktu cukup lama biasanya memiliki data yang menumpuk. Data ini berupa cache, cookies, dan lainnya.

Meskipun cache dan cookies berguna, tapi kalau kebanyakan, bisa bikin performa layanan ini berkurang. Makanya, kadang notifikasi perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini suka muncul.

Kamu bisa membersihkan data ini melalui pengaturan HPmu, geng. Silakan simak instruksinya di bawah ini.

  1. Buka pengaturan HP
  2. Pilih Aplikasi
  3. Klik Kelola Aplikasi
  4. Klik Google Play Store
  5. Klik Hapus Data
  6. Pilih Hapus semua data
  7. Proses selesai!

7. Install Ulang Google Play Store

Sumber foto: Install Ulang Google Play Store

Kalau paksa henti dan bersihkan data di atas nggak berhasil menghilangkan notifikasi perangkat tidak kompatibel, sepertinya kamu harus coba instal ulang Google Play Store. Untuk bisa menginstal aplikasi ini, kamu harus mengunduhnya dari sumber pihak ketiga. Tenang saja, filenya aman kok, selama kamu mengunduhnya dari sumber yang terpercaya.

Kalau kamu mau tahu cara lengkap menginstal Google Play Store, kamu bisa cek artikel Jaka berikut ini!

bacaspesial
Begini cara download dan instal Play Store di HP Android yang tiba-tiba hilang. Lengkap dengan link biar gak ribet saat download Play Store.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itulah tadi kumpulan penyebab dan cara mengatasi perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini pada aplikasi dan game Android di Google Play Store.

Jika keempat langkah di atas sudah dilakukan dan belum berhasil, mungkin sudah saatnya kamu buat beli HP Android baru, nih.

Nggak perlu pusing, soalnya ada beberapa HP Android 2 jutaan yang sudah dilengkapi spesifikasi terbaru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar Play Store atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mendownload Aplikasi Terlarang yang Gak Ada di Play Store, Mudah!

4 Cara Mudah Instal Google Play Store yang Terhapus & Hilang di Android, Gampang Banget!

3 Cara Update Google Play Store ke Versi Terbaru, Mudah & Cepat!

Download Tertunda di Google Play Store? Ini Penyebab & 8 Cara Mengatasinya

7 Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Play Store, HP Dijamin Aman!

5 Alasan Jangan Download Aplikasi di Google Play Store, Banyak Virus?

undefined
Kembali Keatas