Bahaya! Dengarkan Musik Pakai Earphone Sebabkan Tuli Permanen?!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 18 January 2018, 07:00
Kamu pendengar musik yang sering menggunakan earphone? Coba baca artikel Bahaya Menggunakan Earphone deh, biar kamu pikir-pikir lagi menggunakan earphone.

Musik memang sudah seperti bagian dari hidup seseorang dimana manusia tidak dapat hidup tanpa musik. Ketika manusia beraktifitas seperti bekerja, belajar, olahraga, dan lainnya, kebanyakan lebih senang ditemani oleh musik yang mereka sukai.

Mendengarkan musik juga lebih asik jika menggunakan earphone karena kamu akan lebih merasa 'sendiri' ketika melakukan itu. Tapi tahu tidak, ternyata mendengarkan musik lewat earphone itu berbahaya untuk telinga kamu?

BACA JUGA
  • 20+ Aplikasi Musik Terbaik Offline dan Online Gratis Terbaik 2023, Audio Kualitas Tinggi!

Bahaya Menggunakan Earphone Ketika Mendengarkan Musik

Jadi Tempat Berkembang Biaknya Bakteri

Ternyata, di dalam earphone yang sering kita gunakan itu mempunyai banyak sekali bakteri lho. Dari sebuah studi jurnal medis Laryngoscope yang meneliti jumlah bakteri dalam 20 headset di penerbangan komersial, terapat 60 mikroorganisme lho.

Tapi, ternyata jumlah ini melonjak hingga ke 650 bakteri setelah digunakan selama satu jam oleh para sukarelawan. Ini semua karena karet bantalan earphone yang membuat lingkungan telinga lembab yang cocok bagi bakteri untuk berkembang biak.

Walaupun terdapat banyak bakteri, tapi peneliti tersebut tidak bisa mengaitkan pengingkatan kuman dengan gangguan kesehatan sih. Tapi tetep aja sih geli ya kan?

Potensi Penyakit dari menggunakan Earphone

Setiap kali kita menggunakan earphone, pastinya ada sesuatu yang terdorong ke dalam telinga kita. Parahnya lagi, segala sesuatu yang masuk ke dalam telinga akan terjebak di dalam dan dapat menyebabkan penumpukan kotoran telinga.

Penggunaan earphone yang terlalu lama dan terlalu masuk ke dalam parahnya dapat memblokir proses untuk mengeluarkan kotoran yang ada di telinga. Parahnya lagi, kotoran telinga malah bisa menjadi mengeras yang menyababkan ketidaknyamanan dan bisa menyakitkan.

Hal ini juga dapat membuat suara tidak dapat sampai ke gendang telinga dan dapat menyebabkan kehilangan pendengaran sementara. Tapi ternyata ada hal yang lebih parah yang dapat disebabkan oleh penggunaan earphone yang tidak benar lho!

ADVERTISEMENT

Akibat Lebih Lanjut dari Earphone

Menanggapi persoalan ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga ikut mengeluarkan pernyataan lho. Mereka menyebutkan jika kemungkinan terbesar dari kerusakan pendengaran adalah mendengarkan musik terlalu lama dari earphone.

Sebuah laporan dari The Guardian juga menyebutkan jika MP3 Player saat ini dapat menghasilkan suara sampai 120 dB (desibel). Ini setara dengan kamu mendengarkan suara gergaji listrik dari jarak kurang dari satu meter saja.

Parahnya lagi, mungkin ada sebagian orang yang memasang earbuds (bantalan earphone) yang tidak sesuai dengan ukuran lubang telinga. Karena ketidak pasan itu, suara dari luar earphone sering 'bocor' yang membuat kamu makin menaikkan volume smartphone kamu.

Padahal ini tuh parah banget, karena suara keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan merusak stereosila atau rambut halus yang tumbuh di atas sel-sel rambut di telinga dalam. Kebisingan ini juga dapat mengikis selubung myelin dari sel-sel saraf yang dapat menghalangi sinyal listrik dari telinga ke otak.

Pada tingkat ini, gangguan pendengaran akan mulai terasa ketika kamu mendengarkan musik pada durasi 1 jam 15 menit lho. Dalam jangka panjang, bila dibiarkan nantinya pengguna bisa saja kehilangan pendengaran di saat tua nanti atau malah lebih cepat dari yang seharusnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa bahaya menggunakan earphone secara berlebihan. Makanya, belilah earphone yang mempunai banyak pilihan ukuran earbuds agar pas di telinga kamu. Jadi kamu sudah tidak perlu mendengarkan musik terlalu keras lagi deh!

ARTIKEL TERKAIT

25+ Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Dengarkan Musik Tanpa Boros Kuota!

20 Aplikasi Download Video Terbaik 2024, Bisa Download dari Medsos Gratis!

7 Smartphone Android Terbaru dan Terbaik di Ajang CES 2018

APPS TERKAIT
Langit Musik
Apps Melon
Spotify Latest Version
Apps Spotify
JOOX Music - Live Now! 5.5.2
Apps Tencent Mobility Limited
Musixmatch - Lyrics & Music 7.4.1
Apps musiXmatch
Kembali Keatas