Konektor HP mu Rusak atau Longgar? Begini Cara Memperbaikinya!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 06 July 2020, 12:00
Konektor HP mu rusak dan bermasalah? Coba perbaiki lewat tips dan trik berikut ini!

Setiap gadget beserta komponen-komponennya punya masa pakainya masing-masing. Akan ada waktu di mana komponen tersebut mulai nggak berfungsi dengan baik dan berakhir dengan kerusakan yang harus diperbaiki.

Hal itu pulalah yang terjadi pada konektor HP. Aktivitas memasukkan dan mengeluarkan kabel charger dari konektor HP berpotensi membuatnya jadi longgar atau bahkan nggak bisa dipakai alias rusak.

Tentu saja itu bikin repot maksimal, terutama konektor HP yang rusak bakal bikin kamu nggak bisa mengisi daya bateraimu dengan baik. Nah, kira-kira ada gak sih cara untuk memperbaikinya? Tenang aja geng! Jaka tahu solusi terbaiknya. Simak ulasan di bawah ini!

Penyebab + Cara Memperbaiki Konektor HP Rusak

Jaka yakin, banyak di antara kamu yang mengalami konektor HP rusak dan tidak bisa dipakai untuk nge-charge atau dikonekan dengan PC/Laptop kamu.

Nah, untuk menjawab berbagai pertanyaan kamu, Jaka akan memberikan tips bagaimana cara memperbaiki konektor HP yang rusak dengan mudah. Check it out, geng!

Ciri-Ciri Konektor Charger HP Rusak

Pernah merasa baterai HP tidak terisi saat dicas/diisi dayanya? Bisa jadi itu bukan karena bateraimu yang bermasalah, melainkan konektor HP mu.

Nah, ada beberapa ciri yang menandakan bahwa konektornya bermasalah dan harus segera kamu perbaiki. Berikut ulasannya!

ADVERTISEMENT

1. Kabel Cas Gampang Banget Lepas

Ciri pertama yang bakal kamu temukan adalah kabelnya yang susah terpasang atau gampang terlepas dari konektornya.

Tapi jangan langsung kamu pikir kalau hal tersebut menandakan ada masalah serius pada komponennya. Bisa jadi kamu hanya kurang menancapkannya dengan benar.

Namun justru salah satu penyebab konektor HP rusak atau longgar adalah kebiasaan memasang kabel chargernya secara asal-asalan, geng.

2. Baterai Lama Sekali Penuhnya

Ciri lainnya yang bakal kamu temukan adalah proses pengisian daya yang jauh lebih lama daripada biasanya.

Hal ini bisa terjadi jika kabelmu nggak tersambung di konektor smartphone dengan baik. Namun, kalau ternyata konektormu baik-baik saja, bisa jadi baterainya yang memang bermasalah.

Kalau begitu, mau nggak mau kamu harus memahami cara merawat baterai smartphone dengan baik dan benar supaya kejadian di atas nggak menimpamu.

3. Baterai Tidak Terisi Sama Sekali

Mau sebagus apapun kabel charger yang kamu punya, kalau konektornya longgar atau bahkan rusak, kabelnya nggak bakal bisa tersambung dengan maksimal.

Paling parah, bateraimu nggak bakal terisi sama sekali jika baik konektor maupun kabelnya rusak salah satu atau dua-duanya.

Dengan begitu, kamu harus memahami kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk memperbaiki konektor pada smartphonemu. Penasaran gimana caranya? Cek info di bawah ini ya!

Cara Memperbaiki Konektor Cas HP Rusak

Berbeda dengan cara memperbaiki flashdisk yang nggak terbaca, cara benerin konektor cas HP jauh lebih gampang, mengingat yang bermasalah adalah hardwarenya, bukan softwarenya.

Cara ini pun juga bisa dilakukan di mana saja selama ada peralatan yang mendukung. Buat kamu yang ingin tahu cara mengatasi konektor HP yang rusak ataupun longgar, berikut panduannya!

1. Menggunakan Jarum Pentul

Serius, jarum pentul? Betul sekali! Kamu bisa menggunakan aneka jenis jarum, entah itu jarum pentul atau ujung peniti. Fungsinya adalah mengutak-atik lubang konektor yang longgar. Namun ingat, kamu harus berhati-hati biar nggak malah rusak.

Tapi gimana caranya? Berikut panduan singkatnya!

  1. Kamu siapin aja jarum atau benda kecil yang panjang dan tipis yang kamu kira-kira bisa masuk ke dalam port charger.
  2. Setelah itu, silakan gunakan benda tersebut untuk mengubah posisi konektornya sampai benar-benar pas dan nggak longgar lagi.
  3. Silakan dicoba untuk mengisi daya menggunakan kabel charger nya. Kalau belum pas, silakan dicoba lagi.

Hanya saja, cara ini nggak berlaku kalau konektor smartphone mu sudah benar-benar rusak dan nggak bisa dipakai lagi.

2. Bersihkan Port HP Cas yang Kotor

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan konektor HP mu. Bisa jadi, konektormu nggak bisa berfungsi bukan karena komponennya yang rusak, melainkan lebih karena kotor atau kemasukan benda asing.

Kalau kasusnya seperti itu, maka kamu bisa menggunakan beberapa trik untuk membersihkannya. Salah satunya, kamu bisa memakai jarum atau cotton bud seperti cara di atas.

Lalu, pelan-pelan gosok sisi atas bawah konektor. Sesekali, kamu bisa mencungkil atau mengambil benda-benda asing yang dirasa mengotori port konektor HP mu.

3. Ganti Konektor HP

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan dan ternyata konektor baterai hp smartphone mu tetap bermasalah, maka nggak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

Jaka sarankan agar kamu jangan mencoba menggantinya sendirian. Selain sulit, garansi HP mu nggak akan bisa terpakai kalau kamu membongkar HP secara nggak resmi.

Nah, kamu bisa menggantinya di aneka service center HP mu, entah itu Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga Vivo. Selain mengganti konektor HP, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli aneka charger HP fast charging agar kecepatan ngecas HP mu bisa ngebut.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara mudah memperbaiki konektor HP rusak ataupun longgar. Mudah sekali kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

5 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Nomor Hangus Bisa Digunakan Lagi!

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir 2024, Bisa Dipakai Lagi!

5 Cara Pulihkan Flashdisk Tidak Terbaca Tanpa Format, Mudah & Amankan Data Penting!

7 Cara Membuka Pola HP yang Terkunci atau Lupa di Android, 100% Berhasil!

7 Cara Menambah RAM HP Android Paling Ampuh 2022, Performa Lega & Kencang!

5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak & Tidak Terbaca, Mudah Tanpa Ribet!

Kembali Keatas