4 Langkah Mudah Maksimalkan Asisten Google, Kapanpun dan Dimanapun!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 07 March 2019, 12:00
Asisten Google alias Google Assistant mulai banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Ke depannya apa saja yang bisa dilakukan oleh asisten digital yang satu ini?

Tren ponsel pintar alias smartphone makin mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

Hingga saat ini sebut saja beberapa sistem operasi sudah jamak kamu temui, mulai dari ponsel Android, iPhone hingga ponsel yang menjalankan Android 9 Pie (Go Edition) dan KaiOS.

Semuanya kini telah dilengkapi dengan asisten yang dapat memaksimalkan kemampuan ponsel agar dapat membantu setiap orang saat berpergian, kapanpun dan dimanapun.

BACA JUGA

    Maksimalkan Asisten Google di Ponsel Kapanpun dan Dimanapun

    Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Asisten Google alias Google Assistant yang ada di ponsel berbasis sistem operasi Android.

    Menurut rilis yang disampaikan oleh Manuel Bronstein, sekalu Vice President of Product, Google Assistant sendiri ada 4 langkah mudah Asisten Google dapat membantu kehidupanmu sehari-hari.

    1. Membawa Asisten Google ke Aplikasi Seluler

    Ada banyak cara yang Asisten Google dapat lakukan melalui aplikasi yang kamu gunakan setiap harinya loh.

    Misalnya saja integrasi di Google Maps, dimana kamu bisa mendapatkan bantuan handsfree, hanya dengan bicara atau ketik untuk mencari petunjuk arah seperti "Arahkan ke Grand Indonesia" dan melakukan panggilan.

    Google Maps for Android 10.35.2
    Apps Productivity Google Inc.
    DOWNLOAD

    2. Mengakses Informasi Ketika Membutuhkannya

    Hingga saat ini, puluhan juta ponsel Android Go dan KaiOS dengan Asisten Google built-in telah terjual di beberapa negara, seperti India, Indonesia, Meksiko dan Brasil dengan pertumbuhan paling besar.

    ADVERTISEMENT

    Puluhan juta orang pun mulai mengenal untuk berinteraksi dengan teknologi, salah satu langkah yang paling mudah adalah melalui suara.

    Sumber foto: Istimewa

    Sebagai contoh, Dewi, seorang ibu muda dari Indonesia yang terbantu dengan adanya Asisten Google. Misalnya saja untuk menemukan resep baru dan informasi gizi teratur.

    Dewi cukup bicara atau mengetik "Resep pepes ikan", "Berapa kandungan kalori dalam sebuah mangga?", "Berapa kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk?".

    Hingga membantu pekerjaan rumah dari sekolah adik laki-lakinya untuk mencari hal-hal seperti "Satu mil sama dengan berapa kilometer?", "Berapa liter dalam satu galon?".

    3. Mengakses Asisten Google melalui "Messages"

    Percakapan merupakan tempat dimana Asisten Google dapat membantu memudahkan rutinitas.

    Beberapa bulan kedepan, untuk pengguna bahasa Indonesia, aplikasi Messages akan mulai memberikan saran untuk mendapatkan informasi misalnya tentang film, restoran, dan cuaca.

    Kamu bisa mulai dengan bicara atau ketik pada Asisten, "Cari restoran burger di sekitar sini?", "Ada kedai kopi?", dan "Berapa lama durasi Find Dory".

    Caranya cukup sentuh dan tahan tombol Home dengan aplikasi Messages sedang terbuka di ponsel, dan Asisten Google Anda akan muncul untuk membantumu.

    4. Menggunakan Suara untuk Membantu Rutinitas

    Sumber foto: theverge.com

    Untuk para pengguna KaiOS, tentu akan sangat untuk untuk memasukkan teks pada keyboard tiga huruf demi menggunakan Asisten Google.

    Beberapa bulan mendatang juga, akan hadir Pengetikan Suara di KaiOS, sehingga Asisten dapat membantu menerjemahkan ucapan ke teks dengan cara yang alami dan nyaman.

    Asisten Google juga telah memiliki mode billingual untuk menggunakan dua bahasa secara bergantian. Saat ini ada beberapa bahasa yang didukung seperti Indonesia, Korea, Hindi, Swedia, Norwegia, Denmark dan Belanda.

    Menambah dukungan bahasa yang sejak awal ada, seperti Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Jepang dan Italia. Dengan berbagai dukungan tadi, Asisten Google tentu akan siap membantu ada di tempat dan situasi yang paling kamu butuhkan.

    Jika kamu belum pernah mencobanya, sekarang jadi waktu yang cepat untuk mulai memanfaatkan segala kemudahannya. Yuk buruan coba!

    Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

    ARTIKEL TERKAIT

    10 Game Android yang Tidak Membosankan 2020, Sampai Lupa Waktu!

    Kembali Keatas