Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

Default

Kendaraan kini bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan primer manusia. Aktivitas sehari-hari yang menuntut kita untuk bisa mobile akan lebih terbantu jika memiliki kendaraan pribadi, minimal sepeda motor.

Memiliki sepeda motor alias motor tentu tak bisa lepas dari kewajiban membayar pajak. Kali ini, Jaka akan kasih tahu kamu bagaimana cara menghitung pajak motor dengan akurat.

BACA JUGA
  • Cara Membuat NPWP Online Termudah, Lengkap dengan Gambar!
  • Cara Mudah Cek Tagihan PDAM Online di PC dan HP, Praktis!
  • Cara Melihat Hasil Google Form dan Mencetaknya, Mudah Banget!

Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

Memiliki sepeda motor kini memang semakin mudah bahkan bagi masyarakat dengan penghasilan terbatas sekalipun. Pasalnya, berbagai kemudahan diberikan bagi para penyedia kredit motor dengan segala kemudahan proses sehingga banyak orang tertarik untuk membeli sepeda motor.

Cek Ktp Via Internet 9da62
Cek Data e-KTP Kamu di Sini!
Cara cek e-KTP online atau via internet ternyata mudah dilakukan! Ini caranya gar kamu tidak tertipu aplikasi cek KTP online palsu.
LIHAT ARTIKEL

Selain proses pembelian, membayar pajak dari sepeda motor sendiri sebenarnya juga kini semakin dimudahkan oleh pemerintah atau pihak terkait masalah pajak lho! Bahkan, kamu bisa mengetahui berapa total biaya yang harus kamu bayarkan untuk pajak dengan mudah. Untuk kamu yang belum tahu, berikut Jaka beri ulasan mengenai berbagai informasi pajak kendaraan bermotor, cara menghitung pajak hingga syarat-syarat yang harus kamu ketahui.

Info Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap

Sebelum tahu cara menghitungnya, kamu perlu ketahui terlebih dulu apa sih sebenarnya pajak kendaraan bermotor itu? Pajak motor sendiri termasuk dalam golongan pajak progresif yang mana adalah pajak yang tarif pemungutannya sesuai dengan persentase nilai objek pajak dan kuantitas dari objek pajak.

Info Pajak Kendaraan Bermotor 77439

Gampangnya, persentase nilai pajak ini akan bergantung sama nilai objek (si kendaraan itu sendiri) dan kuantitas alias jumlah dari si kendaraan. Sebagai tambahan, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tergabung bersama Pajak Penghasilan (PPh) sebagai dua jenis pajak yang masuk golongan progresif. Berikut ini tabel persentase tarif pajak progresif motor yang berlaku saat ini:

No. Urutan Kepemilikan Kendaraan Persentase Tarif Pajak
1 Motor Pertama 1,5%
2 Motor Kedua 2%
3 Motor Ketiga 2,5%
4 Motor Keempat dan Seterusnya 4%

Setelah mengetahui info pajak kendaraan bermotor di atas, selanjutnya kamu bisa mulai mempelajari cara menghitung pajak motor yang akurat. Ada dua hal yang menjadi dasar dari pengenaan pajak motor. Yang pertama adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yaitu nilai yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Kedua adalah bobot atau efek negatif yang merefleksikan tingkat kerusakan jalan yang diakibatkan kendaraan tersebut.

Ketahui cara lengkap menghitung pajak kendaraan bermotor lengkap beserta syarat-syaratnya di halaman selanjutnya..

Cara Menghitung Pajak Motor Mudah dan Akurat

Cara Menghitung Pajak Motor 478c4

Di halaman sebelumnya, kamu telah mengetahui persentase tarif pajak progresif sepeda motor yang berlaku pada saat ini. Persentase tersebut yang kemudian akan menjadi patokan kamu untuk menerapkan cara menghitung pajak motor secara tepat alias akurat. Untuk memudahkannya, Jaka akan menggunakan ilustrasi perhitungan sepeda motor milik Jaka sendiri. Berikut perhitungannya:

Jaka punya empat motor dengan tipe dan tahun yang sama. Dengan kata lain, pajak masing-masing motornya akan terhitung sama. Tapi ada yang membedakan ketika kita sudah mengetahui nilai PKB yang berlaku (misal: Rp 450.000). Lalu berapa nilai pajak setiap motor kepunyaan Jaka? Langkah pertama adalah cari tahu dulu nilai NJK.

Rumus -> NJK = PKB x 2/3 x 100 Artinya -> NJK = 450.000 x 2/3 x 100 = Rp 30.000.000

Pajak setiap motor milik Jaka adalah:

Motor 1: PKB = 30.000.000 x 1,5% = Rp 450.000

Motor 2: PKB = 30.000.000 x 2% = Rp 600.000

Motor 3: PKB = 30.000.000 x 2,5% = Rp 750.000

Motor 4: PKB = 30.000.000 x 4% = Rp 1.200.000

Syarat Pembayaran Pajak Motor

Kamu sudah mengetahui informasi dan cara melakukan penghitungan untuk mengetahui tarif pajak kendaraan bermotor kamu. Kini kamu perlu mengetahui berbagai syarat yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak sepeda motor. Secara umum, beberapa berkas yang wajib kamu siapkan untuk proses administrasi antara lain adalah KTP asli beserta fotokopi pemilik kendaraan, STNK asli dan fotokopi STNK, fotokopi lembar BPKB dan lengkapi formulir pengisian.

Tidak Bayar Pajak Motor? Ketahui Sanksinya di Aplikasi Ini!

Kamu sudah tahu dengan mudah bagaimana metode dan sistem penghitungan pajak untuk kendaraan bermotor, dalam hal ini sepeda motor yang kamu miliki. Jangan sekali-kali berpikir untuk mengabaikannya dengan cara tidak memenuhi kewajiban kamu membayar pajak karena ada sanksi hukum mulai dari denda dan pidana yang menanti kamu lho! Cek sanksi lengkapnya di aplikasi berikut ini.

Undang Undang Perpajakan Icon Icon
Undang-Undang Perpajakan varies with device
Apps local Mahoni Global, PT
DOWNLOAD

Akhir Kata

Itulah pembahasan Jaka mengenai cara menghitung pajak motor dengan mudah, lengkap dan akurat, serta tak ketinggalan info pajak kendaraan bermotor yang perlu kamu ketahui. Masih ingin jadi warga negara yang acuh tak acuh sama kewajiban membayar pajak? Malu deh, secara cara menghitungnya saja terbilang sangat mudah. Selamat menghitung!

Banner: Kompasiana

Baca juga artikel seputar Online atau tulisan dari Reynaldi Manasse lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 1b2f6
8 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik di Android | Cari Judul Lagu dengan Cepat dan Akurat!
Aplikasi Antivirus Android Be40a
10 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android + Gratis Link Download
Aplikasi Download Video E6144
15 Aplikasi Download Video Terbaik 2021 | Bisa Download dari Medsos!
Download Film Gratis 2019 Banner 4de70
7 Aplikasi Download Film Gratis di HP Android Terbaru 2019 | Ada Film Dewasa!
Aplikasi Stop Motion 5 Df30e
7 Aplikasi Stop Motion Android Paling Keren 2018
APPS TERKAIT
Motorplus Icon
MotorPlus 1.08
Apps Automotive Digital Media
Servis Motor Manual Icon
Servis Motor Manual 1.5
Apps RIFEL
Efiling Lapor Pajak 7d44e
e-Filing Lapor Pajak 2.3.3
Apps
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal