MSA di HP Xiaomi: Fungsi dan Cara Mematikannya

Default

Bagi kamu pengguna HP Xiaomi pastinya pernah menemukan sebuah aplikasi sistem bernama MSA. Pastinya kamu penasaran dan bingung, apa ini sebenarnya?

Apalagi, aplikasi sistem ini tidak tampil di home screen layaknya aplikasi lain, melainkan bekerja di background system.

Selain itu, MSA hanya beroperasi di semua smartphone milik Xiaomi. Handphone merek lain tidak memiliki sistem ini.

Lalu, apa itu MSA di Xiaomi? Buat kamu yang penasaran, silakan baca ulasan Jaka selengkapnya berikut!

Apa Itu MSA di HP Xiaomi?

Msa Xiaomi 1 Db6ae
Sumber foto: XiaomiToday.it

MSA merupakan singkatan dari MIUI System Ads. Sesuai namanya, sistem aplikasi ini berfungsi sebagai manajemen pengelolaan iklan yang ada di smartphone Xiaomi.

Kalau kamu sering melihat adanya iklan di deretan HP Xiaomi terbaik dan terbaru yang kamu miliki, maka sudah pasti semua itu gara-gara sistem MSA yang terpasang di ponselmu.

Iklan-iklan ini biasanya muncul melalui Push Notification atau bilah papan pemberitahuan.

Kalau kamu coba menge-tap pada iklan yang muncul, nantinya kamu akan diarahkan pada halaman browser bawaan Xiaomi. Setelah itu, browser akan langsung menampilkan konten iklan yang kamu tap tadi.

Apakah MSA Xiaomi Bisa Diuninstall?

Msa Xiaomi 2 6f803
Sumber foto: Android Central

Kemunculkan iklan di smartphone memang sering mengganggu aktivitas dan membuat bilah notifikasimu penuh. Lalu kira-kira bisa kah MSA ini diuninstall?

Sejauh ini, MSA pada Xiaomi tidak bisa diuninstall karena sudah tertanam dalam sistem aplikasi Xiaomi.

Ada beberapa situs yang menawarkan panduan uninstall MSA Xiaomi dengan root. Sayangnya, ketika Jaka coba tidak berhasil, malah menimbulkan error pada sistem. Lebih repot lagi, bukan?

Untungnya, kamu bisa mematikan sistem MSA di Xiaomi untuk sementara. Dengan begitu, kamu tidak perlu risau akan munculnya iklan-iklan yang mengganggu tanpa terlalu mengotak-atik sistem dasar.

Cara Mematikan MSA di HP Xiaomi

Msa Xiaomi 3 3b176

Setelah kamu memahami bahwa aplikasi MSA di Xiaomi tidak bisa diuninstal, Jaka akan mengajarimu panduan untuk menonaktifkan MSA secara singkat dan mudah.

Berikut panduan mematikan sistem aplikasi MSA di smartphone Xiaomi:

  1. Buka Pengaturan/Setelan, lalu pilih opsi Setelan tambahan.
  2. Pilih opsi Privasi.
  3. Tap menu Aplikasi dengan akses penggunaan.
  4. Tap aplikasi bertuliskan 'msa', lalu matikan 'Izinkan akses penggunaan'.

Selesai! Dengan mematikan MSA, sistem pengaturan iklan pada HP Xiaomi mu jadi tidak aktif, sehingga kamu tidak perlu lagi terganggu melihat banyaknya iklan yang muncul di bilah notifikasi.

Kalau kamu tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang sistem iklan di HP Android beserta cara mematikannya, silakan baca artikel Jaka yang berjudul Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Mengganggu.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan Jaka mengenai fitur MSA yang ada di Xiaomi.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kalian semua, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal