J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Kerusakan Smartphone Ini Mudah Terdeteksi, Perhatikan Tandanya Sebelum Makin Parah!

4 Kerusakan Smartphone Ini Mudah Terdeteksi, Perhatikan Tandanya Sebelum Makin Parah!

Jumat, 29 Sep 2017, 12:00 WIB
Ada 4 kerusakan umum pada smartphone yang bisa kamu deteksi dengan mudah loh. Mau tahu? Simak ulasan Jaka mengenai tanda-tanda smartphone rusak yang bisa dideteksi dengan mudah berikut ini!

Smartphone adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat pada masa ini. Setiap orang memiliki smartphone berbagai merek dan tipe. Walaupun smartphone sangat multifungsi dan bermanfaat, smartphone bukanlah barang yang sempurna. Smartphone juga bisa rusak.

Biasanya smartphone akan mengalami kerusakan di waktu yang tidak bisa ditebak. Sangat menyebalkan rasanya jika smartphone tidak bisa digunakan di saat-saat penting. Nah, bagaimana jika kamu bisa mendeteksi kerusakan smartphone kamu sendiri? Ada 4 kerusakan umum pada smartphone yang bisa kamu deteksi dengan mudah loh.

Mau tahu? Berikut tanda-tanda smartphone rusak yang bisa dideteksi** dengan mudah!

BACA JUGA
  • 5 Teknologi Canggih Ini Dijamin Akan Menggantikan Password Dan Fingerprint!
  • 7 Teknologi Canggih yang Sedang Dikembangkan Saat Ini, Akankah Manusia Tersingkir?
  • 5 Teknologi Canggih ini Bantu Kamu Melihat Apa yang Tak Terlihat

Tanda-tanda Smartphone Rusak

1. LCD

Fd90fc77b1f93433fada6662c197ebb7

Ciri-ciri smartphone rusak pertama ialah layar smartphone kamu tiba-tiba memiliki tanda titik hitam kecil dan jika ditinggal selama 2 hari, titik hitam berubah menjadi sebesar lingkaran ujung jempol? Atau smartphone tiba-tiba bergaris warna-warni? Atau layar smartphone kamu warnanya jadi tidak karuan, tapi kamu masih bisa menjalankan applikasi dan menelepon, bahkan mengambil gambar dengan normal. Sudah bisa dipastikan LCD smartphone kamu sudah rusak dan tidak bisa ditolong lagi.

Cara membuat smartphone kamu kembali normal adalah dengan mengganti LCD smartphone tersebut. Saran Jaka, bawalah ke tempat servis langganan kamu untuk menjalani penggantian LCD. Biasanya jika tempat servis kamu berada di lingkungan dekat toko sparepart handphone, hanya akan memakan waktu 1 atau 2 hari. Tapi, jika stok LCD Smartphone kosong pada semua toko, biasanya akan memakan waktu 1 minggu.

2. Touchscreen Atau Layar Sentuh

E12b475bcb6473a15ad1e9ac589e8f7a

Tanda smartphone rusak berikutnya, layar tiba-tiba tidak bisa mendeteksi gesture pergerakan dari ujung jari? Tidak bisa berfungsi menjalankan aplikasi, tapi tanpa tanda-tanda LCD rusak? Sudah bisa dipastikan touchscreen kamu sudah rusak. Kerusakan ini juga sudah tidak bisa ditolong lagi dan harus segera menjalani penggantian touchscreen.

Jika ada yang bilang, "Tapi tempat servis saya bilang LCD-nya harus diganti juga, katanya touchscree-nya yang rusak?", itu karena ada beberapa tipe smartphone yang LCD dan Touchscreen-nya dibuat menjadi 1 set dan tidak bisa dipisahkan. Jadi, mau tidak mau kamu harus ganti 1 set dengan LCD-nya. Untuk penggantian, biasanya memakan waktu 1 atau 2 hari dan paling lama 1 minggu atau lebih.

3. Conector Charger (Port USB) dan Baterai (Ada 2 kemungkinan)

12e5d2d7cbb6e4058f1908adc93d9518

Smartphone tidak bisa mengisi daya walaupun ditinggal dalam keadaan on-charge semalaman? Atau smartphone kamu mengalami penurunan daya sangat cepat? Ada 2 kemungkinan kerusakan yang kamu hadapi hadapi, yaitu kerusaskan port charger (conector) atau kerusakan baterai smartphone. Dua kerusakan ini dapat kamu deteksi dengan cukup mudah. Caranya:

  • Jika port charger rusak, cobalah pinjam baterai teman yang mempunyai tipe smartphone yang sama dengan kamu (dengan catatan baterai temanmu masih berfungsi baik). Jika tetap baterai tidak mengisi daya, maka bisa dipastikan port charger smartphone kamu yang rusak. Penggantian biasanya memakan waktu 1 hari atau 2 hari, bahkan paling cepat 1 atau 30 menit (tergantung persediaan sparepart tempat servis kamu).

  • Jika baterai smartphone rusak, cobalah pinjam baterai teman yang mempunyai tipe smartphone yang sama dengan kamu (dengan catatan baterai teman anda masih berfungsi baik). Jika baterai temanmu bisa mengisi daya, maka bisa dipastikan baterai smartphone kamu rusak. Penggantian biasanya memakan waktu 1 hari (kamu mungkin bisa membeli sendiri baterai baru di toko sparepart handphone).

  • Setelah menjalani penggantian port dan baterai, tapi tetap tidak bisa mengisi daya, maka IC smartphone kamu rusak. Tapi, biasanya tempat servis yang baik akan mengatakan padamu bahwa IC kamu sudah rusak setelah tempat service tersebut melakukan penggantian konektor atau baterai. Jika tempat servisnya tidak profesional, maka mereka hanya akan diam dan menawarkan smartphone tipe baru dan mengatakan smartphone kamu sudah tidak bisa tertolong lagi.

Jika smartphone kamu mempunyai tipe baterai tanam (built-in battery), saran Jaka jangan coba-coba membuka smartphone kamu. Jika kamu tidak profesional dalam hal membedah smartphone, segeralah bawa ke tempat servis yang menurutmu profesional.

4. Out speaker dan In speaker (speaker Atas Bawah)

5991ae53c2319353d828b4caeaa6a245

Smartphone kamu tidak bisa mengeluarkan suara? Kamu tidak bisa mendengar suara orang yang menelponmu? Orang di ujung sana tidak bisa mendengar suara kamu juga? Sudah dipastikan loudspeaker dan inner speaker kamu rusak. Maka, segeralah bawa smartphone ke tempat servisagar anda kembali dapat difungsikan secara normal. Prosesnya paling lama makan waktu selama 2 hari.

Nah, itu dia tanda-tanda smartphone rusak yang bisa dideteksi dengan mudah. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu punya ciri-ciri smartphone rusak lainnya? Silakan bagikan di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
Kemampuan Kita Hilang Akibat Teknologi Banner

12 Kemampuan Kita yang Hilang Akibat Teknologi Canggih

Fitur Canggih Di Smartphone Yang Tidak Terpakai 5

4 Teknologi Canggih di Smartphone Ini Jarang Dipakai, Kenapa?

Bitcoin

5 Aplikasi Penghasil Bitcoin Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya!

Aplikasi Penghasil Uang D41e6

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2020, Dijamin 100% Works

Aplikasi Android Terbaik April 2016

Tebak Gila?! 8 Aplikasi Android Ini Punya Fungsi Super Unik

Nintchdbpict000249574807

Awas, Hasil Foto Smartphone Selalu Jelek Karena 6 Hal Ini!

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kapan sih Waktu yang Paling Tepat untuk Ganti Smartphone Baru?

Kapan sih Waktu yang Paling Tepat untuk Ganti Smartphone Baru?

Awas! Ini 5 Tanda Smartphone Kamu Perlu Segera Diganti

Awas! Ini 5 Tanda Smartphone Kamu Perlu Segera Diganti

Smartphone Gak Bisa Dicas? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Smartphone Gak Bisa Dicas? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal