Harga HP Android One di Indonesia, Manakah yang Paling Murah?

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Tuesday, 03 March 2015, 11:16
Harga Android One - Awal Februari 2015, Android One, smartphone buatan Google ini resmi hadir di Indonesia. Google mengandeng tiga perusahaan smartphone lokal untuk memasarkan Android One. Tiga perusahaan tersebut adalah Nexian, Evercoss, d

Harga Android One - Awal Februari 2015, Android One, smartphone buatan Google ini resmi hadir di Indonesia. Google menggandeng tiga perusahaan smartphone lokal untuk memasarkan Android One. Tiga perusahaan tersebut adalah Nexian, Evercoss, dan Mito. Hal ini membuat Android One di indonesia memiliki tiga varian nama sesuai dengan merek perusahaan smartphone yang mengeluarkannya. Untuk Android One dengan merek Nexian diberi nama Nexian Journey 1, untuk Android One dengan merek Evercoss diberi nama Evercoss One X, dan Android One merek Mito diberi nama Mito Impact Android One A10.

Gambar Mito Impact Android One A10

Lalu, berapa harganya dan apa keunggulan dari smartphone Android One? Simak penjelasan harga dan spesifikasinya di bawah ini.

Dari sisi desain dan spesifikasi ketiga smartphone Android One di atas adalah sama. sedangkan di sisi harga, masing-masing merek Android One menawarkan harga yang berbeda. Namun walaupun berbeda, harga Android One masih tergolong murah, hanya sekitar Rp 1 jutaan.

Desain Android One

Baik Nexian Journey 1, Evercoss One X, maupun Mito Impact Android One A10 hadir bersama mengusung bentang layar berukuran 4,5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel (FWVGA). Begitupun dengan dimensi bodinya, rata-rata memiliki bodi 13 x 6,7 x 0,9 cm. Tidak terlalu besar sehingga masih nyaman digenggam dengan satu tangan. Sementara bobotnya tergolong sangat ringan, hanya 105 gram.

Sebagai smartphone dengan harga murah, ketiga desain Android One ini terlihat biasa saja dengan bodi dibalut material plastik. Bagian belakangnya bisa dibuka, karena tidak mengusung desain unibody. Di balik masing-masing tutup baterainya, terdapat dua slot SIM card yang mendukung jaringan 3G, namun belum mendukung 4G. Selain itu terdapat juga slot microSD yang bisa menampung kapasitas maksimal 32 GB.

Semua smartphone Android One tidak memiliki tombol fisik di bagian depan. Tombol Home, Back dan Recent Apps terdapat dalam layar, sehingga ketiga tombol tersebut baru akan terlihat apabila layar menyala.

Sistem Operasi Android One

Sistem operasi yang digunakan pada Android One menjadi salah satu yang diunggulkan Google. Pasalnya, walaupun harga Android One murah, ketiga smartphone ini sudah menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Namun, user interface yang digunakan masih bawaan dari Google sehingga tidak banyak memiliki fitur-fitur tambahan.

ADVERTISEMENT

Sebagai smartphone Android One yang dibuat Google, Nexian Journey 1, Evercoss One X, dan Mito Impact Android One A10 dilengkapi dengan beragam aplikasi dan layanan dari Google. Misalnya seperti Google Chrome, Google Maps, Google Photos, Google Translate, Maps, FM Radio, Email, Play Store, dan YouTube.

Spesifikasi Android One

Walaupun memiliki merek atau nama yang berbeda, namun ketiga perangkat Android One ini memiliki spesifikasi yang sama. Jika kita lihat, spesifikasi yang dimilikinya ini tergolong cukup mumpuni untuk saat ini. Di dalamnya terdapat CPU quad-core 1,3 GHz dari MediaTek dengan chipset MT6582. Untuk menunjang performanya, Android One mengandalkan GPU Mali-400MP2 yang didukung dengan RAM 1 GB serta media penyimpanan internal 8 GB. Dengan spesifikasi di atas, dikatakan Android One mampu menjalankan game ringan dan menengah dan menonton video HD dengan lancar. Namun, cukup disayangkan, Android One hanya dibekali baterai 1.700 mAh saja.

Spesifikasi Nexian Journey 1

Spesifikasi Evercoss One X

Spesifikasi Mito Impact Android One A10

Kamera Android One

Kamera belakang pada Android One tergolong cukup baik. Meski hanya memiliki resolusi 5 MP, namun kameranya itu dilengkapi dengan fitur autofokus sehingga memudahkan pengambilan gambar atau objek dari jarak dekat. Selain itu, kameranya juga didukung sebuah LED flash. Tak hanya itu, kamera smartphone ini dilengkapi dengan fitur Blur, Fish eye, dan Panorama. Sementara di sisi depan, terdapat kamera depan beresolusi 2 MP untuk memotret selfie.

Harga Android One

Harga Android One untuk tiga merek di atas dibanderol dengan harga miring. Untuk harga Nexian Journey 1 dibanderol seharga Rp999.000,-. Untuk Evercoss One X dibanderol dengan harga sama, yakni Rp999.000. Sedangkan untuk Android One dari MITO, yakni Mito Impact Android One A10 memiliki harga yang paling mahal yang dijual dengan harga Rp1.199.000,-.

Artikel Menarik Lainnya:

Kembali Keatas