7 Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Dicas | Simpel & Langsung Bisa!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 19 September 2020, 11:00
HP tidak bisa dicas? Atau sudah dicas tapi malah berkurang daya baterainya? Berikut penyebab dan cara mengatasi HP tidak bisa dicas.

Tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk aneka jenis gadget yang kamu gunakan. HP salah satu contohnya.

Jika kamu sudah menggunakan HP dalam jangka waktu terlalu lama, pasti ada saja masalahnya. Salah satu yang sering terjadi adalah gejala HP tidak bisa dicas.

Pastinya ini merepotkan banget, apalagi jika kamu sedang butuh banget berkomunikasi dengan keluarga, teman kerja atau bahkan dalam kondisi darurat.

Terus, gimana cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa dicas? Tenang aja, penyebab dan solusinya sudah Jaka rangkum di bawah ini. Simak ulasannya!

HP Tidak Bisa Dicas, Kok Bisa?

Smartphone yang terus-menerus digunakan untuk kerja, chatting, dan main game pasti akan cepat habis baterainya. Jika tidak segera diperbaiki, aneka masalah bakal muncul, salah satunya adalah HP tidak bisa dicas.

Selain itu, ada juga permasalahan di mana HP dicas tapi tidak mengisi dan malah berkurang daya baterainya. Kok bisa seperti itu? Gimana cara agar HP bisa dicas?

Berdasarkan hasil riset Jaka, ada beberapa faktor yang menyebabkan HP mu bermasalah, lengkap dengan solusi paling gampang dan anti ribet yang bisa kamu terapkan. Selamat membaca!

ADVERTISEMENT

Penyebab HP Tidak Bisa Dicas

Sumber foto: Business Insider

Biarpun gadgetmu termasuk dalam kategori HP berbaterai jumbo terbaik, nggak dapat menjamin terbebas dari masalah teknis. Bahkan, bukan nggak mungkin kamu akan mengalami permasalahan HP tidak bisa di-charge secara normal.

Kira-kira, apa sih yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Jaka sudah rangkum beberapa penyebabnya secara singkat di bawah ini.

  1. Error pada Sistem HP: Sistem HP mu nggak bisa mendeteksi besaran daya baterai. Misalkan indikator menunjukkan isi baterai 90%, tapi ternyata realitanya justru berkurang dan tiba-tiba mati.
  2. Port Charger Rusak: Misalkan aja IC charger pada HP mu rusak, maka jelas aja HP mu nggak bakal bisa ngecas dengan optimal.
  3. Baterai Rusak: Jika baterai rusak, entah itu terbakar atau mengembung, sudah pasti nggak bakal bisa dicas dengan baik.
  4. Kabel atau Kepala Charger Rusak: HP dicas malah berkurang dayanya? Bisa jadi karena kabel maupun kepala chargernya rusak. Mau nggak mau harus diperbaiki atau diganti, geng.

Cara Mengatasi HP Gak Bisa Dicas

Siapa yang tidak kesal jika smartphone habis baterai, eh pas mau diisi ulang malah nggak bisa? Buat kamu yang ingin tahu solusi HP tidak bisa dicas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Silakan disimak dan diaplikasikan sesuai masalahmu, ya!

1. Restart Smartphone

Sumber foto: Leskompi

Sama seperti cara mengatasi sinyal hilang di HP, cara memperbaiki HP yang tidak bisa dicas pertama adalah dengan merestart dan menghidupkannya kembali.

Cara ini efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Karena bukan tidak mungkin HP kamu tidak bisa di-charge gara-gara RAM sesak.

Selain itu, dengan merestart smartphone, kamu memberi kesempatan pada HP mu untuk memprogram ulang sistemnya yang bisa jadi error.

2. Kalibrasi Baterai

Sumber foto: boga svb

Udah di-restart, tapi ternyata baterainya tidak bertambah? Jika HP sudah dicas namun tidak mengisi, bisa jadi battery meter smartphone kamu error, geng.

Untuk mengatasinya, silakan lakukan kalibrasi baterai. Dengan melakukan kalibrasi, kamu bakal menstimulasi baterai agar kembali ke siklus awalnya, sekaligus untuk me-reset _battery meter _smartphone yang error.

Gimana caranya? Kamu bisa mengikuti panduan singkat di bawah ini. Tenang, nggak perlu pakai root atau aplikasi apapun, kok!

  1. Silakan pergunakan HP mu hingga baterainya habis dan mati sendiri.
  2. Kalau sudah mati, nyalakan lagi. Lalu, biarkan HP mati lagi dengan sendirinya.
  3. Sambungkan HP mu ke charger tanpa menyalakannya. Biarkan proses pengisian daya berlangsung hingga layar atau indikator LED menunjukkan 100 persen.
  4. Kalau sudah sampai 100%, lepaskan charger, lalu nyalakan HP seperti biasa.

Selesai! Baterai HP mu sudah terkalibrasi secara manual. Cara mengatasi HP yang tidak bisa dicas ini bisa works 100% kok, selama memang yang bermasalah adalah sistem smartphone mu sendiri.

3. Gunakan Adapter Charger Bawaan

Sumber foto: Konsultasi Syariah

Jika kamu sering menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone, pasti pernah mengalami kasus baterai tidak bisa di-charge.

Maka, cara agar HP bisa dicas selanjutnya adalah menggunakan adapter charger smartphone bawaan. Jika ternyata gagal, coba untuk mengganti adapter charger smartphone kamu dengan yang Ampere yang lebih besar.

Sebagai referensi, kamu juga bisa menggunakan aneka jenis Charger HP Fast Charging Murah Terbaik 2020. Untuk selengkapnya, kamu bisa membaca artikel Jaka di bawah ini. Dijamin langsung ngebut!

4. Bersihkan Lubang Charger & Port USB

Sumber foto: Amazon

Debu yang menumpuk atau posisi port USB yang longgar juga bisa menjadi penyebab smartphone tidak bisa diisi ulang.

Solusinya, silakan coba tiup port USB smartphone. Kamu juga bisa mendorongnya menggunakan tusuk gigi atau lidi untuk mengembalikan posisi port USB ke semula jika longgar.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa membaca artikel Jaka mengenai Cara Memperbaiki Konektor HP Rusak yang sudah tersedia di bawah ini. Silakan diklik!

Konektor HP Mu Rusak Atau Longgar? Begini Cara Memperbaikinya!
Konektor HP mu rusak dan bermasalah? Coba perbaiki lewat tips dan trik berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

5. Cas HP dari Sumber Listrik yang Benar

Sumber foto: Grid.ID

Pastikan sumber daya yang digunakan untuk mengisi smartphone kamu memang memadai. Jika ternyata lebih rendah daripada angka yang tertera di adapter, wajar jika HP tidak bisa dicas.

Bahkan, mengisi ulang smartphone dengan sumber daya yang rendah akan membuat baterai HP cepat rusak. Makanya, kurang-kurangin mengisi daya baterai smartphone lewat laptop atau PC ya!

Selain di atas, ternyata ada masih banyak lagi kebiasaan ngecas HP yang salah. Ini fatal banget karena bakal bikin baterai HP cepat rusak. Penasaran? Silakan baca artikel Jaka tentang Kebiasaan Ngecas HP yang Salah di bawah ini!

6. Gunakan Desktop Charger alias Charger Kodok

Sumber foto: Lazada

Sudah pasti adapter charger atau port USB smartphone kamu yang bermasalah? Maka salah satu cara agar HP bisa dicas adalah dengan membeli desktop charger.

Charger ini bakal bisa kamu gunakan sebagai alternatif charger bawaan, apalagi jika chargermu terus bermasalah dan nggak bisa diperbaiki secara manual.

Sayangnya, Jaka secara pribadi nggak terlalu merekomendasikan penggunakan charger cas kodok kecuali dalam hal darurat. Berikut alasannya!

  1. Cuma Bisa di Baterai yang Bisa Dilepas: Untuk menggunakan charger model ini, kamu harus melepas baterai HP. Karena kebanyakan HP zaman sekarang baterainya nggak bisa dilepas, maka poin ini jadi useless.
  2. Proses Charging Lebih Lama: Proses pengisian daya di charger cas kodok memakan waktu lebih lama dibandingkan ngecas biasanya.

7. Bawa ke Service Center

Sumber foto: Phone Service Centre

Sudah mencoba aneka solusi HP dicas tapi tetap tidak mengisi daya secara optimal? Nggak ada cara lain selain membawanya ke service center terdekat, geng.

Beberapa kasus menunjukkan adanya notifikasi di HP berbunyi, "Unable to charge, please contact our after-sales service", artinya HP mu sudah nggak bisa mengisi daya dan harus diperbaiki secara profesional di gerainya langsung.

Sebenarnya, cara ini jauh lebih aman dan Jaka sarankan. Kenapa? Karena HP kita terjamin mendapat perawatan dan perbaikan maksimal oleh vendornya langsung.

Andaikan ada kesalahan saat proses reparasi, mereka pasti bertanggung jawab dan memberikan jaminan terbaik, salah satunya adalah menukarkan dengan HP baru yang terjamin keasliannya.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan cara mengatasi atau memperbaiki HP yang tidak bisa dicas. Kalau kamu sudah coba semuanya dan gak works, mungkin memang sudah saatnya kamu harus beli smartphone terbaru dan terbaik tahun 2020.

Selamat mencoba! Jika kamu punya panduan atau cara lain yang nggak kalah efektif, silakan bagikan bersama JalanTikus!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya

ARTIKEL TERKAIT

Daftar HP Terbaru Juli 2020 & Harga Resminya , Bagus Semua!

Konektor HP mu Rusak atau Longgar? Begini Cara Memperbaikinya!

7 Cara Membuka Pola HP yang Terkunci atau Lupa di Android, 100% Berhasil!

5 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Nomor Hangus Bisa Digunakan Lagi!

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir 2024, Bisa Dipakai Lagi!

5 Cara Pulihkan Flashdisk Tidak Terbaca Tanpa Format, Mudah & Amankan Data Penting!

Kembali Keatas