Cara Daftar TikTok Affiliate, Raih Cuan dengan Cepat dan Mudah!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 23 Mei 2022, 14:30
Kamu main TikTok tapi belum ngerti cara dapat cuan dari sana? Simak dulu pembahasan mengenai cara daftar TikTok Affiliate ini!

Siapa bilang TikTok cuma buat bikin konten joget? Kamu juga bisa dapat cuan di sana dengan gabung TikTok Affiliate, loh. Jaka bakal kasih tahu kamu cara daftar TikTok Affiliate di artikel ini!

Harus diakui, TikTok mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak awal perilisannya. Hingga saat ini, lebih dari 1,2 miliar orang aktif menggunakan aplikasi media sosial ini.

Melihat angka tersebut, wajar jika TikTok dilihat sebagai ladang bisnis yang sangat potensial dan aplikasi penghasil uang yang menguntungkan.

Ada cukup banyak cara menghasilkan uang di TikTok. Salah satu cara yang dianggap paling menguntungkan adalah dengan mendaftar program bernama TikTok Affiliate.

Sebagai pengguna atau bahkan content creator TikTok, kamu wajib banget tahu bagaimana cara daftar TikTok Affiliate dan mendapatkan uang dari sana. Biar nggak penasaran, yuk simak panduan yang Jaka susun di bawah ini:

Apa Itu TikTok Affiliate?

Sumber foto: TikTok - Apa itu TikTok Affiliate

TikTok Affiliate bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dari aplikasi TikTok. Ini adalah program partnership dengan pengguna TikTok agar mereka bisa menghasilkan uang dengan cara endorse alias mempromosikan produk di akun mereka.

Konsepnya kurang lebih mirip dengan sistem bagi hasil alias komisi. Di program ini, kamu bisa mengiklankan produk orang lain atau brand di akun TikTok kamu.

ADVERTISEMENT

Nah, jika produk yang kamu promosikan ternyata dibeli oleh orang (membeli melalui link yang kamu bagikan), kamu akan mendapat komisi dari produk yang terjual tersebut.

Selain produk orang lain, kamu juga bisa menjual produk sendiri di program ini. Sistemnya pun sama, kamu akan mendapat komisi jika ada orang membeli produk tersebut melalui link yang kamu bagikan.

Syarat Daftar TikTok Affliate

Sumber foto: TikTok - Syarat Daftar TikTok Affiliate

Sebelum mengetahui cara daftar TikTok Affliliate, kamu harus tahu bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Meski begitu, syarat yang harus dipenuhi tidak sulit sehingga kamu bisa dengan mudah dan cepat melakukan pendaftaran.

Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar program afiliasi TikTok sebagai kreator? Jaka akan beberkan secara rinci di bawah ini.

Persyaratan Umum

Sebelum mendaftar TikTok Affilliate, setidaknya kamu harus memenuhi persyaratan umum berikut ini:

  1. Punya akun TikTok Shop TikTok Shop adalah akun untuk transaksi jual beli di aplikasi TikTok. Kamu tentu harus punya lapak untuk menjual barang-barang yang kamu promosikan.

  2. Rekening Bank Rekening ini akan digunakan untuk mengirim komisi tiap penjualan barang yang berhasil kamu lakukan.

  3. KTP atau Paspor Dokumen ini diperlukan untuk membuktikan identitasmu.

  4. Alamat pengiriman Alamat ini dibutuhkan untuk melakukan pengiriman produk.

Jumlah Followers

Nah, Jaka yakin kamu sempat baca di beberapa sumber yang menyatakan kamu harus memiliki followers TikTok dalam jumlah tertentu.

Kabar baiknya, kamu tidak harus memiliki jumlah followers tertentu untuk bergabung sebagai TikTok Affilliate. Jadi, setelah kamu buka akun, kamu langsung bisa mempromosikan produk, berjualan, dan mendapatkan komisi dari TikTok!

Cara Membuat Akun TikTok Shop

Sumber foto: TikTok - Cara Membuat Akun TikTok Shop

Lalu, bagaimana cara daftar TikTok Affiliate? Sebelum bisa melakukannya, kamu harus membuat akun TikTok Shop terlebih dahulu.

TikTok Shop adalah fitur belanja yang dimiliki oleh aplikasi TikTok. Melalui fitur ini, kamu bisa mulai belanja dan berjualan secara online di TikTok.

Kenapa kamu harus membuat akun TikTok Shop sebelum bisa menggunakan TikTok Affiliate? Sebab, kamu harus terdaftar sebagai penjual terlebih dahulu di platform ini.

Maka dari itu, Jaka bakal kasih kamu panduan cara membuat akun TikTok Shop. Yuk simak!

  1. Buka situs TikTok Shop.
  2. Klik tombol "Sign Up with TikTok Account".
  3. Login akun TikTok kamu.
  4. Klik tombol "Authorized" di laman Authorize TikTok Shop.
  5. Isi seluruh informasi seperti data diri dan bisnis yang dibutuhkan.
  6. Verifikasi identitas asli dengan mengunggah foto KTP atau paspor.
  7. Klik "Simpan" untuk memproses pendaftaran.
  8. TikTok akan menghubungimu lewat email jika pendaftaranmu diterima.

Cara Daftar TikTok Affiliate

Sumber foto: TikTok - Cara Daftar TikTok Affiliate

Setelah selesai membuat akun TikTok Shop dan memahami persyaratannya, artinya kamu sudah bisa mendaftar di program Affiliate. Tenang saja, cara daftar TikTok Affiliate nggak ribet, kok! Kamu bisa ikuti panduan yang Jaka berikan di bawah ini:

  1. Buka aplikasi TikTok versi terbaru.
  2. Klik menu "Profil" > Klik logo keranjang.
  3. Pilih simbol toko setelah muncul tulisan "Pusat Kreator E-commerce".
  4. Pilih Komisi yang ada di halaman tersebut.
  5. Pada kotak dialog Dapatkan Komisi, tekan tombol Tambah Produk.
  6. Isi informasi yang dibutuhkan. Pastikan semuanya benar dan lengkap.
  7. Klik "Kirim" pada kotak dialog Konfirmasi Nama Anda.
  8. Jika pendaftaran disetujui, akan muncul tulisan "Congratulation".

Perlu diperhatikan, pastikan nama rekening bank dan nama kamu saat mendaftar sama. Hal ini akan mempermudah pihak TikTok untuk mempercepat proses verifikasi. Makin cepat kamu join program Affiliate, makin cepat juga kamu dapat cuan!

Cara Tambah Produk TikTok Affiliate

Sumber foto: TikTok - Cara Tambah Produk TikTok Affiliate

Setelah mengikuti langkah mendaftar program Affiliate tersebut, kamu telah bisa mengiklankan produk di profil TikTok Shop kamu. Kamu pun bisa mendapat komisi jika barang yang kamu iklankan tersebut laku terjual.

Nah, berikutnya adalah cara bagaimana memasukkan produk yang akan diiklankan di TikTok Affiliate. Saat pertama kali mendaftar, kamu memang akan langsung diarahkan ke laman Tambah Produk. Namun, Jaka juga bakal kasih tahu caranya jika kamu melewati langkah ini atau saat ingin menambah produk affiliate.

  1. Buka aplikasi > Buka profil TikTok kamu.
  2. Klik ikon garis tiga di pojok kanan atas untuk masuk ke laman Pengaturan dan Privasi.
  3. Klik "Alat Kreator".
  4. Klik menu "TikTok Shop".
  5. Pilih menu "Tambahkan Produk Afiliasi" untuk memilih produk yang ingin diiklankan.

Setelah kamu menambah produk yang ingin diiklankan di program afiliasi, TikTok akan meninjau produk tersebut. Jika telah disetujui, produk yang tadi telah kamu tambahkan akan otomatis muncul di halaman TikTok Shop kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Program Affiliate TikTok

Sumber foto: TikTok - Kelebihan Kekurangan TikTok Affiliate

Melihat penjelasan dan cara daftarnya yang mudah, nggak heran jika kamu merasa program ini sangat menjanjikan. Namun, sebelum memutuskan untuk bergabung dengan TikTok Affiliate, kamu wajib tahu kelebihan dan kekurangan dari program tersebut. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan TikTok Affiliate

Kekurangan TikTok Affiliate

Akhir Kata

Program TikTok Affiliate sangatlah menjanjikan. Terutama setelah melihat TikTok yang pertumbuhannya cepat. Makanya, semoga penjelasan Jaka tentang cara daftar TiKTok Affiliate ini membantumu, ya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Tanri Raafani Haidi.

ARTIKEL TERKAIT

10 Fakta Mencengangkan Soal Emoji yang Belum Kamu Ketahui

210+ Arti Emoji WhatsApp Terlengkap & Terbaru 2022, Hati-hati Salah Pakai!

15 Emoji Ini Pasti Sering Kamu Salah Artikan!

5 Aplikasi Keyboard Emoji Terbaik untuk Android

10 TikTok Challenge Terbaru yang Wajib Dicoba, Auto Viral!

12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Terbaru 2021 | Terbukti Menghasilkan!

undefined
Kembali Keatas