Gila! Dokter Ini Menumbuhkan Telinga di Tangan Seorang Pria!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 09 December 2016, 13:00
Seorang pria asal China yang bernama Ji kehilangan telinga dalam sebuah kecelakaan lalu lintas setahun lalu. Kini, seorang dokter dari Xian mengambil tulang rawan dari tulang rusuk pasien untuk menumbuhkan telinga baru.

Seorang pria asal China yang bernama Ji kehilangan telinga dalam sebuah kecelakaan lalu lintas setahun lalu. Kini, seorang dokter dari Xi'an mengambil tulang rawan dari tulang rusuk pasien untuk menumbuhkan telinga baru. Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, dokter menumbuhkan telinga baru pada lengan pria tersebut untuk mengembalikan pendengarannya setelah ia kehilangan organ tersebut dalam kecelakaan mengerikan.

Dokter Guo Shuzhong dari sebuah rumah sakit di Xi'an, Provinsi Shaanxi China, menggunakan tulang rawan Ji dari tulang rusuknya untuk menumbuhkan telinga baru, dan ia mengharapkan untuk transplantasi organ ke kepala pria itu dalam waktu sekitar empat bulan.

BACA JUGA

    Gila! Dokter Ini Menumbuhkan Telinga di Tangan Seorang Pria!

    Seperti diberitakan media setempat, Ji menderita luka-luka serius di sisi kanan wajahnya dalam kecelakaan lalu lintas sekitar setahun yang lalu. Telinga kanannya robek dari wajahnya. Pria, yang usianya tidak diketahui ini, telah menjalani beberapa operasi bedah untuk memulihkan kulit wajah dan pipinya. Namun, ia merasa frustrasi kehilangan telinga kanannya untuk selamanya.

    Pasien mengatakan kepada China News: "Saya kehilangan satu telinga. Saya selalu merasa bahwa saya tidak lengkap."

    Dokter Guo, seorang ahli bedah plastik ternama, melakukan operasi transplantasi wajah pertama China pada tahun 2006. Setelah awal check-up, dokter Guo memutuskan untuk melaksanakan tiga langkah prosedur pembedahan untuk Ji. Pada langkah pertama, dokter Guo dan timnya menanam expander kulit di bawah lengan kanan Ji.

    Pada langkah kedua, mereka mengambil tulang rawan dari tulang rusuk Ji untuk bentuk telinga baru sebelum penanaman organ buatan di lengan kanan pasien. Pada langkah ketiga, yang belum dilakukan, para dokter ditetapkan untuk memindahkan telinga dewasa dari lengan Ji untuk kepalanya menggunakan teknik anastomosis pembuluh darah.

    Menurut dokter Guo, bagian yang paling sulit dari prosedur adalah langkah kedua yang telah diterapkan di Ji dan dianggap sukses. Transplantasi telinga diharapkan berlangsung dalam tiga sampai empat bulan ketika organ buatan dewasa.

    ADVERTISEMENT
    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Dokter Diabetes 2.1.1
    Apps PT. Amerta Indah Otsuka
    Cari Dokter 1.3
    Apps
    Alodokter: Chat Bersama Dokter 1.2.1
    Apps Alodokter Group
    Kembali Keatas