7 Tips Foto Long Exposure Profesional dengan Kamera Smartphone

28 September 2017

Dalam mengambil sebuah foto tentu banyak trik yang dapat membuatnya semakin menarik, salah satunya long exposure alias garis cahaya. Nah untuk mengambil foto jenis ini biasanya dilakukan pada malam hari dan membuat tekniknya pun semakin tricky.

Yang jadi pertanyaan, apakah foto long exposure bisa diambil dengan kamera smartphone? Ya, tentu jawabannya bisa! Namun kamu perlu memperhatikan 7 tips foto long exposure profesional dengan kamera smartphone yang telah Jaka rangkum sebagai berikut.

7 Tips Foto Long Exposure Profesional dengan Kamera Smartphone

1. Siapkan Aplikasi Profesional

Siapkan Aplikasi Profesional

Tips foto long exposure dengan smartphone pertama kamu jangan lupa untuk menyiapkan aplikasi kamera profesional pada smartphone kamu. Kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi yang tersedia seperti Camera FV-5, AZ Camera - Manual Pro Cam, Footec Camera dan sebagainya.

Pastikan aplikasi kamera yang kamu unduh sudah memiliki mode manual ya! Namun, kalau kamu sudah memiliki smartphone dengan kamera mumpuni seperti iPhone 8 atau iPhone 8 Plus, tampaknya kamu bisa melewati langkah yang satu ini deh.

2. Tripod adalah Suatu Kewajiban

Tripod adalah Suatu Kewajiban

Pernyataan kalau tripod adalah suatu kewajiban memang 100 persen benar. Kalau kamu nggak mempersiapkan dari awal, dijamin hasil foto long exposure kamu bakal gagal guys. Karena mengambil foto long exposure membutuhkan waktu lama.

Jadi kamera nggak boleh goyang sedikipun loh. Selain tripod, kamu juga bisa menggunakan GorillaPod atau benda lain yang dapat membuat kondisi smartphone statis atau diam saat kamu mengambil foto ya.

3. Ubahlah Ke Mode Manual

Ubahlah Ke Mode Manual

Tips foto long exposure dengan smartphone selanjutnya jangan lupa mengubah mode kamera smartphone menjadi mode manual. Patut kamu ketahui juga, walaupun mode otomatis lebih mudah dan cepat digunakan, hal ini tentu nggak cocok banget digunakan untuk foto long exposure.

Di mode manual kamu dapat secara leluasa mengatur settingan kamera, mulai dari kecepatan shutter, bukaan lensa hingga ISO loh. Makanya sedari awal jangan lupa pastikan aplikasi kamera kamu sudah mendukung mode manual ya.

Cara Expert Menggunakan Mode Manual di Kamera Smartphone
Nih Cara Expert Mode Manual!
Cara Expert Menggunakan Mode Manual di Kamera Smartphone
Baca

4. Jangan Lupa Atur Shutter Speed, Aperture dan ISO

Jangan Lupa Atur Shutter Speed, Aperture dan ISO

Nah dalam mode manual, kamu jangan sampai lupa untuk mengatur shutter speed dan aperture. Shutter speed kamu dapat atur paling lambat hingga 30 detik atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan foto yang kamu inginkan. Aperture juga mengatur bukaan lensa untuk mengatur jumlah cahaya yang jatuh ke sensor guys.

Atur juga ISO tinggi untuk mendapatkan cahaya yang cukup. Atur pada angka 1600 atau 3200 untuk tetap mendapatkan detail yang jelas. Ingat juga ya, semakin tinggi ISO yang digunakan dapat menambah noise pada hasil foto loh.

5. Siapkan Pencahayaan Tambahan

Siapkan Pencahayaan Tambahan

Untuk mengatasi noise yang terjadi pada ISO tinggi, sebagai solusinya kamu dapat menggunakan pencahayaan tambahan guys. Kamu dapat menggunakan senter atau LED flash yang ada pada smartphone kamu ya!

Selain mengurangi noise yang dihasilkan pada ISO tinggi, pencahayaan tambahan juga dapat meningkatkan detail foto. Caranya dengan menembakkan cahaya ke tempat gelap dan kurang mendapatkan pencahayaan guys.

6. Jangan Menyerah! Coba Berulang Kali

Jangan Menyerah! Coba Berulang Kali

Melakukan foto long exposure menggunakan kamera DSLR dan mirrorless saja sudah susah-susah gampang, apalagi kamu yang hanya berbekal kamera smartphone. Intinya jangan menyerah dan cobalah berulang kali.

Pertama kali mungkin kamu masih kesulitan mengatur settingan manual kamera. Cobalah untuk mengotak-atiknya sedikit sampai mendapatkan hasil yang sempurna. Dan selalu ingatlah, practice makes perfect guys!

7. Percantik dengan Edit di Aplikasi

Percantik dengan Edit di Aplikasi

Terakhir jika sudah mendapatkan hasil foto yang sesuai keinginan, jangan lupa untuk dipercantik dengan memberikan sentuhan akhir pada program editing foto. Kamu bisa mengatur kecerahan, kontras, saturasi hingga menambahkan efek.

Banyak kok aplikasi gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengedit foto, misalnya Snapseed, VSCO Cam atau Adobe Lightroom. Editlah sampai sebagus mungkin dan jangan lupa di-share pada sosial media kamu ya!

45 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Oktober 2017
Aplikasi Editing Foto Terbaik September 2017
45 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Oktober 2017
Baca

Akhir Kata

Nah itulah 7 tips foto long exposure kamera smartphone. Nah mulai sekarang, jangan cuma memanfaatkan kamera smartphone buat narsis aja guys! Jika memang foto kamu bagus, bisa dijual juga loh ke depannya. Tips di atas semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Fotografi atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar