5 Teknologi yang Akan Berubah Total Karena 5G, Bisa Main PUBG PC di HP Kentang?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 11 March 2019, 19:00
Nantinya, tanpa kita sadari ada beberapa gadget dan teknologi akan berubah karena teknologi 5G yang sebentar lagi akan hadir.

Kamu sudah tahu dong bahwa 5G bisa membawa banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari? Penasaran teknologi apa saja yang mungkin berubah kalau 5G sudah bisa dirasakan oleh semua orang? Akankah 5G membawa kemudahan dalam hidup seperti yang banyak orang bicarakan?

Teknologi 5G masih sangat kontroversial dan beberapa ilmuwan masih menolak kehadiran teknologi 5G karena bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, namun nyatanya para produsen teknologi masih berlomba-lomba mengembangkan produk mereka yang bisa selaras dengan teknologi 5G.

Terlepas dari kontroversi 5G, sebenarnya ada, loh, beberapa teknologi yang akan benar-benar berubah setelah 5G hadir. Penasaran apa saja teknologi yang bisa berubah karena 5G?

Berikut informasinya dari Jaka!

5 Teknologi yang Akan Berubah Total Karena 5G

Dilansir dari Techradar, Inilah beberapa teknologi yang akan berubah total setelah 5G benar-benar bisa kita rasakan!

1. TV 8K

Kalau kamu sudah berharap untuk bisa membeli televisi dengan resolusi 8K, sepertinya kamu harus memendam keinginan kamu.

Sampai saat ini, televisi dengan resolusi 8K yang berfungsi layaknya televisi biasa memang belum diciptakan. Tetapi, pada ajang CES 2019 tahun ini, Sharp berhasil memamerkan produk televisi 5G yang mampu merekam hingga kualitas 8K.

ADVERTISEMENT

Televisi ini berguna misalnya untuk merekam sebuah konser di stadium, mentransmisikannya dengan sinyal 5G, kemudian menyiarkan ke publik dengan layar besar.

Teknologi Televisi 8K dari Sharp ini akan bisa kamu saksikan di Olimpiade Tokyo 2020. Duh, jadi penasaran ingin tahu betapa kerennya TV 8K!

2. Mobil Tanpa Pengemudi

Ini sebenarnya salah satu teknologi yang sudah digadang-gadangkan sejak CES tahun ini. Teknologi 5G kemungkinan besar akan paling berguna untuk teknologi ini.

Setelah beberapa bulan dipelajari, ternyata Mobil tanpa pengemudi benar-benar bisa ada dan dapat digunakan hanya di kota-kota besar saja karena alasan infrastruktur yang lebih memadai di daerah kota-kota besar.

Kita lihat saja, apakah teknologi mobil tanpa pengemudi ini akan hadir menjadi sarana transportasi alternatif seperti MRT yang sedang heboh di kalangan masyarakat Indonesia.

3. Handphone Berbahan Plastik

Teknologi 5G membutuhkan banyak alat dan jaringan agar sinyal 5G bisa terus diterima oleh perangkat yang terhubung dengan jaringan 5G.

Masalahnya, teknologi 5G juga membutuhkan sebuah perubahan dalam hal pembuatan material antena penerima sinyal 5G.

HP-HP terbaru yang keluar saat ini sebagian besar sudah menggunakan material metal atau kaca sebagai bahan body handphone mereka. Masalahnya, hal ini sedikit bermasalah jika teknologi 5G benar-benar sudah ada.

Penerima sinyal 4G berukuran kecil alias tidak membutuhkan banyak ruang dan bisa ditempatkan di ujung HP. Masalahnya, penerima sinyal 5G membutuhkan banyak antena, ukurannya besar dan tidak akan cocok apabila ditempatkan di handphone dengan bahan material metal.

Kita lihat saja, harusnya ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa kita perlu menunda membeli HP 5G. Mungkin di kemudian hari masalah ini bisa teratasi.

4. Modem Tanpa Kabel

Kalau kamu berlangganan internet IndiHome atau Internet Service Provider lainnya pasti akan banyak kabel yang malang-melintang di rumahmu agar bisa terhubung dengan jaringan internet.

Untuk terhubung dengan internet, saat ini kita masih bergantung dengan kabel-kabel fiber optic yang ada di bawah tanah. Masalahnya, tidak semua area bisa ditanami kabel fiber optic ratusan kilometer panjangnya.

Nah, tanpa orang banyak tahu, sebenarnya 5G bisa mengubah modem yang biasanya membutuhkan banyak kabel menjadi wireless layaknya kamu membawa Wi-Fi portable seperti Bolt atau Mi-Fi.

Rumah, perkantoran, kafe, dan lainnya nantinya tidak perlu terhubung dengan banyak kabel untuk mendapatkan jaringan internet. Cukup sebuah modem 5G yang tidak membutuhkan kabel sama sekali.

5. Cloud Gaming di Handphone

Kamu sudah tahu dong dengan berbagai layanan Cloud Gaming yang sedang menjamur di seluruh dunia termasuk Indonesia? Sebut saja EMAGO, Skyegrid dan Vortex yang sudah terkenal dengan layanan Cloud Gaming.

Cloud Gaming sendiri terbagi menjadi dua jenis, bermain game berbasis video streaming atau file streaming. Kedua tipe Cloud Gaming ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu, bermain satu game yang sama di banyak perangkat (PC, tablet, atau HP).

Saat ini Cloud gaming belum terlalu populer di Indonesia karena memang membutuhkan internet yang sangat cepat. Belum lagi game-game berat dengan grafis HD akan sulit dimainkan kalau tidak memiliki koneksi internet yang cepat.

Nah, dengan kehadiran teknologi 5G yang akan hadir sebentar lagi, akan sangat memungkinkan untuk bermain game PC secara online di HP kamu.

Mungkin saja suatu saat nanti PUBG versi PC bisa dimainkan di HP, apabila 5G telah berhasil membuat layanan Cloud Gaming lancar jaya untuk dimainkan oleh semua orang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari Jaka mengenai teknologi yang mungkin akan berubah setelah 5G hadir di sekitar kita dan bisa benar-benar diterapkan.

Kira-kira, kalau teknologi 5G sudah benar-benar ada dan bisa dirasakan, apa yang ingin berubah dari dunia teknologi ini?

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

Baca juga artikel seputar 5G atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas