J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone di Tahun 2018

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone di Tahun 2018

Kamis, 19 Apr 2018, 11:00 WIB
Kali ini Jaka akan membeli tips membeli smartphone baru di tahun 2018 ini. Simak yuk!

Bagi sebagian orang membeli smartphone di tahun 2018 amatlah sulit dan membingungkan. Sulit dan bingung karena ada begitu banyak pilihan smartphone di pasar. Dan banyak produsen yang menawarkan smartphone dengan harga dan spesifikasi yang menggiurkan.

Dengan keadaan tersebut para pembelipun harus sedikit memutar otak untuk memutuskan smartphone mana yang harus mereka beli. Tapi tenang saja, karena kali ini Jaka akan membeli tips membeli smartphone baru di tahun 2018 ini.

BACA JUGA
  • Biar Gak Dibohongi Penjual, Ini 5 Tips Memilih Kamera Smartphone yang Canggih
  • Masih Banyak yang Bingung, Ini Perbedaan Android One dan Android Go
  • 7 Smartphone Paling Pintar dengan Fitur Jempolan

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone di Tahun 2018

1. Memiliki Layar Dengan Aspek Rasio 18:9

1 B396d
Sumber foto: Sumber: hardwarezone.com.sg

Layar smartphone dengan aspek rasio 18:9 merupakan tren smartphone di tahun ini. Walaupun terlihat lebih luas, tetapi ukuran layar tersebut tidak memengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri. Justru dengan aspek rasio yang lebih luas akan menambah nilai estetika smartphone.

Perlu kamu tahu, saat ini smartphone dengan layar 18:9 memiliki nilai jual sangat tinggi, baik itu dari pasar global maupun pasar lokal. Masih bingung pilih smartphone 18:9 yang bagus? Kamu bisa lihat artikel satu ini, 5 Smartphone Murah dengan Rasio Layar 18:9 Harga Mulai 1 Jutaan.

2. Kapasitas Baterai Minimal 3.000 mAh

2 A4b17
Sumber foto: Sumber: mobilefun.co.uk

Dari tahun ke tahun, kebutuhan pengguna smartphone semakin meningkat dan hal tersebut harus diikuti oleh ketahanan baterai yang semakin baik. Begitu juga pada tahun 2018 ini, perkembangan aplikasi terutama game di tahun ini sungguh luar biasa.

Ada begitu banyak game yang tadinya hanya tersedia di PC, namun sekarang sudah tersedia di versi Android seperti GTA San Andreas, MOBA, Point Blank, PUBG dan masih banyak lagi. Memilih smartphone dengan baterai sebesar 3.000 mAh keatas tentu akan meningkatkan pengalamanmu saat bermain game.

3. Memiliki Fitur Dual Kamera

3 7e72d
Sumber foto: Sumber: androidpit.com

Sama seperti layar dengan aspek rasio 18:9, layar no bezel, fitur dual kamera pada smartphone merupakan standar baru di tahun 2018. Perlu kamu ketahui di sini, dual kamera yang ada di smartphone tidak bisa digunakan secara bersamaan dan menghasilkan 1 gambar, Tidak!

Biasanya dual kamera di smartphone memiliki fungsinya masing-masing. Di mana 1 kamera berfungsi sebagai kamera Telephoto (foto jarak jauh) dan satunya berfungsi sebagai kamera Wide (foto yang memiliki dimensi lebih luas).

4. Memiliki Minimal 64GB Internal Storage

4 450c6
Sumber foto: Sumber: androidcentral.com

Hampir sama seperti poin ke-2, kebutuhan akan memori di tahun 2018 ini sangat dibutuhkan. Selain menyimpan data pribadi, memori internal juga berfungsi untuk menyimpan data aplikasi dan game yang kian hari semakin besar saja. Memang betul, beberapa produsen smartphone memiliki opsi untuk memindah data aplikasi ke memori eksternal.

Tetapi fitur tersebut terasa kurang efektif, karena hanya sedikit data saja yang dipindah ke memori eksternal dan data utama masih berada di memori internal. Dengan memilih memori internal sebesar 64GB setidaknya kamu akan mendapatkan ruang sebesar 40GB untuk data aplikasi dan data pribadi.

5. Layar Dengan Resolusi 1080p (Full HD) atau Lebih

5 5e95d
Sumber foto: Sumber: androidcentral.com

Layar dengan resolusi 720p (HD) merupakan standar layar masa lalu. Mau tidak mau, perkembangan teknologi memaksa kita untuk memilih jenis layar yang lebih baik, ya setidaknya memenuhi standar yaitu 1080p (Full HD).

Selain mengikuti tren, smartphone dengan layar 1080p mempunyai pengalaman visual tersendiri. Gambar yang disajikan jauh lebih jernih dibanding resolusi 720p. Namun, kita tidak tahu kapan standar ini akan bertahan mengingat saat ini sudah banyak smartphone yang menawarkan resolusi 2K [(2960 X 1440) Galaxy S9].

6. RAM 4 GB Lebih Baik

6 D7986
Sumber foto: Sumber: techhive.com

Dengan munculnya beragam aplikasi yang semakin canggih dan berat, kapasitas RAM yang besar tentu sangat dibutuhkan. Karena RAM menjadi salah satu faktor yang menentukan kecepatan multitasking smartphone, semakin besar maka semakin lancar. Apalagi kalau kamu seorang yang sering memborbardir ponsel dengan beragam aplikasi yang ada.

7. Prosesor Quad-core atau Lebih

7 Dc4a7
Sumber foto: Sumber: majordroid.com

Dalam dunia prosesor semakin banyak inti (core), maka semakin cepat dan mulus untuk melakukan multi-tasking. Namun, tidak selamanya jumlah core menentukan kecepatan multi-tasking. Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah versi prosesor itu sendiri.

Pilihlah smartphone dengan prosesor versi terbaru, karena prosesor tersebut pasti memiliki teknologi yang lebih baik daripada prosesor versi lama.

Akhir Kata

Setiap tahun standar smartphone selalu berubah, semakin canggih teknologi yang ada di smartphone maka standarnya pun semakin tinggi. Jadi jangan bosan ya dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, hihi.

Sumber foto: Header: mashable.com

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Android Seru Desember 2018 39a51

30 Aplikasi Android Terbaik Desember 2018 | Paling Seru

8d3409a5856a8ec98f267fe28c732e65

5 Gadget Nyeleneh yang Menarik Banget Dicoba!

Banner Cara Hemat Kuota Streaming Video Youtube Hp Android

Cara Hemat Kuota Internet Saat Streaming YouTube di Android

9a90249ada35c84ff607fb9c48c8cfdc

5 Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang Mendadak di Smartphone

20180316 200425 82b78

5 Smartphone Anti Air Terbaik 2018

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Cpu Z Icon
CPU-Z for Android
Apps CPUID
Cooler Master Cpu Cooler Icon
Cooler Master CPU Cooler 3.6.0
Apps Cooler Dev Team
Logo Glgjing Batterymonitor Icon
Battery Monitor 5.7.3
Apps GLGJing
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal