J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Biar Nggak Dibohongin Penjual, Ini Tips Membeli Gadget Bekas yang Aman

Rabu, 17 Mei 2017, 14:00 WIB
Bagaimana cara membeli gadget bekas yang aman dan nyaman? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini sebelum membeli gadget bekas.

Bagi sebagian orang, menggunakan gadget merupakan suatu kebutuhan. Tetapi, mengingat perkembangan gadget terus mengalami peningkatan, gadget lama yang kita miliki akan terasa usang. Bagaimanapun, mengikuti perkembangan teknologi adalah hal yang bagus. Namun jika dipaksakan harus membeli gadget baru, maka itu adalah pemborosan.

Cara alternatif untuk menikmati kecanggihan gadget adalah dengan membeli gadget bekas. Tetapi yang perlu diingat adalah membeli perangkat bekas juga cukup berisiko. Jadi, bagaimana cara membeli gadget bekas yang aman dan nyaman? Yuk, ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini sebelum membeli gadget bekas.

BACA JUGA
  • 10 Tips Membeli iPhone Bekas Mulus dan Berkualitas, Biar Gak Kena Tipu!
  • 10 Tips Menjual HP Bekas dengan Harga Tinggi
  • Walau Mahal, Ini 8 Alasan Orang Pilih iPhone Daripada Android!

Biar Nggak Dibohongin Penjual, Ini Tips Membeli Gadget Bekas yang Aman

1. Bersikap Realistis

106440dfc02e6e91563086303f55ece1
Sumber foto: Foto: samsungnews.net

Bersikap realistis adalah hal pertama yang perlu diingat ketika membeli gadget bekas. Meskipun gadget tersebut dalam kondisi bekas, bukan berarti harganya juga akan turun drastis. Sesuaikan dengan kondisi dan merek gadget tersebut. Selain memperhatikan harga, hal lain yang harus kita lakukan adalah mengecek kondisinya, aksesori, kemasan, garansi, dan lain sebagainya.

Jika kamu mendapatkan harga yang masih cukup tinggi, coba tanyakan beberapa kelebihan dan kekurangannya, kemudian kamu bisa mencoba menurunkan harga tersebut. Bandingkan juga harga bekas dengan harga yang baru, umur perangkat, atau apakah sudah ada model terbaru dari yang sekarang. Karena biasanya, begitu model baru muncul, harga versi yang sebelumnya juga akan turun. Jadi kamu bisa mendapatkan gadget bekas dengan harga yang miring.

2. Memeriksa Harga

B374c52ec71fd4646b277cd6cc612445
Sumber foto: Foto: govtech.com

Mendapatkan harga yang tepat dari gadget bekas tidaklah terlalu sulit. Hal utama yang bisa kita lakukan adalah membandingkan beberapa penjual dan mencari harga rata-rata yang terbaik. Pastikan membandingkan dengan jenis perangkat yang sama, seperti model perangkat, kondisi, dan aksesori yang diberikan. Gunakan beberapa situs jual beli barang bekas untuk mencari harga yang terbaik.

3. Cari Waktu yang Pas

A725064023a60554d2f5833db25c5b3c
Sumber foto: Foto: coventrytelegraph.net

Mencari waktu yang pas saat akan membeli perangkat bekas merupakan suatu keharusan. Misalnya, harga smartphone Galaxy S8 akan jauh lebih murah beberapa saat kemudian setelah Samsung merilis smartphone yang lebih baru. Maka dari itu, kita bisa memanfaatkan momen ini. Ketika orang lain sangat ingin mendapatkan perangkat favorit mereka, maka kemungkinan besar dia juga akan menjual perangkat yang lama.

Manfaatkan juga situs-situs jual beli barang bekas di luar negeri. Biasanya setiap awal tahun adalah waktu terbaik untuk membeli barang bekas. Hal ini karena pasokan gadget bekas bisa meningkat setelah perayaan Natal karena alasan hadiah yang tidak diinginkan kemudian dijual kembali.

4. Hati-hati Penipuan

07bafae3386b9214e62306d0cb0fbc8a
Sumber foto: Foto: money.aol.co.uk

Menghindari segala bentuk jenis penipuan bukan merupakan hal yang mudah. Jika kita memutuskan untuk membeli barang bekas secara online pastikan kita mengerti bagaimana model transaksinya, apakah situs tersebut aman dan terpercaya? Bagaimana cara pembayarannya? Apakah penjual memiliki identitas yang jelas?

Memeriksa feedback atau ulasan dari pembeli lain juga sangat penting. Kemudian tanyakan kepada penjual apakah ada garansi pembelian. Carilah situs jual beli barang bekas yang memberikan fitur pengembalian barang dan uang.

Semua faktor di atas sangat penting jika kamu berniat membeli barang bekas secara online. Namun bagaimanapun, cara yang paling baik untuk menghindari penipuan adalah melakukan pertemuan dan transaksi langsung dengan penjual.

Itulah tips untuk membeli Gadget bekas yang aman dan nyaman. Kamu punya tips lain? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Jalantikus Lapbook1
Review Chuwi Lapbook 15,6: Wow! MACBOOK Killer Seharga Rp 3 Jutaan
Banner Jalantikus M650
Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!
Foto Jalantikus Rival500
Mouse Terbaik Untuk Game MOBA/MMO? Cek Review SteelSeries Rival 500!
Banner Techporn Hargaramnaik
Harga RAM PC/Laptop Naik Hingga 2 Kali Lipat! Kok Bisa Ya?
Banner Techradar Bitcoin5tahun
Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?
APPS TERKAIT
Commtorresphonetester206jalantikus Icon
Phone Tester (hardware info) 2.0.6
Apps Miguel Torres
Aida64 Icon
AIDA64 1.45
Apps Devi
Comossibussoftwaredeadpixeltest20 Icon
Dead Pixel Test 2.0
Apps Ossibus Software
Antutu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Gokil Abis! Begini 15 Cara Unik Memanfaatkan Gadget Bekas
Gokil Abis! Begini 15 Cara Unik Memanfaatkan Gadget Bekas
Bersiaplah! 15 Gadget Super Canggih Ini Sebentar Lagi Hadir di Pasaran
Bersiaplah! 15 Gadget Super Canggih Ini Sebentar Lagi Hadir di Pasaran
7 Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Biar Kamu Nggak Nyesel!
7 Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas Biar Kamu Nggak Nyesel!
10 Tips Menjual HP Bekas dengan Harga Tinggi
10 Tips Menjual HP Bekas dengan Harga Tinggi

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal