Samsung Galaxy S7 VS Apple iPhone 7, Siapa yang Lebih Gahar?

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 03 Pebruari 2016, 18:00
Persaingan Samsung dengan Apple semakin memanas ditengah persiapan mereka memperoduksi smartphone terbarunya. Samsung Galaxy S7 VS Apple iPhone 7, mana yang kamu tunggu?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa persaingan di pasar smartphone saat ini didominasi oleh Samsung dan Apple. Sebagai lawan ketat, tak jarang kedua vendor ini saling menyindir lewat iklan, bukan hanya di fitur yang dibawanya. Bahkan sudah bukan hal baru jika ada kabar iPhone yang dituntut Samsung, atau sebaliknya.

Kali ini, kedua vendor raksasa ini siap adu hantam lewat produk flagship yang akan diluncurkannya. Apple siap menggebrak pasar smartphone lewat iPhone 7, dan Samsung lewat Galaxy S7. Samsung Galaxy S7 VS iPhone 7, siapa yang layak untuk ditunggu?

BACA JUGA
  • Walau Mahal, Ini 8 Alasan Orang Pilih iPhone Daripada Android!
  • Samsung Galaxy A9, Body 'Bohay' dengan Skor AnTuTu 74.000!!!
  • Video: Adu Cepat Galaxy Note 5 vs. iPhone 6s Plus! Siapa Jawaranya?

Samsung Galaxy S7 VS Apple iPhone 7

Di tengah semakin maraknya smartphone Android, Samsung tak henti-hentinya memberikan kejutan lewat produk flagship-nya. Setelah membawa perubahan desain baru dan layar lengkung pada Samsung Galaxy S6, apa lagi ya yang dibawa oleh Samsung Galaxy S7? Begitu juga Apple, fitur-fitur yang ditawarkan iPhone pun tak kalah inovatif. Bahkan warna Rose Gold dan teknologi Force Touch yang dibawa iPhone 6s dan iPhone 6s Plus sukses menjadi tren teknologi terbaru yang diikuti oleh vendor lain.

Desain

Kembali melanjutkan kesuksesan project Zero, Samsung mempertahankan desain yang dibawa oleh Galaxy S6 dan S6 Edge pada produk flagship terbarunya. Jadi, jangan berharap terlalu banyak kamu akan menemukan desain baru pada Samsung Galaxy S7 atau Samsung Galaxy S7 Edge.

Sementara iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dikabarkan akan hadir dengan desain yang lebih tipis dari iPhone 6s. Hal ini tidaklah mengejutkan, mengingat Apple memang dikabarkan akan menghilangkan port audio jack pada iPhone 7. Tapi, menyikapi isu iPhone 6 yang mudah bengkok, apakah Apple siap dengan kemungkinan yang sama? Layak disimak nih iPhone 7 jika benar-benar hadir dengan desain yang lebih tipis dan menghilangkan audio jack.

Layar

Sebagai pelopor smartphone yang membawa layar lengkung, Samsung tetap mempertahankan layar lengkung pada Samsung Galaxy S7 Edge. Samsung dikabarkan akan membawa layar 5,5 inci pada Samsung Galaxy S7 Edge, sementara pada Samsung Galaxy S7 tetap dibekali layar seluas 5,1 inci. Keduanya akan dibekali layar Super AMOLED dengan resolusi QuadHD 2560 x 1440 piksel. Rumor lainnya juga menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge akan dibekali teknologi Pressure-sensitive Screen, yang mana akan bertanding dengan Force Touch milik Apple. Layak nih ditunggu gebrakan terbaru dari Samsung Galaxy S7.

Teknologi Force Touch sudah dipastikan akan kamu jumpai di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Bedanya, Apple akan menggunakan layar terbaru yang dikhususkan untuk Apple iPhone 7.

Kamera

Kabar gembira bagi kamu yang menyukai iPhone. Karena kamera iPhone 7 Plus akan dibekali kamera utama beresolusi 12 MP! Tidak hanya meningkatkan resolusinya, iPhone 7 Plus juga dikabarkan akan mengusung kamera ganda! Kamera ganda di iPhone 7 Plus ini memiliki fungsi masing-masing. Satu kamera akan dilengkapi teknologi Optical Image Stabilization (OIS) dengan Field of View lebih luas, dan satunya lagi akan dibekali lensa telefoto 2-3 kali. Kebayang kan bagaimana hasil kameranya nanti? Sementara itu iPhone 7 belum ada kabar akan menggunakan kamera yang sama dengan iPhone 7 Plus atau tidak.

ADVERTISEMENT

Seolah berniat mengadu taring secara langsung dengan iPhone 7 Plus, Samsung Galaxy S7, dan Galaxy S7 Edge akan dibekali kamera dengan resolusi 12 MP. Resolusi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera Samsung Galaxy S6. Tapi kamu jangan sedih, karena Samsung membekali Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dengan kamera yang memiliki bukaan lensa f/1.7 untuk menghasilkan foto yang tajam dan baik dalam kondisi low light.

Dapur Pacu

Mengikuti tradisi lamanya, Samsung Galaxy S7 akan hadir dalam varian yang menggunakan chipset terbaru Exynos 8 Octa 8890 dan Snapdragon 820. Bukan hanya itu saja, flagship terbaru Samsung ini akan dibekali RAM 4 GB. Jika memang demikian, maka Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge dijamin akan memberikan performa cepat dan siap mencetak rekor baru.

Setelah lama iPhone bertahan dengan menggunakan RAM 1 GB pada produk iPhone terbarunya, akhirnya Apple mulai menggunakan RAM 2 GB pada iPhone 6s. Sebuah gebrakan yang luar biasa. Dan rumornya, pada iPhone 7 Plus nanti Apple akan menggunakan RAm 3 GB dengan chipset A10. Sementara Apple iPhone 7 sendiri akan bertahan dengan RAM 2 GB. Benar-benar layak ditunggu nih jika iPhone 7 Plus menggunakan RAM 3 GB.

Baterai

Baik Samsung Galaxy 7 maupun iPhone 7, keduanya sama-sama telah dibekali dengan teknologi wireless charging. Bahkan Apple juga membekali iPhone 7 dengan teknologi wireless headphone. Benar-benar mulai menerapkan teknologi wireless ya Apple?

Soal kapasitas baterai, Samsung dikabarkan akan menggunakan baterai berkapasitas 3000 mAh untuk Galaxy S7, dan 3600 mAh untuk Galaxy S7 Edge. Sementara itu Apple belum ada kabar mengenai berapa besar kapasitas baterai yang akan digunakan di iPhone 7.

Itu tadi sekilas perbandingan antara Samsung Galaxy S7 dengan Apple iPhone 7. Melihat hal keren yang akan dibawa oleh masing-masing flagship ini, maka keduanya memang layak untuk ditunggu. Kalo kamu, nunggu yang mana, Samsung Galaxy S7 atau iPhone?

ARTIKEL TERKAIT

8 Smartphone Android murah Yang Cocok Untuk Main COC

Inilah 5 Smartphone Android 1 Jutaan dengan Baterai Paling Awet

Pulp Fab, Smartphone yang Paling Cocok untuk Main Clash of Clans

10 Hal ini Bisa Buat Komputer Lemot Kamu Jadi Seperti Baru Lagi

Wah, Ternyata Kamu Bisa Main Catur di Facebook Messenger! Begini Caranya

APPS TERKAIT
CleanUI 2.0.2
Apps CleanUI DevTeamHK
Samsung Kies 3.2.1
Apps Samsung Electronics Ltd
Lock Screen IOS 9 - iPhone 7 2.6
Apps AppPro IOS Studio
undefined
Kembali Keatas