4 Cara Terampuh Mengatasi Smartfren Gangguan (Ciri-Ciri & Penyebabnya)

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 01 October 2020, 10:00
Smartfren gangguan hari ini secara tiba-tiba? Ngga usah khawatir! Berikut beberapa tips cara mengatasi Smartfren gangguan, ciri, dan juga penyebabnya!

Smartfren gangguan pastinya jadi salah satu permasalahan yang pernah atau bahkan sering dirasakan oleh para penggunanya.

Padahal, Smartfren sendiri dikenal sebagai salah satu operator penyedia layanan telekomunikasi yang cukup unggul, nggak kalah dengan internet Telkomsel yang juga dikenal cepat dan bagus.

Namun terlepas dari itu semua, permasalahan gangguan internet Smartfren ini tentu saja nggak bisa selamanya kita tolerir. Apalagi di saat kondisi sedang genting dan kamu sangat membutuhkan jaringan internet dari provider yang dipakai.

Nah, oleh sebab itu, buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi Smartfren gangguan serta ciri dan juga penyebabnya, kamu bisa simak informasi selengkapnya berikut ini.

Smartfren Gangguan: Ciri, Cara Cek, Cara Mengatasi, Hingga Penyebabnya

Lagi asyik main game online, tiba-tiba jaringan Smartfren hilang dan menyebabkan koneksi internet terputus?

Pastinya menyebalkan banget, ya, geng! Apalagi kalau kamu baru dapat transeran pulsa Smartfren buat beli paket internet, sudah pasti gagal deh rencana kamu.

Nah, biar nggak salah ambil langkah ketika mengatasinya, kamu bisa coba perhatikan tips dari Jaka di bawah ini.

ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Smartfren Gangguan

Mungkin akan sedikit sulit untuk sebagian orang mengetahui apakah gangguan yang tengah mereka alami memang dikarenakan masalah pada provider atau bukan.

Tapi, kalau kamu sedang mengalami kendala ini, kamu bisa cek beberapa ciri Smartfren gangguan berikut ini.

1. Tidak Dapat Terhubung ke Internet

Sumber foto: Pinterest (Tidak dapat terhubung ke internet menjadi salah satu ciri ketika kartu Smartfren gangguan)

Salah satu ciri paling jelas dari permasalahan kartu Smartfren yang mengalami gangguan yaitu putusnya jaringan internet yang terjadi secara tiba-tiba.

Bukan hanya terputus secara tiba-tiba saja, kamu juga akan sulit untuk dapat terhubung kembali ke jaringan internet Smartfren tersebut, geng.

Jika sudah begini, maka satu-satunya cara agar kamu bisa mendapatkan jaringan internet kembali saat itu juga yaitu dengan menghubungkan HP ke jaringan WiFi. Tapi, jangan sampai bobol WiFi tetangga ya!

2. Koneksi Internet Lambat

Ciri kartu Smartfren gangguan berikutnya yaitu koneksi internet yang menjadi lebih lambat dari biasanya, geng.

Koneksi internet yang melambat ini biasanya dialami dalam durasi beberapa saat dan bukan hanya dialami oleh kamu sendiri tapi juga beberapa pengguna kartu Smartfren lainnya.

Meskipun nggak sampai benar-benar terputus seperti pada kasus sebelumnya, tapi memiliki koneksi internet yang lambat tentu sama sekali nggak ada mengasyikkan dong?

3. Jaringan Selular Terputus

Nggak mengalami dua kendala sebelumnya tapi jaringan selular kamu tiba-tiba terputus? Mungkin kartu Smartfren kamu sedang mengalami gangguan, geng!

Soalnya, selain nggak dapat terhubung ke internet atau koneksinya menjadi melambat, kartu Smartfren yang mengalami gangguan juga menunjukkan ciri lain berupa putusnya jaringan selular secara tiba-tiba.

Jika jaringan selular sudah terputus, maka kamu bukan hanya nggak bisa terhubung ke internet saja tapi juga nggak bisa melakukan atau menerima panggilan telepon serta SMS.

Cara Cek Jaringan Smartfren Gangguan

Kamu mengalami semua atau salah satu ciri Smartfren bermasalah di atas? Tapi, masih ragu apakah ini benar-benar disebabkan oleh permasalahan jaringan internet Smartfren?

Daripada terus ragu dan nggak menyelesaikan permasalahan, kamu bisa ikuti beberapa tips cara cek jaringan Smartfren hari ini berikut.

1. Melalui Akun Media Sosial Smartfren

Salah satu hal paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk cek jaringan Smartfren hari ini gangguan atau tidak, yaitu melalui beragam akun media sosial Smartfren itu sendiri, geng.

Kamu bisa mencari informasi lewat akun Twitter, Instagram, atau juga Facebook untuk mengetahuinya. Soalnya, jika Smartfren benar-benar mengalami masalah, biasanya banyak para pengguna lain yang juga komplain di medsos resmi Smartfren.

Atau kalau kamu mau lebih valid lagi, kamu bisa bertanya langsung kepada customer service Smartfren lewat media sosial.

2. Melalui Portal Berita Online

Berhubung internet sudah menjadi salah satu kebutuhan penting di kehidupan masyarakat, makanya nggak heran kalau update info gangguan jaringan internet suatu provider biasanya akan dimuat dalam situs portal berita online.

Misalnya saja beberapa bulan lalu saat internet WiFi IndiHome mengalami gangguan karena gedung Telkom terbakar, berita ini pun langsung disebarluaskan di berbagai situs berita online.

Nah, oleh karena itu, kamu juga bisa nih memanfaatkan situs berita online untuk mencari informasi apakah gangguan Smartfren unlimited atau lainnya yang sedang kamu alami memang dirasakan juga oleh banyak pelanggan lain.

3. Bertanya ke Pengguna Lain

Opsi lainnya untuk mengatahui apakah jaringan Smartfren error hari ini 2020, yaitu dengan bertanya ke sesama pengguna Smartfren lainnya.

Nggak perlu bingung caranya bagaimana, karena kamu bisa memanfaatkan media sosial di mana kamu bisa pasang status WhatsApp atau bikin story Instagram untuk menanyakan hal ini.

Jika ternyata banyak pengguna Smartfren lain mengalami permasalahan yang sama denganmu, maka kamu bisa coba ikuti beberapa tip cara mengatasi Smartfren error di bawah.

Cara Mengatasi Smartfren Gangguan

Nah, kalau kamu mengalami salah satu atau bahkan semua ciri-ciri di atas, tenang nggak perlu khawatir, geng!

Soalnya, di sini Jaka bakal kasih informasi cara mengatasi masalah Smartfren gangguan yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah.

Mau tahu? Langsung saja simak cara selengkapnya berikut ini!

1. Aktifkan Mode Pesawat Sementara

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu Smartfren yang gangguan yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu, geng.

Cara ini bertujuan untuk membuat koneksi jaringan di perangkat smartphone kamu ter-refresh sehingga kualitas jaringan menjadi lebih baik dan stabil.

Pada dasarnya, mode pesawat adalah mode untuk mematikan sejumlah koneksi pada smartphone seperti misalnya jaringan internet, koneksi selular, bluetooth, hingga Wi-Fi tanpa perlu mematikan HP.

Meskipun, dalam beberapa kasus mode pesawat juga sering dimanfaatkan untuk menghemat baterai HP hingga untuk mempercepat pengisian daya baterai.

2. Pastikan Lokasi Terjangkau Jaringan Smartfren

Kartu Smartfren gangguan secara tiba-tiba? Jangan marah-marah dulu, geng!

Soalnya, di banyak kasus seringkali gangguan yang dialami oleh para pengguna itu dikarenakan lokasi tempat mereka berada memang nggak menjangkau jaringan Smartfren.

Jadi, jika suatu saat kartu Smartfren mengalami gangguan, mending pastikan terlebih dahulu kalau memang di lokasi tempat kamu berada masuk dalam cakupan jaringan Smartfren.

3. Restart HP

Jika kedua cara di atas masih belum membantu kamu dalam mengatasi permasalahan kartu Smartfren yang mengalami gangguan, mungkin kamu perlu coba melakukan restart HP milikmu.

Kamu bisa mematikan daya smartphone untuk beberapa saat dan kemudian hidupkan kembali.

Meskipun nggak ada jaminan kalau permasalahannya bakal teratasi, tapi di beberapa kasus serupa cara ini cukup ampuh untuk kamu coba kok!

4. Tunggu Sampai Jaringan Pulih

Sudah coba berbagai cara termasuk salah satunya setting APN Smartfren, tapi masih belum mendapat jawaban atas permasalahan gangguan Smartfren yang kamu alami?

Kalau gitu, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan sekarang yaitu sabar, geng! Kamu harus sabar menunggu hingga jaringannya kembali pulih dan bisa digunakan seperti sedia kala.

Walaupun kamu jadi nggak bisa mengakses apapun yang berhubungan dengan internet dan jairngan selular, tapi biasanya gangguan operator semacam ini nggak akan berlangsung lama kok.

Nah, biar nggak bosan, mending kamu bermain game offline sambil menunggu jaringannya pulih lagi.

Penyebab Smartfren Gangguan

Seperti yang kita semua tahu, perangkat smartphone kini telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang di zaman sekarang.

Hampir di setiap waktunya kita membutuhkan HP untuk mendukung aktivitas sehari-hari mulai dari kebutuhan kerjaan hingga sekadar untuk hiburan seperti bermian game.

Oleh karenanya, nggak sedikit orang yang merasa kesal saat jaringan selular operator yang mereka digunakan mengalami gangguan.

Tapi, sebenarnya apa saja sih yang jadi penyebab kartu Smartfren mengalami gangguan? Berikut adalah jawabannya, geng!

1. Perbaikan Jaringan

Salah satu alasan penyebab kartu Smartfren mengalami gangguan yaitu karena sedang dalam proses perbaikan jaringan.

Smartfren sendiri tergolong cukup sering melakukan perbaikan yang biasanya dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas jaringan agar lebih baik lagi, geng.

Tapi, masalah perbaikan jaringan ini sebenarnya bukan hanya sering dilakukan oleh Smartfren saja tapi juga sejumlah operator peneyedia layanan telekomunikasi lainnya.

2. Cuaca Buruk

Meskipun terdengar aneh, tapi kenyataannya cuaca buruk seringkali memengaruhi jaringan suatu operator termasuk Smartfren lho, geng.

Apalagi kalau cuaca buruk tersebut disertai dengan petir yang akan semakin memperparah kualitas jaringan internet.

Jadi, kalau di wilayah kamu sedang mengalami cuaca buruk dan tiba-tiba kartu Smartfren jadi gangguan, nggak usah panik ya! Mending nonton film yang sudah kamu download.

3. Kartu SIM Smartfren Bermasalah

Penyebab lainnya yang mungkin memicu kartu Smartfren kamu mengalami gangguan adalah permasalahan pada kartu Smartfren-nya itu sendiri, geng.

Tapi, biasanya kondisi ini hanya terjadi pada kartu SIM yang sudah memiliki umur lama sehingga bagian plat kuning di bagian bawahnya mengalami kerusakan.

Untuk memastikan bahwa kerusakan ada pada kartu SIM Smartfren, kamu bisa coba pindahkan kartu tersebut ke perangkat HP lain.

Jika masalahnya masih sama, maka kamu perlu membawanya ke gerai Smartfren terdekat di wilayahmu untuk penggantian SIM Card baru tanpa perlu mengubah nomor. Kuota Smartfren pun jadi tetap utuh deh!

Akhir Kata

Nah, itulah tadi informasi seputar cara mengatasi Smartfren gangguan dan juga ciri serta penyebabnya, geng.

Kalau kamu mengalami masalah ini, coba deh lakukan cara-cara yang sudah Jaka jelaskan di atas. Tapi, perlu ditekankan juga bahwa Jaka nggak menjamin keberhasilan semua tips tersebut.

Namun, buat kamu yang penasaran dan sudah muak dengan permasalahan ini, nggak ada salahnya kok untuk mencoba. Semoga membantu ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga Paket by.U Terbaru Januari 2021 | Mulai Rp2 Ribuan!

7 Cara Cek Kuota Telkomsel Cepat dan Praktis 2023, Anti Kehabisan Paket Internet!

Daftar Harga Pasang WiFi Terlengkap 2021 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)

Kembali Keatas