LG G5 VS Samsung Galaxy S7, Duel Monster dari Negeri Ginseng

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 13 February 2016, 14:00
LG G5 siap diperkenalkan pada tanggal 21 Februari mendatang. Yang mana hal ini bersamaan dengan pengenalan Samsung Galaxy S7. Samsung Galaxy S7 VS LG G4, siapa lebih juara?

Seperti yang sempat Jaka singgung dalam artikel 7 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2016, bahwa tren smartphone dengan RAM besar akan semakin sengit. Salah satunya adalah kehadiran Samsung Galaxy S7 yang menggunakan RAM 4 GB, serta iPhone 7 yang mulai melirik penggunaan RAM 3 GB. Namun bukan hanya Samsung dan Apple, LG pun siap meramaikan era smartphone dengan RAM besar ini lewat LG G5.

Sama-sama berasal dari Korea Selatan, antara LG G5 dan Samsung Galaxy S7 siapa ya yang bakal menjadi juara smartphone Android flagship terbaru?

BACA JUGA
  • Samsung Galaxy S7 VS Apple iPhone 7, Siapa yang Lebih Gahar?

LG G5 VS Samsung Galaxy S7

Bukan hanya sama-sama mengusung RAM 4 GB, namun kedua vendor asal negeri gingseng ini juga dibekali spesifikasi yang sama gahar. Segi inovasi, fitur canggih hingga sistem operasi terbaru tak terlewat untuk ditawarkan oleh keduanya.

Desain

Sukses menghadirkan Samsung Galaxy S6 sebagai hasil dari project zero, Samsung Galaxy S7 hadir dengan konsep desain yang sama dengan Samsung Galaxy S6. Bedanya, Samsung menggabungkan desain antara Samsung Galaxy Note 5 dengan Samsung Galaxy S6 Edge, yang makan dihasilkan desain yang lebih ramping dalam balutan metal yang membalutnya. Pilihan warna yang ditawarkan Samsung Galaxy S7 pun lebih berani dan segar dibandingkan pendahulunya. Selain itu, seperti biasa Samsung Galaxy S7 kapan tersedia dalam varian biasa dan Edge. Dan Samsung Galaxy S7 dipastikan akan memboyong sertifikasi anti air.

Sementara LG yang sempat menjadi olokan karena desain plastik atau kulitnya, mencoba memberikan terobosan pada LG G5. Konon desain akhir LG G5 akan menggunakan material metal pada seluruh bodinya, serta dibekali kemampuan baterai removable. Menggunakan material metal tapi dibekali baterai removable tentu menjadi hal yang menarik untuk disimak dari LG G5. Dan kabarnya LG G5 akan hadir dengan desain yang lebih ramping dari LG G4.

Display

Ada yang menarik untuk disimak dari LG G5 dan Samsung Galaxy S7, yakni kabar bahwa keduanya menggunakan layar Always-On. LG secara terang-terangan membuat tagline "While the other phones sleep, LG's G5 never does" untuk memberikan pernyataan bahwa LG G5 menggunakan layar Always-On. Dengan fitur ini, kamu tidak akan kesulitan untuk melihat semua notifikasi yang masuk, tidak harus repot-repot menyalakan layar terlebih dahulu. Begitu pun dengan Samsung Galaxy S7 yang juga menggunakan layar serupa, namun entah pengaplikasiannya seperti apa.

Sama-sama akan diperkenalkan pada tanggal 21 Februari 2016 mendatang dalam ajang MWC di Barcelona, layar Always-On siapa ya yang lebih cocok jadi punggawa? Namun tentu Samsung Galaxy S7 Edge lebih menarik minat lewat layar lengkung yang diusungnya.

Hardware

Seperti Jaka singgung sebelumnya, baik Samsung Galaxy S7 maupun LG G5 akan hadir dengan RAM 4 GB. Namun bukan hanya RAM, kedua flagship asal Korea Selatan ini juga hadir dengan chipset Snapdragon 820. Dan tak lupa Samsung masih memiliki varian Galaxy S7 yang ditenagai oleh chipset Exynos 8 Octa terbaru buatannya. Jadi, siapa yang nantinya akan lebih unggul ya?

ADVERTISEMENT

Baik Samsung Galaxy S7 ataupun LG G5, keduanya sama-sama pernah bocor dalam tes benchmark. Saat Samsung Galaxy S7 bocor lewat tes AnTutu, hasil tes LG G5 bocor lewat situs Geekbench. Dan keduanya benar-benar memberikan hasil pengujian yang mengesankan.

AnTuTu Benchmark
Apps Productivity AnTuTu
DOWNLOAD

Untuk urusan ruang penyimpanan, baik LG G5 maupun Samsung Galaxy S7 sama-sama dibekali dengan memori internal 32 GB. Jika dirasa kurang, keduanya bisa diperluas dengan bantuan slot MicroSD yang disediakan.

Kamera

Seperti sempat Jaka singgung dalam artikel Samsung Galaxy S7 VS Apple iPhone 7, Samsung seolah berniat bersaing langsung dengan iPhone 7. Hal ini terbukti dengan Samsung menurunkan resolusi kamera Samsung Galaxy S7 menjadi 12MP, padahal Samsung Galaxy S6 dibekali dengan resolusi 16MP. Namun jangan khawatir, karena meski resolusinya dikurangi, Samsung Galaxy S7 akan menghasilkan gambar yang tajam berkat sensor kamera terbaru yang dipadukan dengan hardware lainnya. Selain itu, berkat f/1.7 pada kameranya, Samsung galaxy S7 akan menghasilkan gambar low-light yang tajam dan menakjubkan.

Saat Samsung secara drastis menurunkan resolusi kamera galaxy S7, LG justru meningkatkan resolusi kamera LG G5. Rumor menyebutkan bahwa LG G5 akan dibekali dual kamera dengan sensor 20MP di sisi belakang. Jika benar, maka LG G5 akan mampu menghasilkan gambar yang tajam serta memiliki vocal length yang sempurna ala kamera DSLR. Jika dilihat dari bocoran cover LG G5 yang beredar, maka besar kemungkinan bahwa rumor ini benar.

Fitur Lain

Tak ingin tertinggal, LG kabarnya membekali fitur fingerprint scanner pada LG G5. Yang mana hal ini tentu sudah ada lebih dulu pada Samsung Galaxy S6. Dan Samsung Galaxy S7 tentu kembali unggul berkat fitur anti air yang dibawanya.

Baik Samsung Galaxy S7 maupun LG G5 sama-sama dibekali dengan spesifikasi yang memukau. Tak heran jika kehadirannya benar-benar dinantikan. Namun untuk melihat lebih jauh mengenai bagaimana spesifikasi yang dibawa oleh keduanya, kita harus bersabar hingga tanggal 21 Februari mendatang.

Menurut kamu, mana yang lebih keren, LG G5 atau Samsung Galaxy S7?

ARTIKEL TERKAIT

Ini Dia Smartphone Harga 800 Ribuan yang Sudah Ada Sensor Fingerprint

Lakukan 3 Hal ini Sebelum Beli Smartphone Android Murah

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

APPS TERKAIT
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Geekbench 3 3.4.1
Apps Primate Labs Inc.
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Google Play Store 21.9.47-16 [0] [PR] 331897675
Apps Google Inc.
Kembali Keatas