J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Situs Tes Buta Warna Online Resmi & Gratis Indonesia | Dijamin Akurat!

4 Situs Tes Buta Warna Online Resmi & Gratis Indonesia | Dijamin Akurat!

Senin, 28 Sep 2020, 14:00 WIB
Tes buta warna online yang resmi memang gak banyak, tapi daftar situs tes buta warna yang Jaka jelaskan ini bisa kamu coba dengan mudah. Tesnya gratis lho!

Apakah kamu atau kerabat dekatmu sulit membedakan warna tertentu?

Hati-hati karena bisa jadi ini adalah pertanda dari penyakit buta warna. Bahkan sebagian besar penderita buta warna gak menyadari mereka memiliki gangguan ini.

Buta warna membuat kamu hanya bisa melihat warna putih saja dan gak warna lainnya. Padahal gak semua orang mengalami buta warna total (hanya dapat melihat hitam dan putih saja).

Ada juga yang gak bisa membedakan warna merah, hijau, atau biru. Untuk itu, biasanya kita akan disarankan untuk melakukan tes buta warna.

Ada berbagai macam cara untuk melakukan tes buta warna. Selain melalui aneka aplikasi game mewarnai, tes buta warna online juga dijadikan sarana paling akurat untuk mengukur kecerdasan seseorang.

Buat kamu yang ingin tahu apakah kamu buta warna atau nggak, Jaka sajikan daftar situs tes buta warna online resmi dan gratis yang paling akurat di Indonesia tahun 2020.

Siapa tahu, kamu jadi lebih tahu sejak dini apakah kamu buta warna atau nggak jadi bisa ditangani secepatnya agar normal kembali!

Tes Buta Warna Online

Penyakit buta warna yakni ketidakmampuan untuk memahami warna secara normal atau melihat perbedaan antara warna-warna tertentu. Istilah buta warna sebenarnya merujuk pada kondisi saat penglihatan seseorang semuanya dalam nuansa hitam dan putih tetapi kondisi ini jarang terjadi.

Pada dasarnya, penyakit dibedakan menjadi dua, yaitu buta warna sebagian alias buta warna parsial yang membuat pengidapnya gak bisa membedakan warna tertentu dan ada juga buta warna total, yaitu gak bisa melihat warna sama sekali. Uniknya, banyak pengidap buta warna yang gak menyadari bahwa dirinya mengalami gangguan ini.

Tes buta warna penting untuk dilakukan, terutama pada anak-anak. Hal ini bertujuan untuk memastikan ada atau nggaknya kelainan buta warna pada anak. Dengan begitu, orangtua memiliki bekal yang dibutuhkan untuk menentukan tindakan yang perlu diambil untuk mengatasinya, hingga dalam merencanakan masa depan Si Kecil.

Jika mau melakukan tes buta warna dalam waktu dekat, kamu bisa mencoba melakukan tes buta warna online melalui beberapa website di bawah ini.

1. Enchroma.com

Tes Buta Warna 019c2

EnChroma Color Blind Test adalah tes buta warna yang dirancang untuk menentukan tipe dan tingkat buta warna seseorang. Test online buta warna ini dibuat oleh EnChroma, sebuah perusahaan independen yang berbasis di California.

Tes buta warna EnChroma adalah website test buta warna online nomor 1 untuk kekurangan penglihatan warna yang telah dicoba oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia. EnChroma juga merupakan salah satu produk kacamata buta warna terkenal, yang banyak digunakan oleh orang.

Tes EnChroma didasarkan pada metode uji hidden digit Ishihara yang dikombinasikan dengan algoritma adaptif komputer untuk mengukur jenis dan tingkat kekurangan penglihatan warna (CVD) seseorang.

Tersedia dalam mode angka untuk orang dewasa dan anak-anak usia 10+ dan dalam mode bentuk untuk anak-anak usia 5+. Tiga jenis utama kebutaan warna adalah Deutan, Protan, dan Tritan.

2. EyeQue

Tes Buta Warna Parsial 13425

EyeQue merupakan pemimpin dalam uji penglihatan di rumah, perusahaan ini menghadirkan perawatan mata yang terjangkau bagi semua orang. EyeQue berdedikasi untuk menempatkan tes penglihatan yang akurat langsung ke rang-orang di seluruh dunia.

Nah, melalui situs eyeque.com, kita bisa melakukan tes buta warna online lho. Bahkan EyeQue menggunakan teknologi uji Ishihara standar industri untuk mengukur persepsi warna dan kekurangan warna layar.

Proses ini terdiri dari piring berwarna, alias piring Ishihara, yang berisi angka di antara titik-titik, secara acak dalam ukuran dan warna. Sejak diciptakan oleh Dr. Shinobu Ishihara pada tahun 1917, ia tetap menjadi persepsi warna paling akurat untuk kekurangan warna merah-hijau.

3. Colblindor

Tes Buta Warna Angka Ee308

Situs color-blindness.com juga menyediakan tes buta warna online yang dibutuhkan. Banyak orang mencari kemungkinan untuk menguji penglihatan warna mereka di web. Sayangnya gak banyak tes buta warna yang tersedia online.

Jadi situs ini akan menyatukan serangkaian tes untuk memeriksa jenis defisiensi penglihatan warna pribadi dan tingkat keparahannya.

Perlu diketahui bahwa pengaturan tampilan komputer pribadi kita, cahaya sekitar dan faktor-faktor lain dapat memengaruhi hasil pengujian.

4. Vonvon

Tes Buta Warna Polisi 278dd

Website vonvon.me menyediakan fitur tes buta warna yang bisa kamu coba dengan mudah. Dengan tampilan yang simpel kamu bisa secara gratis melakukan tes buta warna di web ini, geng.

Pada permulaan kamu tinggal mengklik tombol "klik untuk mulai" dan kamu akan langsung diberikan pertanyaan pertama, akan ada jawaban pilihan ganda yang bisa kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu lihat.

Kemudian, setelah semua pertanyaan berhasil kamu jawab, maka hasilnya pun akan langsung diberitahukan, apakah kamu memiliki penglihatan normal atau buta warna parsial maupun total.

Apakah Akurat Tes Buta Warna Secara Online?

Tes Buta Warna Smk A7b17

Nyatanya, hasil dari tes buta warna secara online agak diragukan keakuratannya. Hal ini karena setiap tampilan layar, baik itu di PC maupun smartphone, memiliki sedikit variasi dalam hal mereproduksi warna.

Selain itu, warna yang ditampilkan pun tergantung pada pengaturan tampilan layar masing-masing. Saat menggunakan tes fisik, masalah tersebut gak akan ada, karena tes fisik akan mencerminkan dan mewakili warna yang sama.

Jadi, untuk mendapatkan hasil tes buta warna yang akurat, temuilah dokter mata dan lakukan tes buta warna yang diberikan oleh profesional yang terlatih, yang menggunakan bahan pengujian standar di bawah pencahayaan yang tepat.

Untuk dapat mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau menguji kemampuan seseorang untuk membedakan warna secara akurat, diperlukan tes buta warna kuantitatif. Tes buta warna kuantitatif yang paling populer adalah Tes Farnsworth-Munsell 100 Hue.

Pada tes ini, kamu akan diberikan empat baki yang berisi banyak disk kecil dengan beragam corak. Setiap baki memiliki disk referensi berwarna di salah satu ujung. Kemudian, kamu yang diuji harus mengatur disk lain di dalam baki untuk membuat gradasi warna secara bertahap.

Untuk hasil yang akurat, Tes Farnsworth-Munsell 100 Hue harus dilakukan di tempat yang memiliki cahaya yang paling mendekati dengan cahaya alami. Disk berwarna juga harus diganti setidaknya setiap dua tahun sekali untuk mencegah hilangnya saturasi warna yang dapat memengaruhi hasil.

Akhir Kata

Kalau kamu ingin tahu apakah kamu menderita buta warna atau nggak, tes buta warna di beberapa situs di atas bisa banget kamu coba lho, geng.

Tahu lebih awal akan membuatmu lebih cepat untuk mengobati buta warna kamu atau keluarga, geng. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Out f Tech atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 1 3549e

10 Situs Tes IQ Online Resmi & Gratis Indonesia | Dijamin Akurat!

Alasan Gak Harus Nyiksa Smartphone Banner

5 Alasan Ngetes Smartphone Itu Gak Perlu Disiksa

Tes Lgbt

Apa Kamu Penyuka Sesama Jenis? Coba Ikuti Tes Kepribadian Ini!

Tes Kepribadian Ingin Tahu Tujuan Sejati Hidup Kamu

Tes Kepribadian, Ingin Tahu Tujuan Sejati Hidup Kamu?

Kamu Iphone Banget Atau Android Banget 16

Tes Kepribadian: Kamu iPhone Banget Atau Android Banget?

Test Mata 1 50 Banner

Ayo, Tes Kecepatan Mata dan Otak Kamu Lewat Permainan Ini!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Situs Tes IQ Online Resmi & Gratis Indonesia | Dijamin Akurat!

10 Situs Tes IQ Online Resmi & Gratis Indonesia | Dijamin Akurat!

12 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Lightroom Android

12 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Lightroom Android

Cara Mengubah Warna FB Lite (Tema Facebook Lite) Terbaru 2020

Cara Mengubah Warna FB Lite (Tema Facebook Lite) Terbaru 2020

Download PPT Keren Gratis dan Terbaru 2020, Sudah Jadi & Bisa Diedit!

Download PPT Keren Gratis dan Terbaru 2020, Sudah Jadi & Bisa Diedit!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal