Rekomendasi 15 Anime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Banget Nonton!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 19 Mei 2022, 16:30
Rekomendasi anime terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton sekali seumur hidup, dari genre romance, comedy, hingga action!

Anime terbaik sepanjang masa bisa dibilang jadi andalan bagi yang memulai nonton anime atau yang kehabisan judul tontonan.

Akses nonton anime pun kini makin mudah berkat aplikasi streaming anime Sub Indo terbaik. Selain bisa nonton secara langsung, kamu juga bisa download film untuk ditonton kapan saja.

Anime-anime di bawah ini diakui penggemar maupun kritikus, karena jalan cerita yang luar biasa dan grafis yang menawan. Selain itu, adanya perkembangan karakter yang apik bikin setiap anime memiliki karakter ikonis tersendiri.

Dengan ide cerita yang luar biasa epik dan rating tinggi, tak heran beberapa anime populer yang Jaka sajikan di bawah ini dianggap tak membosankan dan tetap seru meski ditonton berulang kali.

Dalam rekomendasi anime terbaik sepanjang masa berikut ini, Jaka sudah menyediakan anime action terbaik hingga anime romance terbaik yang sayang buat kamu lewatkan. Yuk, cek satu-satu!

1. Death Note

Anime terbaik sepanjang masa pertama adalah Death Note. Usut punya usut, anime ini dulu pernah tayang di stasiun televisi di Indonesia loh!

Buat kamu penggemar anime dengan tema dunia kegelapan, Death Note sangat cocok untuk mengikuti kehidupan Light Yagami dengan buku supernatural yang dimilikinya.

ADVERTISEMENT

Seperti namanya, Death Note merupakan sebuah buku catatan kematian yang saat seseorang menuliskan nama seseorang di dalamnya akan mengalami kematian sesuai yang tertulis di dalam buku.

Death Note pun diklaim menjadi salah satu anime dengan jalan cerita paling bagus dan cukup kompleks. Maka nggak heran jika Death Note beberapa kali diadaptasi, serta didaulat sebagai salah satu anime terpopuler sepanjang masa.

Pesan moral Death Note adalah bahwa kejahatan tidak sepatutnya dilawan dengan kejahatan. Meskipun tujuannya baik, tetapi kejahatan tetaplah sebuah kejahatan.

Judul Death Note
Tayang 4 Oktober 2006 - 27 Juni 2007 (Fall 2006)
Episode 37
Genre Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller, Shounen
Studio Madhouse
Rating 8.67 (MyAnimeList)

2. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah salah satu anime terbaik dengan rating tertinggi sepanjang masa, loh!

Anime yang juga punya versi live action ini diangkat dari manga yang dibuat oleh Hiromu Arakawa dan sebelumnya juga pernah tayang pada tahun 2003 silam yang penuh dengan pesan moral untuk memaafkan satu sama lain.

FMA Brotherhood ini menceritakan kisah Edward Elric, seorang ahli alkimia alias alchemist bersama dengan Alphonse yang jiwanya terjebak ke dalam baju zirah akibat peristiwa tragis di masa lalu untuk menjadi alkimia terbaik.

Sebagaimana anime terbaik dengan genre shounen lainnya, Fullmetal Alchemist menyajikan petualangan keduanya namun dengan alur cerita yang lebih serius dan menegangkan loh.

Dalam Fullmetal Alchemist: Brotherhood terdapat pesan moral, yakni kita diajak memahami cara berpikir mereka mengenai sains dan ketuhanan.

Judul Fullmetal Alchemist: Brotherhood
Tayang 5 April 2009 - 4 Juli 2010 (Spring 2009)
Episode 64
Genre Action, Military, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
Studio Bones
Rating 9.25 (MyAnimeList)

3. Attack on Titan

Tentunya Attack on Titan tak bisa absen dari daftar anime terbaik sepanjang masa. Ceritanya makin epik. Belum lagi grafisnya yang unik dan menakjubkan bikin kamu makin betah nonton.

Di final season-nya, kisah hidup Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert yang jadi harapan terakhir manusia semakin kompleks saja. Mereka bertemu dengan beberapa karakter baru dan harus berusaha mengalahkan para Titan sebelum semua manusia habis.

Pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari anime ini adalah kerja sama dapat mempermudah dalam menghadapi masalah. Menyendiri memang diperlukan, tapi ingat bahwa kita sebagai manusia masih membutuhkan orang lain.

Peringatan, anime action terbaik ini termasuk salah satu yang paling kejam karena memiliki banyak adegan brutal nan sadis penuh darah dan potongan tubhu. Jadi, hati-hati ya buat kamu yang masih di bawah umur!

Judul Attack on Titan/Shingeki no Kyojin
Tayang 7 April - 29 September 2013 (Spring 2013)
Episode 25
Genre Action, Military, Mystery, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen
Studio Wit Studio
Rating 8.49 (MyAnimeList)

4. Naruto - Naruto: Shippuden (Anime Terbaik Sepanjang Masa)

Kalo yang satu ini sih LEGEND! Naruto menjadi salah satu anime terbaik dan terpopuler sepanjang masa selanjutnya, apalagi sempat ditayangkan sampai episodenya diulang-ulang di televisi Tanah Air loh.

Mengisahkan petualangan tokoh utama Naruto yang bercita-cita menjadi Hokage bersama dengan teman-temannya Sakura, Sasuke dan Kakashi yang menjadi gurunya.

Petualangan Naruto di masa kecil pun terus berlanjut hingga memasuki Naruto: Shippuden di masa jalan cerita makin kompleks.

Nah, dari figur Naruto tersebut mengajarkan agar kita selalu berusaha pantang menyerah menggapai cita-cita. Seperti Naruto yang memimpikan dirinya menjadi seorang Hokage.

Anime Naruto dan Naruto Shippuden kini sudah selesai ditayangkan dan dilanjutkan dengan kisah Boruto, anaknya.

Judul Naruto/Naruto Shippuden
Tayang 3 Oktober 2002 - 8 Februari 2007 (Fall 2002)

15 Februari 2007 - 23 Maret 2017 (Winter 2007)
Episode 220/500
Genre Action, Adventure, Comedy, Super Power, Martial Arts, Shounen
Studio Studio Pierrot
Rating 7.89/8.19 (MyAnimeList)

5. Dragon Ball Z

Siapa sih yang nggak kenal bahkan belum pernah nonton anime action terbaik satu ini? Dragon Ball Z menjadi salah satu rekomendasi anime terbaik sepanjang masa sekaligus terpopuler karena peminatnya yang masih banyak.

Dragon Ball yang berkisah mengenai Son Goku ini memiliki berbagai versi seperti Dragon Ball Z, Dragon Ball GT, Dragon Ball Kai, Dragon Ball Super dan masih banyak lagi.

Nah, dari Dragon Ball Z dan seri lainnya, anime ini mengajarkan kita agar dapat menjadi diri sendiri dan meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan melakukan apa saja yang kita sukai.

Judul Dragon Ball Z
Tayang 26 April 1989 - 31 Januari 1996 (Spring 1989)
Episode 291
Genre Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Martial Arts, Shounen, Super Power
Studio Toei Animation
Rating 8.30 (MyAnimeList)

6. Fairy Tail

Fairy Tail menjadi salah satu anime fantasy rating tinggi yang digemari, termasuk juga versi manga yang dibuat oleh Hiro Mashima.

Fairy Tail berkisah mengenai Lucy Heartfilia bersama dengan Natsu Dragneel yang bergabung dalam guild penyihir Fairy Tail.

Lucy terobsesi untuk mengembangkan kemampuannya bersama dengan Fairy Tail, sementara Natsu juga dalam sebuah misi pencarian seekor naga api bernama Igneel.

Petualangan keduanya tentu sangat menarik buat diikuti. Apalagi seri anime Fairy Tail ini sempat tayang di televisi Indonesia.

Selain itu, Fairy Tail adalah salah satu anime yang penuh inspirasi. Anime ini bisa dengan mudah mencerahkan hari-hari kita, tanpa membuat kita merasa terbeban.

Judul Fairy Tail
Tayang 12 Oktober 2009 - 30 Maret 2013 (Fall 2009)
Episode 175
Genre Action, Adventure, Comedy, Magic, Fantasy, Shounen
Studio Satelight, A-1 Pictures
Rating 8.06 (MyAnimeList)

7. Sword Art Online

Lalu ada Sword Art Online alias SAO yang mengangkat genre action fantasy. Salah satu anime terpopuler sepanjang masa ini wajib kamu tonton karena jalan ceritanya yang menarik.

Sword Art Online sendiri merupakan nama sebuah game MMORPG yang menggunakan perangkat semacam virtual reality (VR) yang membuat para pemainnya bisa masuk ke dalam dunia game.

Kisah bermula saat semua gamer tiba-tiba nggak bisa logout dari game Sword Art Online dan akhirnya terjebak.

Di sinilah petualangan Kirito dan Asuna dalam dunia Sword Art Online sangat menarik ditonton untuk mencari jalan keluar dari dalam game.

Dari hal itu, anime ini mengajarkan kita untuk selalu menggapai cita-cita dan impian yang kita punya. Di anime juga hampir semua tokoh yang punya cita-cita bisa mencapainya karena kemauan keras.

Judul Sword Art Online
Tayang 8 Juli 2012 - 23 Desember 2012 (Summer 2012)
Episode 25
Genre Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance
Studio A-1 Pictures
Rating 7.61 (MyAnimeList)

8. One Piece (Penuh Petualangan Epic)

Gomu gomu no....!!! Itulah perkataan yang sering diucapkan Monkey D. Luffy saat menggunakan jurusnya di salah satu anime terbaik lainnya, One Piece.

Anime bertema petualangan bajak laut ini bahkan masih tayang semenjak disiarkan perdana pada tahun 1999 lalu loh dan merupakan salah satu anime terbaik sepanjang masa di tahun 2020.

Bersama dengan teman-temannya kru bajak laut Topi Jerami alias Straw Hat Pirate, Luffy bersama kawan-kawannya bertualang ke seluruh penjuru dunia untuk menemukan One Piece dan menjadi raja bajak laut.

Dari Luffy, kita belajar tentang bagaimana tidak akan ada hal apapun yang dapat menghalangi antara dia dan mimpinya. Dia berani mempertaruhkan hidupnya dan memberikannya untuk teman-temannya yang sudah dianggap layaknya keluarga.

Judul One Piece
Tayang 20 Oktober 1999 - sekarang (Fall 1999)
Episode -
Genre Action, Drama, Comedy, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen
Studio Toei Animation
Rating 8.54 (MyAnimeList)

9. Bleach

Rekomendasi anime terbaik selanjutnya adalah Bleach. Anime ini menceritakan tentang Ichigo Kurosaki yang bertemu dengan seorang Shinigami alias dewa kematian bernama Rukia Kuchiki.

Saat keduanya tengah terdesak saat diserang Hollow, Ichigo akhirnya mendapatkan kekuatan Shinigami dari Rukia untuk melawannya.

Dalam Bleach, banyak quotes anime yang penuh pesan moral. Salah satunya, bahwa keadilan bukan hal yang dapat dilihat dengan mata, juga bukan hal yang dapat dijelaskan dengan kata-kata.

Nah, anime ini juga sempat ditayangkan di stasiun Tanah Air. Hingga saat ini pasti kamu kenal banget dengan jurus maut, saat Ichigo mengucapkan "Bankai!" dan mengubah bentuk pedang dan penampilannya, kan?

Judul Bleach
Tayang 5 Oktober 2004 - 27 Maret 2012 (Fall 2004)
Episode 366
Genre Action, Adventure, Comedy, Super Power, Supernatural, Shounen
Studio Studio Pierrot
Rating 7.89 (MyAnimeList)

10. Code Geass

Kemudian ada Code Geass yang menjadi salah satu anime terbaik sepanjang masa dengan basis penggemar cukup besar di berbagai belahan dunia.

Anime ini berkisah mengenai Lelouch yang mendapat sebuah kekuatan bernama Geass untuk menyelamatkan dunia.

Selain intrik yang diceritakan, Code Geass juga memiliki unsur-unsur lain yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Seperti pesan moral tentang berbagai konsep hidup dan ideologi falsafah.

Apalagi buat pecinta robot-robotan, Code Geass sangat cocok deh buat kamu tonton pas weekend!

Judul Code Geass
Tayang 6 Oktober 2006 - 29 Juli 2007 (Fall 2006)
Episode 25
Genre Action, Military, Sci-Fi, Super Power, Drama, Mecha School
Studio Sunrise
Rating 8.78 (MyAnimeList)

11. Gintama

Gintama adalah salah satu rekomendasi anime terbaik yang wajib kamu tonton. Jalan ceritanya unik, yakni tentang negara Jepang di zaman Edo yang jadi rumah para samurai di seluruh negeri.

Namun tiba-tiba, bangsa alien yang bernama Amanto datang dan menguasai dunia. Mereka bahkan berhasil mengendalikan pemerintah sebagai boneka mereka.

Amanto melarang keberadaan samurai. Namun hal itu gak menghentikan Gintoki Sakata, seorang samurai eksentrik berambut perak untuk tetap jadi samurai dan membantu banyak orang.

Bersama komplotannya, Shinpachi Shimura, Kagura, dan Sadaharu, mereka pun berusaha membantu rakyat sambil melawan alien jahat.

Walaupun animenya sudah tamat, kamu juga bisa nonton film terbarunya "Gintama: The Very Final". Gintama menyuguhkan pesan moral di dalamnya tentang pentingnya pengorbanan serta pentingnya rekan dalam mengisi kekosongan.

Judul Gintama
Tayang 4 April 2006 - 25 Maret 2010 (Spring 2006)
Episode 201
Genre Action, Comedy, Sci-Gi, Historical, Parody, Samurai, Shounen
Studio Sunrise
Rating 8.95 (MyAnimeList)

12. Detective Conan

Siapa yang gak tahu anime tentang detektif terbaik satu ini? Kamu pasti familiar sama aksinya Conan Edogawa alias Shinichi Kudo, detektif cilik yang berusaha memecahkan berbagai kasus sulit.

Shinichi jadi korban organisasi kriminal yang membuatnya terjebak dalam tubuh seorang anak umur 7 tahun. Karena itulah ia menyamar sebagai Conan, seorang siswa SD.

Conan pun kini berusaha membantu Kogoro Mouri, ayah teman masa kecilnya, Ran Mouri, yang berprofesi sebagai detektif. Ia memecahkan kasus Kogoro dari belakang layar sambil berusaha mengungkap siapa organisasi kriminal yang mencelakai dirinya.

Salah satu pesan pentingnya adalah Conan mengajarkan pentingnya menghargai waktu, dia selalu tepat waktu untuk segala sesuatu.

Anime ini jadi salah satu yang paling lama tayang loh. Sejak 1996 lalu hingga sekarang, Conan masih menghiasi layar kaca kita dengan episode baru.

Belum lagi ada banyak anime movie Conan yang dirilis dari tahun ke tahun. Ceritanya jadi makin kaya. Jadi, kamu termasuk salah satu penggemarnya?

Judul Detective Conan
Tayang 8 Januari 1996 - On going (Winter 1996)
Episode On-going
Genre Adventure, Comedy, Mystery, Police, Shounen
Studio TMS Entertainment
Rating 8.16 (MyAnimeList)

13. Pokemon

Pokemon hingga kini tetap jadi salah satu anime paling populer di dunia dan sudah diadaptasi jadi berbagai produk lainnya. Seperti film, video game, dan masih banyak lagi.

Berkisah tentang Pokemon, makhluk unik yang masing-masing memiliki kemampuan serta penampilan unik. Banyak orang yang menjadi Pokemon trainer. Mereka menangkap dan melatih para pokemon agar bisa diadu satu sama lain.

Dalam serial Pokemon, Ash dan teman-temannya selalu berkelana. Di setiap tempat yang disinggahi, pasti juga ada orang-orang baru. Nah, dari situ pesan yang dapat kita petik bahwa Ash dan kawan-kawan tak pernah mencampakkan orang-orang. Dia selalu ramah terhadap orang yang baru dia kenal.

Judul Detective Conan
Tayang 1 April 1997 - 14 November 2002 (Spring 1997)
Episode 276
Genre Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Kids
Studio OLM
Rating 7.35 (MyAnimeList)

14. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Kayaknya gak afdol kalau Jaka gak memasukkan salah satu anime paling hits tahun 2022 dalam daftar ini.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba disebut-sebut jadi salah satu anime terbaik sepanjang masa. Dengan visual menakjubkan dan cerita yang luar biasa, kayaknya gelar itu memang pantas, deh!

Berkisah tentang anak muda bernama Tanjirou Kamado yang harus jadi kepala keluarga setelah ayahnya meninggal. Suatu ketika, keluarganya habis dibunuh oleh iblis. Tersisa adiknya saja, Nezuko, yang justru berubah jadi iblis haus darah.

Akhirnya, Tanjirou bersumpah akan memburu para iblis demi membalas dendam serta mencari obat untuk adiknya. Ia berjuang bersama grup Demon Slayer Corps yang akan memburu seluruh iblis di dunia.

Dari anime ini, menyadarkan kita untuk selalu melindungi dan menjaga keluarga. Oleh karena itu, serial anime ini sangat direkomendasikan untuk dinikmati bersama dengan keluarga dan sahabat.

Judul Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
Tayang 6 April 2019 - 28 September 2019 (Spring 2019)
Episode 26
Genre Action, Supernatural, Demon, Historical, Shounen
Studio ufotable
Rating 8.56 (MyAnimeList)

15. One Punch Man

Terakhir ada One Punch Man, salah satu anime action terbaik yang bercerita tentang seorang pahlawan super bernama Saitama. Saking jagonya, ia bisa mengalahkan musuh hanya dengan satu pukulan saja.

Namun, karena terlalu kuat Saitama pun jadi begitu bosan. Sampai suatu haru, ia bertemu dengan Genos, cyborg berusia 19 tahun yang ingin menjadi muridnya.

Bersama, mereka berdua berusaha bergabung dengan Hero Association dan menantang berbagai jenis musuh terkuat.

Dari Saitama, kita belajar bahwa kuat bukanlah segalanya. Keramahan dan kebaikan lebih kuat dari apapun.

Judul One Punch Man
Tayang 5 Oktober 2015 - 21 Desember 2015 (Fall 2015)
Episode 12
Genre Action, Comedy, Sci-Fi, Supernatural, Parody, Super Power
Studio Madhouse
Rating 8.51 (MyAnimeList)

Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa

  1. Death Note
  2. Fullmetal Alchemist: Brotherhood
  3. Attack on Titan
  4. Naruto - Naruto: Shippuden
  5. Dragon Ball Z
  6. Fairy Tail
  7. Sword Art Online
  8. One Piece
  9. Bleach
  10. Code Geass
  11. Gintama
  12. Detective Conan
  13. Pokemon
  14. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
  15. One Punch Man

BONUS: 5 Film Animasi Terbaik dari Berbagai Negara!

Akhir Kata

Nah itulah rekomendasi anime terbaik sepanjang masa yang sayang banget jika kamu, para penggemar anime, lewatkan.

Jadi, anime terbaik mana saja nih yang sudah pernah atau belum pernah kamu tonton? Langsung aja masukkan ke watchlist kamu ya! Kamu bisa menontonnya di situs nonton anime sub Indo terbaik.

Buat kamu yang mau nyari rekomendasi seri anime terbaik dan terbaru tahun 2022, Jaka juga punya daftarnya. Cek artikel di bawah ini ya.

26 Rekomendasi Anime Terbaru 2022 & Terbaik, Pilih Genre Favoritmu!
Penggemar anime harus merapat di sini! Simak rekomendasi anime terbaru & terbaik 2022 yang bisa kamu tonton dengan banyak genre dan cerita menarik.
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

30 Anime Action Terbaik Paling Seru dan Terbaru 2022, Rugi Kalau Belum Nonton!

10 Game Anime Terbaik di PC dan HP Android, Wibu Wajib Merapat!

15 Anime Comedy Terbaik Paling Kocak| Ngakak Guling-Guling!

25 Anime Movie Terbaik dan Terbaru 2021, Dari yang Punya Plot Unik Sampai Mengharukan!

15 Film Romantis Jepang Terbaik 2021 | Gak Kalah Baper Sama Film Korea!

undefined
Kembali Keatas