J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bahaya! Dengarkan Musik Pakai Earphone Sebabkan Tuli Permanen?!

Bahaya! Dengarkan Musik Pakai Earphone Sebabkan Tuli Permanen?!

Kamis, 18 Jan 2018, 07:00 WIB
Kamu pendengar musik yang sering menggunakan earphone? Coba baca artikel Bahaya Menggunakan Earphone deh, biar kamu pikir-pikir lagi menggunakan earphone.

Musik memang sudah seperti bagian dari hidup seseorang dimana manusia tidak dapat hidup tanpa musik. Ketika manusia beraktifitas seperti bekerja, belajar, olahraga, dan lainnya, kebanyakan lebih senang ditemani oleh musik yang mereka sukai.

Mendengarkan musik juga lebih asik jika menggunakan earphone karena kamu akan lebih merasa 'sendiri' ketika melakukan itu. Tapi tahu tidak, ternyata mendengarkan musik lewat earphone itu berbahaya untuk telinga kamu?

BACA JUGA
  • Ini Bahaya Mendengarkan Musik Ketika Tidur
  • 9 Layanan Streaming Musik Ini Bisa Kamu Akses Secara Gratis Lho!
  • 20 Aplikasi Musik Online & Offline Terbaik (Update 2020)

Bahaya Menggunakan Earphone Ketika Mendengarkan Musik

Jadi Tempat Berkembang Biaknya Bakteri

Ternyata, di dalam earphone yang sering kita gunakan itu mempunyai banyak sekali bakteri lho. Dari sebuah studi jurnal medis Laryngoscope yang meneliti jumlah bakteri dalam 20 headset di penerbangan komersial, terapat 60 mikroorganisme lho.

Bahaya Menggunakan Earphone

Tapi, ternyata jumlah ini melonjak hingga ke 650 bakteri setelah digunakan selama satu jam oleh para sukarelawan. Ini semua karena karet bantalan earphone yang membuat lingkungan telinga lembab yang cocok bagi bakteri untuk berkembang biak.

Walaupun terdapat banyak bakteri, tapi peneliti tersebut tidak bisa mengaitkan pengingkatan kuman dengan gangguan kesehatan sih. Tapi tetep aja sih geli ya kan?

Potensi Penyakit dari menggunakan Earphone

Setiap kali kita menggunakan earphone, pastinya ada sesuatu yang terdorong ke dalam telinga kita. Parahnya lagi, segala sesuatu yang masuk ke dalam telinga akan terjebak di dalam dan dapat menyebabkan penumpukan kotoran telinga.

Bahaya Menggunakan Earphone 1

Penggunaan earphone yang terlalu lama dan terlalu masuk ke dalam parahnya dapat memblokir proses untuk mengeluarkan kotoran yang ada di telinga. Parahnya lagi, kotoran telinga malah bisa menjadi mengeras yang menyababkan ketidaknyamanan dan bisa menyakitkan.

Hal ini juga dapat membuat suara tidak dapat sampai ke gendang telinga dan dapat menyebabkan kehilangan pendengaran sementara. Tapi ternyata ada hal yang lebih parah yang dapat disebabkan oleh penggunaan earphone yang tidak benar lho!

Bahaya Mendengarkan Musik Ketika Tidur 5
Bisa Bikin Kamu Stress Lho!
Ternyata, kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik ternyata berbaya lho, baik untuk kesehatan kamu maupun smartphone yang kamu gunakan untuk mendengarkan musik. Mau tau apa aja bahayanya?
LIHAT ARTIKEL

Akibat Lebih Lanjut dari Earphone

Menanggapi persoalan ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga ikut mengeluarkan pernyataan lho. Mereka menyebutkan jika kemungkinan terbesar dari kerusakan pendengaran adalah mendengarkan musik terlalu lama dari earphone.

Sebuah laporan dari The Guardian juga menyebutkan jika MP3 Player saat ini dapat menghasilkan suara sampai 120 dB (desibel). Ini setara dengan kamu mendengarkan suara gergaji listrik dari jarak kurang dari satu meter saja.

Bahaya Menggunakan Earphone 2

Parahnya lagi, mungkin ada sebagian orang yang memasang earbuds (bantalan earphone) yang tidak sesuai dengan ukuran lubang telinga. Karena ketidak pasan itu, suara dari luar earphone sering 'bocor' yang membuat kamu makin menaikkan volume smartphone kamu.

Padahal ini tuh parah banget, karena suara keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan merusak stereosila atau rambut halus yang tumbuh di atas sel-sel rambut di telinga dalam. Kebisingan ini juga dapat mengikis selubung myelin dari sel-sel saraf yang dapat menghalangi sinyal listrik dari telinga ke otak.

Bahaya Nonton Bokep
Bisa Bikin Bodoh Juga Lho!
Makanya ini sangat tidak baik, berikut Jaka akan bagikan informasi mengenai bahaya nonton bokep di android atau smartphone kamu!
LIHAT ARTIKEL

Pada tingkat ini, gangguan pendengaran akan mulai terasa ketika kamu mendengarkan musik pada durasi 1 jam 15 menit lho. Dalam jangka panjang, bila dibiarkan nantinya pengguna bisa saja kehilangan pendengaran di saat tua nanti atau malah lebih cepat dari yang seharusnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa bahaya menggunakan earphone secara berlebihan. Makanya, belilah earphone yang mempunai banyak pilihan ukuran earbuds agar pas di telinga kamu. Jadi kamu sudah tidak perlu mendengarkan musik terlalu keras lagi deh!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Download Lagu 51329

10 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Lebih Irit Kuota!

Aplikasi Download Video E6144

7 Aplikasi Download Video Terbaik 2020 | Bisa Download Semua!

Smartphone Terbaik Ces 2018

7 Smartphone Android Terbaru dan Terbaik di Ajang CES 2018

APPS TERKAIT
Langitmusik Icon
Langit Musik
Apps Melon
Spotify Music Apk Icon
Spotify 8.5.49.973
Apps Spotify
Joox Music Icon
JOOX Music - Live Now! 5.5.2
Apps Tencent Mobility Limited
Musixmatch Icon
Musixmatch - Lyrics & Music 7.4.1
Apps musiXmatch
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ini Bahaya Mendengarkan Musik Ketika Tidur

Ini Bahaya Mendengarkan Musik Ketika Tidur

Awas Budeg! Ini 5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Awas Budeg! Ini 5 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

5 Smartphone Terbaik Untuk Penggila Musik di Tahun 2018

5 Smartphone Terbaik Untuk Penggila Musik di Tahun 2018

10 Earphone Wireless Terbaik Untuk Smartphone (Update 2018)

10 Earphone Wireless Terbaik Untuk Smartphone (Update 2018)

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal