J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Anti Kecolongan! Ini 7 Modus Pencurian Smartphone yang Perlu Kamu Tahu

Anti Kecolongan! Ini 7 Modus Pencurian Smartphone yang Perlu Kamu Tahu

Selasa, 21 Nov 2017, 18:00 WIB
Pencuri smartphone kini punya banyak trik dan modus yang tergolong kreatif. Berikut ini 7 modus pencurian smartphone yang perlu kamu tahu.

Kehilangan smartphone kini bisa dikategorikan sebagai salah satu musibah. Pasalnya, benda yang satu ini memang penting banget dan sudah jadi salah satu benda primer buat manusia. Kehilangan smartphone apalagi karena dicuri orang lain pastinya terasa sangat menjengkelkan.

Ngomongin soal pencurian, para pencuri smartphone kini punya banyak trik dan modus yang tergolong kreatif. Lengah sedikit aja, kamu bisa jadi salah satu korban dan kehilangan smartphone kesayanganmu dalam sekejap. Untuk menambah kewaspadaan kamu, kali ini Jaka akan coba ulas sedikit mengenai modus pencurian smartphone.

Untuk kamu yang bepergian atau sedang berada di tempat umum, kamu perlu lebih waspada alias hati-hati agar gak jadi korban pencurian. Berikut ini Jaka ulas tujuh modus pencurian smartphone yang perlu kamu tahu.

BACA JUGA
  • 5 Tips Aman Menggunakan Android, 100% Anti Hack dan Malware!
  • Mode Pesawat Kurang Aman? Kenapa Smartphone Harus Dimatikan di Pesawat?
  • 7 Smartphone yang Paling Aman di Tahun 2017

7 Modus Pencurian Smartphone yang Perlu Kamu Tahu

1. Pengalih Perhatian (Nonverbal)

Modus Pencurian Smartphone 1

Modus yang pertama ini biasanya dilakukan oleh kelompok pencuri yang terdiri dari dua orang, tapi gak menutup kemungkinan untuk juga dilakukan oleh satu orang. Caranya adalah dengan mengalihkan perhatian si calon korban dengan membuat gerakkan aneh atau menjatuhkan suatu benda di depannya.

Saat perhatian si calon korban teralihkan, pencuri lainnya kemudian bergerak cepat mengambil smartphone yang sedang lepas dari pengawasan pemiliknya. Si calon korban pun kemudian resmi jadi si korban yang sudah kehilangan smartphonenya.

2. Pengalih Perhatian (Verbal)

Modus Pencurian Smartphone 2

Nyaris serupa dengan modus pertama, kali ini pencuri juga terlebih dulu mengalihkan perhatian calon korbannya. Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan interaksi langsung dengan si calon korban. Obrolan yang sifatnya mendesak seperti minta tolong untuk memegang sesuatu atau memberi tahu ada kotoran di rambut si calon korban.

Saat perhatiannya teralih, pencuri dengan cepat mengambil smartphone si korban tanpa disadari olehnya. Si pengalih perhatian juga langsung menghindar dan menghilang secepat mungkin tanpa si korban sempat berkata-kata.

3. Tangan Tersembunyi

Modus Pencurian Smartphone 3

Modus yang satu ini sering digunakan pencuri di tempat-tempat umum dengan tingkat keramaian yang tinggi. Banyaknya orang yang tengah berdesak-desakan biasanya dimanfaatkan pencuri menjalankan operasi yang satu ini.

Si pencuri akan menyembunyikan tangannya dengan benda-benda yang gak menarik perhatian seperti koran, jaket, tas, bahkan badan orang lain yang dekat dengan calon korban. Biasanya sulit buat kita menilai pencuri dengan jenis ini karena terlihat sangat membaur dengan orang lainnya. Bahkan, dia seringkali masih berada di sekitar korban meski si korban sudah menyadari smartphonenya hilang.

4. 'Usain Bolt'

Modus Pencurian Smartphone 4

Modus yang satu ini bisa dibilang yang paling malas dan miskin strategi. Entah lagi kepepet alias butuh uang banget, pencuri dengan jenis ini seperti hanya bermodal nekat untuk merampas paksa smartphone si korban, lalu lari dan kabur secepat mungkin.

Gak peduli berapa banyak orang yang mengejar, si pencuri akan berlari secepatnya, mungkin nyaris menyamai Usain Bolt (manusia tercepat di dunia) demi bisa lolos dari amukan masa dan demi membawa pulang smartphone incarannya. Pencuri yang nekat melakukan modus ini biasanya adalah pencuri yang yakin akan kemampuan larinya.

5. Senggolan dan Tabrakan Modus

Modus Pencurian Smartphone 5

Modus yang satu ini pasti sering kamu lihat di berbagai scene film atau sinetron. Si pencuri akan melakukan senggolan kecil atau tabrakan dengan intensitas cukup besar sesuai dengan kebutuhan saat itu. Dengan memanfaatkan kecepatan tangan, pencuri dalam sekejap mampu memanfaatkan momen sentuhan dengan si korban untuk merampas smartphonenya secara diam-diam.

6. Pencuri di Balik Pencuri

Modus Pencurian Smartphone 6

Modus yang satu ini tentunya harus dilakukan dengan dua orang pencuri. Seorang pencuri berperan sebagai pencuri yang seakan tertangkap tangan sedang melakukan aksinya. Setelah perhatian si korban dan masyarakat sekitar tertuju pada pencuri tersebut, rekan pencuri lainnya kemudian mengambil smartphone yang sebenarnya masih ada di pemiliknya.

Modus ini sebenarnya punya risiko cukup besar. Pencuri pertama bisa aja jadi korban bulan-bulanan masa. Maka biasanya yang menjadi pencuri pertama adalah tipe yang punya keterampilan melarikan diri di atas rata-rata.

7. Penunggu Tidur

Modus Pencurian Smartphone 7

Modus yang satu ini gak memerlukan banyak strategi atau taktik. Satu-satunya yang dibutuhkan hanyalah kesabaran. Di sebuah kendaraan umum seperti bis misalnya, pencuri akan memperhatikan dan menunggu si calon korban lengah, bahkan hingga tertidur. Jika hal itu terjadi, si pencuri kemudian akan bergerak cepat dan merampas smartphone milik si korban.

Akhir Kata

Itulah tujuh modus pencurian smartphone masa kini yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahui berbagai trik dan teknik para pencuri di atas, Jaka harap kamu bisa lebih waspada dan hati-hati dalam menjaga smartphone dan benda berharga lainnya. Anyway, kamu punya pengalaman kurang mengenakkan seperti pernah kecurian smartphone? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Cek File Aman Dari Virus

Waspada! Begini Cara Cek File Aman dari Virus Sebelum Di-download

Agar Tidak Dimata Matai Begini Cara Aman Berkomunikasi Di Android

Agar Tidak Dimata-matai, Begini Cara Aman Berkomunikasi di Android

Cara Menghapus History Browser

Cara Paling Aman Menghapus History Browser Chrome dan Firefox

Cara Browsing Dengan Aman Di Android

Cara Browsing Dengan Aman di Android, Pengguna Smartphone Wajib Tau!

Cara Aman Buka Deep Web Banner

Mau Buka Deep Web? Lakukan 4 Hal Ini Agar Aman!

APPS TERKAIT
Hide Pictures KeepSafe Vault Icon
KeepSafe 5.5.5
Apps KeepSafe
Locx Icon
LOCX App Lock Photo Safe Vault 2.2.9.991
Apps CY Security
Password Safe Icon
Password Safe 3.36
Apps Rony Saphiro
Smart Safe Sound Panic App Icon
Smart Safe & Sound Panic app 4.0
Apps SMARTS IKE
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Hal Mengerikan Yang Bisa Dilakukan Hacker Dengan Memanfaatkan Smartphone Milikmu

5 Hal Mengerikan Yang Bisa Dilakukan Hacker Dengan Memanfaatkan Smartphone Milikmu

5 Cara Mencuri Smartphone yang Sering Dipake Penjahat

5 Cara Mencuri Smartphone yang Sering Dipake Penjahat

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Hindari 5 Hal Ini, Smartphone Kamu Gak Akan Rusak Seumur Hidup

Hindari 5 Hal Ini, Smartphone Kamu Gak Akan Rusak Seumur Hidup

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal