J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Gak Usah Panik! Ini 5 Cara Menghilangkan Mode Aman (Safe Mode) di HP Android

Gak Usah Panik! Ini 5 Cara Menghilangkan Mode Aman (Safe Mode) di HP Android

Minggu, 12 Apr 2020, 20:00 WIB
HP kamu terus-terusan masuk ke mode aman dan mengganggu aktivitas? Simak artikel berikut untuk mengetahui cara menghilangkan mode aman di HP Android

Sistem operasi Android yang berbasis open-source memungkinkan pengguna untuk mengutak-atik dan memodifikasinya. Makanya, banyak banget jasa root yang ditawarkan untuk pengguna Android.

Meskipun memudahkan, namun hal ini bikin sistem HP Android lebih cepat rusak, apalagi dengan root dan aplikasi riskan yang ter-install. Biasanya, sih, HP Android kamu bakal langsung masuk ke mode aman untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Dalam artikel ini, Jaka akan mencoba memberi tahu kamu beberapa cara menghilangkan mode aman di HP Android serta beberapa hal yang mungkin menyebabkan hal tersebut.

Apa Itu Mode Aman atau Safe Mode?

1 C1d51

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu mode aman. Secara garis besar, mode aman pada HP Android adalah sebuah mode yang membatasi HP Android kamu untuk menjalankan fungsi utama dan sistem dasar saja.

Mode aman atau safe mode dirancang sedemikian rupa untuk membantu proses trobleshooting, yakni melacak dan mendiagnosis kinerja sistem operasi Android di HP kamu.

Dengan kata lain, kamu nggak bisa menjalankan semua aplikasi pihak ketiga yang ter-install di HP-mu. Aplikasi tersebut bakal tersembunyi ketika HP kamu masuk ke dalam safe mode.

Nggak perlu khawatir kalau HP kamu masuk ke mode aman. Meskipun belum tentu ada kerusakan di HP-mu, namun mode aman menjadi penanda bahwa kamu harus lebih berhati-hati.

Penyebab HP Masuk ke Mode Aman

2 Ab458

Setelah memahami apa itu mode aman, kini Jaka mau kasih tahu kamu beberapa penyebab kenapa HP Android kamu masuk ke mode aman. Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami hal ini namun nggak tahu penyebabnya.

Biasanya, HP yang masuk ke mode aman bakal restart sendiri kemudian muncul tulisan Safe Mode di pojok bawah layar.

Sebenarnya, mode aman bisa kamu nyalakan secara manual. Nah, kalau HP kamu secara otomatis masuk ke dalam mode aman, berarti ada yang salah dengan sistem di HP-mu, geng.

HP yang masuk ke mode aman bisa berarti terdapat bug, virus, atau malfungsi aplikasi di HP kamu. Bisa juga, kamu nggak sengaja memencet tombol yang mengaktifkan mode aman.

Hal ini umum banget terjadi di HP Android yang sudah di-root. Makanya, kalau nggak penting-penting banget, mendingan nggak usah root HP kamu, geng. Sayang garansi.

Kalau kamu nggak sabar pengen tahu cara menghilangkan mode aman di HP Samsung atau di brand HP Android lainnya, langsung saja simak artikel berikut ya, geng!

Cara Menghilangkan Mode Aman/Safe Mode di HP Android

Cara menghilangkan safe mode atau mode aman di HP Android sebenarnya mudah, lho. Beberapa kali Jaka mengalami hal ini namun HP Jaka bisa kembali normal dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Selain itu, cara menghilangkan safe mode di seluruh brand HP Android cenderung sama, kok. Penasaran? Yuk, simak sama-sama!

1. Restart HP

3 45812
copyright Restart HP Android adalah cara menghilangkan safe mode paling mudah[/copyright]

Cara menghilangkan mode aman yang paling simpel adalah dengan me-restart HP Android kamu. Normalnya, mode aman bakal muncul sementara saja hingga isu-isu yang ada di HP-mu dapat terselesaikan.

Kalau kalian yakin bahwa nggak ada masalah dengan sistem HP-mu ataupun merasa nggak sengaja mengaktifkan mode aman di HP-mu, maka kamu bisa mencoba cara satu ini, geng.

Caranya juga mudah, kok. Kamu tinggal tekan dan tahan tombol power HP selama beberapa menit. Setelah itu, pilih opsi Restart atau Turn Off kemudian nyalakan lagi HP kamu.

2. Melepas Baterai

4 A61f1

Cara menghilangkan mode aman selanjutnya adalah dengan melepas baterai HP. Cara satu ini berguna banget untuk kamu yang memiliki HP lemot. Saking lemotnya, me-restar HP saja butuh beberapa menit.

Dengan melepas baterai, maka HP kamu akan langsung menghentikan segala proses dan HP akan mati seketika. Tunggu beberapa detik sebelum memasang kembali baterai HP-mu kemudian nyalakan kembali.

Sayangnya, HP zaman sekarang rata-rata sudah menggunakan baterai non-removable sehingga kamu nggak bisa mengikuti cara ini lagi. Namun kalau baterai kamu bisa dilepas, kamu bisa coba cara ini.

3. Menghapus Aplikasi yang Malfungsi

5 1cc3f

Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, salah satu penyebab kenapa HP Android-mu tiba-tiba masuk ke safe mode adalah karena aplikasi yang malfungsi, serta diperparah oleh root.

Cara mengatasinya sebenarnya mudah-mudah susah, geng. Kamu harus coba mengingat aplikasi atau hal terakhir apakah yang kamu lakukan di HP sebelum akhirnya HP-mu masuk ke safe mode.

Kalau kamu ingat, kamu bisa coba uninstall aplikasi tersebut atau unroot HP kamu. Jangan lupa restart kembali HP kamu untuk membersihkan proses di HP.

4. Menghapus Cache

6 Fe169

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan setelan aplikasi, browser, atau game. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses loading ketika kamu membuka aplikasi tersebut.

Nggak cuma bikin memori HP kamu jadi sering penuh, ternyata cache juga bisa jadi penyebab HP Android kamu tiba-tiba masuk ke mode aman secara otomatis.

Oleh karena itu, cara menghapus cache yang penuh bisa jadi cara menghilangkan mode aman yang susah hilang pada HP-mu. Caranya kamu tinggal buka Settings > Storage> Cached Data, lalu hapus semua cache kamu.

5. Factory Reset

7 86eb3

Cara menghilangkan mode aman terakhir apabila masalah ini nggak bisa terpecahkan dengan solusi di atas adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini cukup ampuh, terutama untuk HP yang penggunaannya sudah cukup lama.

Factory reset bakal me-reset semua data dan sistem HP-mu sehingga kembali ke kondisi awal menjadi seperti HP baru lagi. Hal ini diharapkan dapat mengatasi semua error di HP-mu.

Namun, factory reset bakal menghapus seluruh data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal HP. Jaka sarankan, simpa data-data pentingmu di tempat yang aman ya, geng.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara menghilangkan mode aman yang susah hilang di HP Android. Semoga artikel ini dapat mengatasi masalah kamu ya, geng.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang tersedia.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Ganti Huruf Instagram 43d6c

2 Cara Mengganti Font Instagram dengan Mudah| 100% Works!

Banner 9757a

3 Cara Mengganti Background Pas Foto Paling Mudah dan Efisien

Cara Mengganti Tema Whatsapp Tanpa Aplikasi 31ff2

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

Cara Mengganti Background Foto Keren Di Photoshop Banner 909b6

Cara Mengganti Background Foto di Photoshop Semua Versi, Cepat dan Gak Ribet!

Cara Mengganti Background Ppt 14887

Cara Mengganti Background PowerPoint di HP dan PC, Mudah & Cepat!

Cara Mengganti Default Bahasa Indonesia Di Android 5c2ce

Cara Mengganti Bahasa Default Menjadi Bahasa Indonesia di HP Android | Anti Ribet!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal