J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pentingkah Membeli Ponsel Dengan Megapixel Kamera yang Tinggi?

Pentingkah Membeli Ponsel Dengan Megapixel Kamera yang Tinggi?

Senin, 18 Jun 2018, 13:00 WIB
Apakah penting memilih smartphone dengan megapixel kamera yang tinggi? Yuk, baca terus artikel Jaka sampai selesai ya.

Kamera pada smartphone selalu menjadi perhatian, khususnya ketika ingin membeli smartphone baru. Sering kali ukuran megapixel kamera menjadi pertimbangan paling wahid ketika memilih smartphone. Para vendor pun berlomba-lomba merilis smartphone yang dibekali kamera dengan megapixel tinggi sehingga hal ini menciptakan persepsi di mana megapixel merupakan patokan utama menentukan kualitas kamera. Apakah benar?

Sering kali fitur kamera canggih selalu dikaitkan dengan megapixel yang tinggi. Hal ini wajar, mengingat pangsa pasar industri smartphone kebanyakan adalah anak muda yang notabene selalu ingin menunjukkan eksistensi diri. Namun, apakah penting memilih smartphone dengan megapixel kamera yang tinggi? Yuk, baca terus artikel Jaka sampai selesai ya.

BACA JUGA
  • HP Sejutaan Terbaik dengan Dual Kamera, Cuma Honor 7A!
  • 15 HP Kamera Terbaik di Dunia versi DxOMark, Hasil Foto Kelas Wahid!
  • 5 Kamera Harga 1 Jutaan Terbaik untuk Foto Saat Libur Lebaran

Pentingkah Membeli Ponsel Dengan Megapixel Kamera yang Tinggi?

Apa itu Pengertian Megapixel Pada Kamera?

Apa Itu Megapixel 1
Alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari megapixel pada kamera dan juga fungsi utamanya. Megapixel adalah gambar digital yang dibentuk oleh ribuan titik pixel. Salah satu fungsinya adalah menentukan seberapa besar ukuran foto apabila dicetak.

Bila menggunakan resolusi megapixel tinggi, maka foto tetap akan terlihat detail meski di-zoom hingga 100%. Hal ini tentu sangat diperlukan untuk kebutuhan cropping foto maupun dicetak untuk bidang yang luas seperti spanduk dan baliho.

Keuntungan Memiliki Kamera dengan Megapixel yang Tinggi

Megapixel Kamera Tinggi Ef6f1

Meski ukuran megapixel tidak menjadi yang paling utama untuk meningkatkan kualitas foto, terdapat beberapa keuntungan memiliki kamera dengan ukuran megapixel yang tinggi. Apa itu?

Seperti yang kita singgung sebelumnya bahwa keuntungan mempunyai megapixel yang tinggi adalah foto tetap akan memiliki detail yang baik meski di crop/zoom maupun dicetak pada ukuran yang besar. Jika diibaratkan megapixel seperti sebuah ember dan sensor adalah meja tempat ember didudukkan, maka untuk mendapatkan cahaya yang lebih baik diperlukan kombinasi yang seimbang antara ember dengan meja sebagai tempat dudukan.

Sehingga lensa yang bertugas menangkap cahaya untuk diteruskan ke sensor. Maka jika besarnya megapixel tidak diimbangi dengan sensor yang sesuai, cahaya yang masuk juga tidak akan maksimal. Lalu untuk apa menggunakan kamera dengan megapixel yang tinggi kalau kombinasi ini hanya akan menghasilkan foto yang banyak noise.

Faktanya, saat ini belum banyak lensa yang mampu mengimbangi tingginya ukuran megapixel. Alhasil, hasil foto pun tidak akan tajam maksimal karena lensa tidak mampu menangkap detil ketajaman megapixel yang tinggi. Jadi percuma memiliki megapixel tinggi jika tidak didukung oleh konfigurasi sensor dan lensa yang mumpuni.

Kesimpulannya?

Hasil foto yang bagus tidak dipengaruhi oleh ukuran megapixel yang tinggi karena terdapat faktor lain seperti lensa dan sensor yang memengaruhi kualitas foto secara keseluruhan. Fungsi megapixel sendiri sudah kita bahas di atas. Namun, ada tambahan sedikit bahwa semakin besar ukuran megapixel, maka akan menentukan besaran file foto tersebut sehingga diperlukan media penyimpanan eksternal untuk menampungnya.

Apa yang menentukan Kamera Bagus atau Tidak?

Faktor yang menentukan apakah kamera bagus atau tidak adalah terdapat pada lensa, sensor, dan diafragma atau bukaan (aperture).

Lensa dan Sensor

Apa Itu Megapixel 4
Lensa erat kaitannya dengan diameter. Semakin luas diameter, maka cahaya yang ditangkap akan semakin banyak. Nah diameter lensa pada smartphone lebih kecil dibandingkan kamera digital, pada smartphone hanya sekitar 2 mm sangat kecil dibandingkan kamera digital yang berkisar antara 10-50 mm.

Inilah alasan mengapa kualitas foto kamera digital bisa berbeda dengan smartphone meski sama-sama memiliki megapixel yang setara. Sehingga sensorlah dalam hal ini yang menentukan seberapa detail foto yang dihasilkan.

Diafragma atau Bukaan

Apa Itu Megapixel 5
Diafragma atau bukaan mengatur seberapa banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam sensor kamera. Diafragma pada smartphone juga memiliki ukuran bilangan yang semakin kecil angka bilangannya, maka semakin besar cahaya yang dapat masuk.

Oleh karena itu, dengan menggunakan bilangan diafragma yang kecil, kita tetap dapat menghasilkan foto yang detail meski kondisi pencahayaan buruk. Namun sayangnya, konfigurasi diafragma pada smartphone tidak bisa diubah layaknya kamera digital.

Akhir Kata

Pembahasan di atas cukup menyimpulkan bahwa ukuran megapixel bukanlah segalanya sehingga jika ditanya pentingkah membeli ponsel dengan kamera yang memiliki megapixel tinggi? Maka jawabannya tentu tidak penting. Hal ini karena kita harus melihat kemampuan lensa dan sensor tersebut apakah mampu untuk menangkap detail ketajaman dari megapixel yang tinggi.

Selain itu, sesuaikan juga dengan kebutuhanmu ya guys, kalau kamu foto hanya untuk share di sosial media, maka ukuran megapixel kamera 8MP sudah lebih dari cukup untuk kamu pertimbangkan. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Metal Gear Rising Revengeance Metal Gear Solid Rising Raiden 5f99d

5 Karakter Humanoid Paling Keren dan Canggih Sepanjang Sejarah Video Game

Fran F58b2

Saking Lakunya, 6 Franchise Ini Tidak Akan Berhenti Dirilis Sampai 100 Tahun ke Depan

Cara Mengatasi Hp Lemot C9807

Cara Mengatasi HP Android Lemot Hanya Dalam 5 Menit!

Cara Simpan Foto Instagram Bccff

3 Cara Simpan Foto Instagram TANPA Aplikasi Tambahan

Sephiroth1 Picsay 1 Afd61

7 Karakter Antagonis Paling Buruk yang Pernah Ada Dalam Sejarah Video Game

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Mobile Arena Icon
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Logid Icon
League Of Legends Indonesia Full Client 20150909
Games Garena
Vainglory Icon
Vainglory 2.0.2 (46378)
Games Super Evil Megacorp
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal