USB Prompter Group Perkenalkan USB 4, Transfer Data Hingga 40 Gbps!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 14 Maret 2019, 10:00
USB 4 diperkenalkan dengan banyak keunggulan yang dimiliki, teknologi baru ini diklaim dapat melakukan transfer data 40 Gbps. Apa benar? Simak selengkapnya di sini!

Berbicara tentang konektivitas PC, USB sudah berkembang dengan pesat hingga saat ini. Terakhir kita mendengar yaitu USB 3.2 yang mampu mencapai kecepatan transfer data hingga 20Gbps.

Namun, nampaknya itu belum cukup bagi pengguna yang menginginkan konektivitas berkecepatan tinggi. Hingga akhirnya diperkenalkan USB 4 terbaru guys.

USB 4 ini diklaim dapat mentransfer data hingga 40 gigabits per detik, alias 2 kali kecepatan USB 3.2 yang kita kenal saat ini.

Mantap kan! Tapi kapan USB 4 ini akan digunakan secara bebas? Yuk, simak selengkapnya tentang sang USB 4, berikut ini!

USB 4 Diperkenalkan, Apa Perlu USB Secepat Ini?

Sumber foto: tomshardware

Dikutip dari Tomshardware, USB Prompter Group memperkenalkan USB 4 terbaru yang akan disematkan pada produk PC atau laptop yang akan datang. USB 4 akan dirilis sekitar pertengahan tahun 2019 ini.

USB 4 diklaim mampu memberikan kecepatan transfer data yang cepat dan stabil (begitu juga dengan rendering video) seperti Thunderbolt 3.

Berikut adalah spesifikasi kelebihan yang dimiliki oleh USB 4 saat nanti digunakan:

ADVERTISEMENT

Fungsi USB 4 Bagi Pengguna

Sumber foto: Techspot

Oke, setelah kita mengetahui adanya generasi baru dari USB. Lalu apakah gunanya bagi kita saat ini?

Tergantung kebutuhanmu guys, jika kamu adalah editor video profesional yang membutuhkan transfer data besar, USB 4 bisa berguna untuk konektivitas dengan beberapa monitor 4K.

Kecepatan tinggi dan pembagian alokasi data yang lebih teratur memungkinkanmu untuk dapat mentransfer berbagai data dengan lebih baik.

USB 4 memiliki beragam versi yang dapat menyesuaikan kecepatan perangkatnya. Jadi kamu yang tidak membutuhkan kecepatan hingga 40 Gbps pun dapat merasakan kegunaan dari USB ini. Contohnya mentransfer data game, drama Korea kesukaanmu, atau data penting kantor.

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang USB 4

Sumber foto: tomshardware

Sehubungan dengan USB 4 yang masih dalam masa perkenalan, banyak hal yang masih belum diketahui. Maka dari itu, Jaka akan sebutkan 5 hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang USB 4.

USB 4 akan memiliki 3 versi dengan kecepatan transfer data yang berbeda yaitu 10, 20, dan 40 Gbps. Penerapan jenis USB 4 yang digunakan tergantung dengan perangkatnya.

Contohnya jika digunakan dalam Chromebooks maka versi yang digunakan pun memiliki kecepatan transfer lebih rendah.

USB 4 akan menerapkan port USB-C yang lebih modern dan mudah digunakan. Kamu bisa saja menggunakan adapter untuk menyambungkannya kepada Type-A, tapi tentu akan mengurangi kecepatan transfer data.

USB 4 dan Thunderbolt 3 mungkin memiliki kemiripan dalam segi teknis, tapi Thunderbolt 3 ini merupakan produk resmi milik Intel.

Sulit bagi para produsen untuk membuat produk konektivitas yang dapat terhubung dengan Thunderbolt 3 karena ada tambahan royalti kepada Intel.

Kita mengenal Thunderbolt 3 sebagai port yang dapat membuat laptop kentang menjadi laptop dewa untuk gaming dengan menggunakan eGPU atau kartu grafis eksternal melalui Thunderbolt 3.

Kabar baiknya, Intel dikabarkan memberikan protokol Thunderbolt 3 kepada perusahaan USB Promoter Group. Dengan arti USB 4 nanti dapat kompatibel dengan Thunderbolt. Membuat konektivitas menjadi lebih luas diantara perangkat. Very good!

Seperti yang Jaka sebutkan sebelumnya, USB 4 dapat memberikan transfer data yang lebih baik dari tipe USB sebelumnya. Kamu dapat menyaksikan film Barat terbaru versi 4K sambil melakukan backup data ke SSD dengan lancar.

Hal ini dapat terjadi karena USB 4 mampu membagi jumlah transfer dengan baik. Misalnya, kamu menggunakan 10 Gbps untuk menonton, maka sisa 30 Gbps akan digunakan untuk mentransfer data.

Kamu tentu mengenal port USB-C yang memiliki fungsi ganda sebagai USB PD atau USB Power Delivery, yaitu pengisian daya perangkat. Nah, USB 4 juga dikatakan tetap menerapkan fungsi itu dengan daya yang diberikan lebih besar.

USB PD mengklaim dapat memberikan daya hingga 100 watts, jika benar USB 4 mendukung USB PD maka quick charge pada beberapa smartphone juga dapat diterapkan pada USB 4 ini. Well done!

Akhir Kata

Itu dia USB 4 yang telah diperkenalkan untuk kita yang membutuhkan konektivitas besar. Produktivitas pun akan menjadi lebih baik berkat dukungan teknologi baru ini guys.

USB 4 tak akan hadir cepat. Yuk, tunggu hingga USB 4 ini akhirnya dirilis dan diterapkan dalam perangkat baru yang akan datang.

Apa pendapat kamu tentang USB 4 ini guys? Tuliskan di kolom komentar ya, sampai jumpa di artikel berita selanjutnya!

Baca juga artikel seputar USB atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT

5 Teknologi yang Akan Berubah Total Karena 5G, Bisa Main PUBG PC di HP Kentang?

iPhone Resmi Bangkrut dan Banting Harga 40%? Ini Dia Penjelasan Sebenarnya!

HEBOH! 4 Perusahaan Digugat Karena Dianggap Bantu Sebarkan Virus Penyakit (Facebook Salah Satunya)

4 Langkah Mudah Maksimalkan Asisten Google, Kapanpun dan Dimanapun!

SAH! Samsung Galaxy S10 Series Terbaru Resmi Melenggang di Indonesia

undefined
Kembali Keatas