Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data & Tips Ampuh Menghindarinya

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Tuesday, 29 August 2023, 13:00
Terjerat pinjaman online ilegal dan datamu telah disebar? Berikut tips dan cara mengatasi pinjol sebar data yang dijamin ampuh!

Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data harus banget kamu ketahui nih, geng. Pasalnya, belakangan banyaknya pinjol ilegal yang menyebarluaskan data pribadi nasabah mereka ke jaringan pinjaman online.

Hasilnya nggak cuman membuat kantong kering, tapi juga bikin nama baik jadi jelek. Bahkan banyak yang mengeluh menjadi korban kontak darurat meski mereka nggak pernah pinjam.

Tapi tenang aja, sebab ada cara untuk menghindari dan mengatasi praktik pinjaman online "nakal" seperti ini. Berikut ini Jaka bakal memberikan langkah-langkah mengatasi dan menghindarinya!

Baca Juga: Aplikasi Pemilu e-Coklit Tidak Bisa Diakses? Ini Penyebab dan Solusinya!

1. Lunasi Pinjaman

Salah satu cara termudah untuk menghentikan pinjol ilegal yang menyebarkan data adalah dengan membayar pinjaman hingga lunas. Tentunya, kita perlu menyiapkan uang sebanyak jumlah pinjaman ditambah bunganya.

2. Buat Kesepakatan

Jika tidak ingin data disebarluaskan, kamu bisa buat perjanjian dengan pihak pinjol ilegal. Perjanjian itu mencakup tentang cara penagihan yang dapat atau tidak dapat dilakukan. Jika sudah sepakat, jangan lupa buat surat perjanjian agar tidak ada masalah di masa depan.

3. Hapus Izin Aplikasi Pinjol

Kalau kamu sudah jadi korban sebar data pinjol, kamu bisa hapus data dan cache aplikasi di HP ataupun dengan langsung meng-uninstall aplikasinya. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko data pribadi kamu tersebar secara lebih meluas.

ADVERTISEMENT

4. Laporkan Pinjol Ilegal ke OJK

Jika kamu telah terjerat dalam pinjol ilegal dan data pribadimu disebarluaskan, sebaiknya kamu segera melaporkan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan melakukan pengaduan pinjol sebar data ke OJK, maka OJK dapat segera mengambil tindakan terhadap pinjol ilegal tersebut.

5. Lapor ke Polisi

Jika kamu menjadi korban penyebaran data pinjol, jangan ragu untuk membuat laporan ke polisi, ya. Sebab, tindakan tersebut pada dasarnya memang telah melanggar hukum. Sertakan berbagai bukti yang valid untuk mendukung laporan agar kasus bisa langsung ditangani.

Tips Menghindari Pinjol Ilegal

Mau bagaimana pun, pinjol ilegal memang harus dihindari karena akan menimbulkan kerugian yang lebih besar dibanding dengan keuntungannya. Supaya kamu tidak terjerumus, berikut adalah beberapa tips atau cara menghentikan pinjol sebar data.

1. Cari Tahu Reputasi dan Izin Pinjol

Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa platform tersebut memiliki reputasi yang baik dan memiliki izin yang sah dari OJK. Cari tahu ulasan dan pengalaman orang lain dengan platform tersebut sebelum memutuskan untuk meminjam uang.

2. Sudah Mengatur Privasi Akun

Cara selanjutnya, kamu juga harus pastikan bahwa akun milikmu memiliki pengaturan privasi yang tepat, seperti mengunci akun atau membatasi akses dari orang lain. Selain itu, jangan mudah mengunduh aplikasi pinjol tidak resmi ke HP.

3. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa kamu tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Ini akan sangat berbahaya apabila layanan yang kamu pakai adalah platform ilegal.

4. Pahami Hak dan Kewajiban Sebagai Nasabah

Cari tahu hak dan kewajiban sebagai nasabah pinjol, seperti berapa besar bunga yang harus dibayar dan apa saja konsekuensi jika terlambat membayar. Pastikan kamu mengerti dengan jelas tentang hal ini sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Jangan asal sepakat, ya!

5. Pastikan Lembaga Keuangan Telah yang Terdaftar

Mirip seperti poin pertama tadi, kamu harus pastikan telah mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko pinjaman ilegal yang menyebarkan data pribadi.

Khusus untuk nama-nama pinjol ilegal yang tidak memiliki izin, kamu bisa cek di artikel berikut ini. Hindari nama-nama yang tertera, ya!

270+ Aplikasi Pinjol Ilegal Cepat Cair Terbaru 2023, Waspada Aplikasi Bodong!
Berikut daftar pinjol ilegal yang diblokir OJK terbaru 2023 dan sebaiknya dihindari agar tidak menjadi korban pinjaman online tidak resmi!
LIHAT ARTIKEL

6. Jangan Tergoda dengan Penawaran Tak Masuk Akal

Jangan mudah tergoda dengan penawaran pinjaman yang tidak masuk akal, seperti bunga yang sangat rendah atau proses pengajuan yang sangat cepat. Lebih baik pakai aplikasi pinjol yang resmi meski memiliki bunga yang sedikit lebih besar supaya lebih aman.

Akhir Kata

Itulah tadi sejumlah cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi praktik pinjol ilegal yang menyebarkan data pribadimu. Cara ini tentu sangat tidak etis dan telah melanggar hukum.

Kalau kamu mengalami hal serupa, jangan takut untuk melaporkan mereka ke pihak yang berwajib, ya. Tapi sebelum itu, hindari pula pengguna pinjol ilegal agar lebih aman!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel mengenai Kumpulan Aplikasi Cheat FF Terbaik 203 atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi DJ Terbaik Android 2020, Bisa Bikin Lagu Sendiri!

25+ Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Dengarkan Musik Tanpa Boros Kuota!

10 Aplikasi Edit Lagu Terbaik Android 2020, Bikin Sesuai Selera!

100+ Lagu Barat Slow Terbaik dan Terbaru 2021, Asyik Buat Santai!

85+ Lagu TikTok Viral Terbaru Paling Hits 2023, Bikin Terngiang di Kuping!

Kembali Keatas