J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

              Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

              00
              Senin, 13 Agt 2018, 19:00 WIB
              Memiliki kendaraan seperti sepeda motor tak bisa lepas dari kewajiban membayar pajak. Dalam artikel ini, Jaka akan ulas mengenai informasi lengkap, syarat hingga cara menghitung pajak motor secara mudah dan akurat.

              Kendaraan kini bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan primer manusia. Aktivitas sehari-hari yang menuntut kita untuk bisa mobile akan lebih terbantu jika memiliki kendaraan pribadi, minimal sepeda motor.

              Memiliki sepeda motor alias motor tentu tak bisa lepas dari kewajiban membayar pajak. Kali ini, Jaka akan kasih tahu kamu bagaimana cara menghitung pajak motor dengan akurat.

              BACA JUGA
              • Cara Membuat NPWP Online | Termudah & Terlengkap
              • Cara Mudah Mengecek Tagihan PDAM Online Di PC dan Handphone
              • Cara Melihat Hasil Google Form dan Bagaimana Mencetaknya

              Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

              Memiliki sepeda motor kini memang semakin mudah bahkan bagi masyarakat dengan penghasilan terbatas sekalipun. Pasalnya, berbagai kemudahan diberikan bagi para penyedia kredit motor dengan segala kemudahan proses sehingga banyak orang tertarik untuk membeli sepeda motor.

              Cek Nik Ktp Online Banner Fe941
              Cek Data e-KTP Kamu di Sini!
              Kamu sudah punya E-KTP? Kalau sudah, harus tahu juga nih cara cek NIK KTP via internet resmi agar nggak ketipu aplikasi cek KTP online palsu (update 2019).
              LIHAT ARTIKEL

              Selain proses pembelian, membayar pajak dari sepeda motor sendiri sebenarnya juga kini semakin dimudahkan oleh pemerintah atau pihak terkait masalah pajak lho! Bahkan, kamu bisa mengetahui berapa total biaya yang harus kamu bayarkan untuk pajak dengan mudah. Untuk kamu yang belum tahu, berikut Jaka beri ulasan mengenai berbagai informasi pajak kendaraan bermotor, cara menghitung pajak hingga syarat-syarat yang harus kamu ketahui.

              Info Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap

              Sebelum tahu cara menghitungnya, kamu perlu ketahui terlebih dulu apa sih sebenarnya pajak kendaraan bermotor itu? Pajak motor sendiri termasuk dalam golongan pajak progresif yang mana adalah pajak yang tarif pemungutannya sesuai dengan persentase nilai objek pajak dan kuantitas dari objek pajak.

              Info Pajak Kendaraan Bermotor 77439

              Gampangnya, persentase nilai pajak ini akan bergantung sama nilai objek (si kendaraan itu sendiri) dan kuantitas alias jumlah dari si kendaraan. Sebagai tambahan, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tergabung bersama Pajak Penghasilan (PPh) sebagai dua jenis pajak yang masuk golongan progresif. Berikut ini tabel persentase tarif pajak progresif motor yang berlaku saat ini:

              No. Urutan Kepemilikan Kendaraan Persentase Tarif Pajak
              1 Motor Pertama 1,5%
              2 Motor Kedua 2%
              3 Motor Ketiga 2,5%
              4 Motor Keempat dan Seterusnya 4%

              Setelah mengetahui info pajak kendaraan bermotor di atas, selanjutnya kamu bisa mulai mempelajari cara menghitung pajak motor yang akurat. Ada dua hal yang menjadi dasar dari pengenaan pajak motor. Yang pertama adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yaitu nilai yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Kedua adalah bobot atau efek negatif yang merefleksikan tingkat kerusakan jalan yang diakibatkan kendaraan tersebut.

              Ketahui cara lengkap menghitung pajak kendaraan bermotor lengkap beserta syarat-syaratnya di halaman selanjutnya..

              Halaman Selanjutnya

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal