J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Ganti Password WiFi IndiHome Dengan PC & HP | Terbaru 2020!

Rabu, 9 Des 2020, 16:00 WIB
Cara mengganti password WiFi Indihome Fiber apapun merk modemnya. Wajib banget kamu tahu supaya gak dibobol orang!

Cara mengganti password WiFi IndiHome lewat HP dan PC sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Panduan ini penting buat kamu yang suka sebal dengan sinyal WiFi sering lemot tanpa sebab.

Walaupun begitu, kamu tetap harus waspada karena bisa jadi, WiFi mu sedang dibobol oleh orang-orang yang menggunakan aplikasi pembobol WiFi.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak selengkapnya cara ganti password WiFi IndiHome terbaru 2020 yang akan Jaka bahas lengkap di sini!

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome

Sebagai penyedia jasa internet dengan salah satu harga pasang WiFi paling mahal, pasti kalian nggak mau ada parasit yang menyedot bandwidth IndiHome kalian, geng!

Bisa jadi cara ini sangat menguntungkan buat pelaku, apalagi nggak perlu beli pulsa biar dapat kuota internetan. Namun yang pasti, merugikan buat kamu nih.

Tutorial cara mengganti password WiFi yang akan Jaka bahas di sini menggunakan router WiFi tipe ZTE F609 yang bentuknya seperti ini, geng.

Cara Ganti Password IndiHome 2020 Ba7a9

Kenapa begitu? Pasalnya, hingga saat ini merek dan model router ZTE F609 menjadi yang paling umum digunakan oleh pelanggan IndiHome Fiber di Indonesia, termasuk kamu.

Untuk kali ini juga, Jaka bakal memberikan tutorial cara ganti password WiFi IndiHome di laptop atau PC Windows dan juga HP Android kamu dengan mudah.

Makin penasaran bagaimana cara mengganti password WiFi IndiHome, kan? Mending langsung simak saja di sini, geng!

1. Cara Ganti Password WiFi IndiHome di Laptop atau PC

Pertama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara ganti sandi WiFi IndiHome di perangkat laptop atau PC yang terhubung, geng.

Di contoh ini, Jaka menggunakan laptop Lenovo untuk melakukan penggantian password.

Sebenarnya juga nggak terlalu masalah apapun merek laptop atau PC yang kamu gunakan, pasalnya kamu tetap bisa mengubah password WiFi IndoHome yang kamu gunakan.

Untuk langkah-langkahnya, ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini deh.

Langkah 1 - Hubungkan Laptop dengan Jaringan WiFi

  • Langkah paling awal tentu kamu wajib terhubung dengan jaringan WiFi IndiHome yang hendak kamu ganti password-nya. Masukkan password WiFi lama yang kamu pakai untuk terhubung.

  • Oh ya, kamu juga tetap bisa ganti password WiFi meskipun kamu terhubung melalui kabel LAN selama kamu terhubung langsung ke router yang bersangkutan, geng.

Langkah 2 - Buka Alamat http://192.168.1.1/

  • Buka aplikasi browser yang ada di PC atau laptop kamu, misalnya Google Chrome, lalu ketikkan alamat http://192.168.1.1/ pada address bar dan tekan Enter.

  • Jika sudah kamu akan diminta memasukkan username dan password dari akun user internet kamu.

  • Kalau kamu belum pernah mengaksesnya sama sekali dan mengganti akun user-nya, maka kamu tinggal isi dengan format sebagai berikut:

Format Isi
Username user
Password user
Cara Ganti Password Indihome Huawei Hg8245h Bd423

Note:

Pastikan kamu memasukkan username dan password menggunakan huruf kecil semua. Jika alamat di atas tidak bisa diakses, kamu juga bisa menggunakan http://192.168.1.254/ atau http://192.168.0.1/.

Langkah 3 - Pergi ke Halaman Network

  • Setelah kamu berhasil login, kamu tinggal pergi ke menu pengaturan yang umumnya berada di sebelah kiri.

  • Selanjutnya kamu tinggal pilih menu Network.

Cara Ganti Password IndiHome Zte F609 301ff

Langkah 4 - Ganti Password

  • Saat berada di menu Network, pastikan kamu memilih menu WLAN dan selanjutnya silakan kamu memilih sub-menu Security.

  • Lihat sebelah kanan dan kamu akan melihat beberapa kolom menu. Untuk cara ganti password WiFi IndiHome ZTE, kamu cukup fokus pada kolom WPA Passphrase.

  • Ketikkan password WiFi baru pada kolom WPA Passphrase dan kemudian pilih Submit untuk berganti password. Tunggu beberapa saat hingga proses cara mengganti password WiFi IndiHome Fiber selesai.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Fiberhome 98483

Note:

Jika kamu juga hendak mengganti nama WiFi, silakan pergi ke menu SSID Settings dan ganti nama WiFi IndiHome baru kamu pada kolom SSID Name > Submit.

2. Cara Ganti Password IndiHome Lewat HP

Repot kalau ganti password WiFi di laptop atau PC kamu? Jangan khawatir karena Jaka juga akan membahas cara mengganti password WiFi lewat HP, geng!

Cara melakukannya juga kurang lebih sama seperti saat kamu melakukannya di laptop dan PC, hanya saja sekarang kamu melakukannya di HP.

Untuk tutorial cara ganti password IndiHome di HP selengkapnya, cek di bawah ini deh!

Langkah 1 - Hubungkan HP dengan Jaringan WiFi

  • Sama seperti cara mengubah password WiFi di PC atau laptop, pertama kali kamu harus terhubung dengan jaringan WiFi IndiHome yang password-nya ingin diganti.
Cara Ganti Password IndiHome Nokia 7a7e2

Langkah 2 - Buka Alamat http://192.168.1.1/ dan Login

  • Buka aplikasi browser yang kamu miliki dan masukkan alamat http://192.168.1.1/ pada address bar dan tap Enter.

  • Setelah halaman login muncul, masukkan username dan password pada kolom yang tersedia sebagai berikut:

Format Isi
Username user
Password user
Cara Ganti Password Indihome ZTE 4K STB 8143a

Note:

Pastikan kamu memasukkan username dan password menggunakan huruf kecil semua. Jika alamat di atas tidak bisa diakses, kamu juga bisa menggunakan http://192.168.1.254/ atau http://192.168.0.1/.

Langkah 3 - Ganti Password WiFi

  • Kemudian masuk ke dalam menu Network > WLAN > Security dan kemudian ganti password baru WiFi kamu pada kolom WPA Passphrase.

  • Jangan lupa tekan Submit agar password baru tersimpan.

Cara Ganti Password IndiHome Alcatel Lucent Fa973

3. Cara Ganti Password WiFi Semua Merek Modem (ZTE, TP-Link, dan HUAWEI)

Sampai kapan pun penggunaan layanan Internet Service Provider (ISP) tentunya nggak bisa lepas dari yang namanya modem, ya, geng.

Dari sekian banyak merek router modem WiFi yang ada, beberapa di antaranya yang paling sering digunakan adalah ZTE, TP-Link, dan juga HUAWEI.

Nah, kalau kamu ingin tahu bagaimana cara mengganti password WiFi modem dari merek-merek tersebut, kamu bisa simak tutorial selengkapnya di bawah.

1. Cara Mengganti Password WiFi ZTE

Cara Ganti Password Wifi Indihome Fiberhome 900e2

Untuk kamu pengguna modem ZTE, cara mengubah password WiFi di merek modem ZTE sendiri sebenarnya sama saja untuk semua tipenya, geng.

Seperti misalnya cara ganti password WiFi ZTE F609 yang sudah Jaka jelaskan langkah-langkahnya di atas.

Di mana kamu hanya perlu mengunjungi alamat http://192.168.1.1/ lewat aplikasi browser, lalu masukkan username dan password untuk login.

Setelah itu, kamu masuk ke menu Network > WLAN > Security. Terakhir, kamu tinggal ganti password WiFi dibagian 'WPA Passphrase' dan jangan lupa tekan tombol 'Submit'.

Kalau kamu masih belum paham dengan penjelasan Jaka di sini, kamu bisa scroll ke atas untuk melihat langkah-langkah lengkap dengan fotonya.

2. Cara Mengganti Password WiFi TP-Link

Selain ZTE, TP-Link juga jadi merek modem WiFi lainnya yang cukup banyak digunakan orang-orang.

Nah, untuk cara mengubah password WiFi modem TP-Link pun caranya sama saja untuk semua tipenya, geng. Yang terpenting, pastikan kalau perangkat yang kamu gunakan sudah terhubung ke dalam jaringan modem WiFi tersebut, ya.

Jika sudah, kamu bisa simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini.

Langkah 1 - Kunjungi alamat IP 192.168.0.1 dan Login
  • Pertama-tama, kamu buka alamat IP 192.168.0.1 di aplikasi browser laptop atau HP untuk membuka laman konfigurasi modem TP-Link.

  • Setelah halaman login terbuka, kamu masukkan username dan password. Untuk settingan default, kamu bisa masukkan 'admin' (tanpa tanda petik) di kedua kolom tersebut.

Cara Ganti Password Wifi Tp Link 4c04f
Sumber foto: es-saga
  • Selain 'admin', kamu juga bisa coba masukkan user di kedua kolom tersebut jika cara sebelumnya nggak berhasil.
Langkah 2 - Masuk ke menu 'Wireless' dan ubah password
  • Jika proses login sudah berhasil, cara mengganti password WiFi berikutnya yang harus dilakukan yaitu pilih menu 'Wireless'.

  • Di halaman Wireless kemudian kamu pilih menu 'Wireless Security'. Selanjutnya, kamu tinggal ubah password WiFi di bagian 'Wireless Password'.

Cara Mengganti Password Wifi Tp Link 70107
Sumber foto: itnesia
Langkah 3 - Simpan perubahan
  • Setelah semua langkah tadi kamu lakukan, kemudian untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat kamu tinggal tekan tombol 'Apply'.

3. Cara Mengganti Password WiFi HUAWEI

Selain membuat sederet HP kamera terbaik, brand HUAWEI juga menyediakan produk router HUAWEI HG8245H5 yang digunakan oleh IndiHome, geng.

Tampilan router tersebut kurang lebih seperti yang terlihat di bawah dan router mana yang kalian dapat sepenuhnya ditentukan oleh pihak IndiHome.

Cara Mengganti Password WiFi Huawei 2d9a9

Untuk cara mengganti password WiFi IndiHome HUAWEI sendiri sebenarnya nggak jauh berbeda dengan cara mengganti password WiFi TP-Link atau ZTE yang sudah Jaka bahas sebelumnya.

Tapi kalau masih belum paham, kalian nggak usah khawatir. karena Jaka juga akan menjelaskan cara ganti password WiFi HUAWEI di sini secara detail!

Langkah 1 - Buka alamat http://192.168.100.1/ dan Login

  • Buka browser di PC atau HP kamu dan masukkan alamat http://192.168.100.1/ pada address bar dan klik/tap Enter.

  • Setelah halaman login muncul, masukkan username dan password berikut pada kolom yang tersedia di layar dan klik/tap tombol Log In.

Format Isi
Username Admin
Password admin
Cara Ganti Password IndiHome Terbaru 06866

Langkah 2 - Masuk ke layar pengaturan WiFi

  • Setelah berhasil mengakses router, klik/tap menu Advanced yang dilambangkan dengan ikon roda gigi.
Cara Ganti Password Indihome Huawei Hg8245h5 Becf9

Langkah 3 - Buka konfigurasi WiFi

  • Pilih menu WLAN dan plih WLAN Basic untuk membuka konfigurasi WiFi yang saat ini aktif.
Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Fiber 49e98

Langkah 4 - Ganti password WiFi

  • Geser layar ke bawah dan di kolom WPA PreShared Key, masukkan password WiFi IndiHome yang baru. Klik/tap tombol Apply ketika sudah selesai.
Cara Mengganti Password Wifi Indihome Fiberhome 9c447

Note:

Password WiFi IndiHome yang kamu gunakan harus terdiri dari minimal 8 karakter.

Sebelum kamu tahu cara menambah keamanan WiFi IndiHome, kamu juga bisa membuat internet IndiHome jadi lebih cepat dari sebelumnya dengan membaca artikel di bawah ini ya, geng.

Cats D2a09
DNS IndiHome Tercepat & Stabil 2020 | 100% Anti Lelet!
DNS Telkom (IndiHome & Speedy) tercepat dan stabil yang bisa kamu pakai di tahun 2020 ini. Bisa buat buka game online hingga Netflix!
LIHAT ARTIKEL

4. Cara Menambah Keamanan WiFi IndiHome Agar Tidak Dibobol

Selain dari cara mengubah password WiFi IndiHome, kamu juga harus mengetahui cara mengubah akses masuk ke router itu sendiri, geng.

Pada tutorial di atas, Jaka masih menggunakan password default dari router yang bersangkutan tapi sebenarnya password tersebut bisa diganti loh!

Hal ini sangat penting dalam menghindari ancaman hacker dan di sini, Jaka akan menggunakan router HUAWEI HG8245H5 sebagai contoh.

Langkah 1 - Buka alamat http://192.168.100.1/ dan Login

  • Buka browser di PC atau HP kamu dan masukkan alamat http://192.168.100.1/ pada address bar dan klik/tap Enter.

  • Setelah halaman login muncul, masukkan username dan password berikut pada kolom yang tersedia di layar dan klik/tap tombol Log In.

Format Isi
Username Admin
Password admin
Cara Ganti Password IndiHome Terbaru 06866

Langkah 2 - Masuk ke layar pengaturan WiFi

  • Setelah berhasil mengakses router, klik/tap menu Advanced yang dilambangkan dengan ikon roda gigi.
Cara Ganti Password Indihome Huawei Hg8245h5 Becf9

Langkah 3 - Ubah password akses router

  • Masuk ke menu System Management -> Account Management dan di kolom yang tersedia, masukkan password lama dan password baru yang ingin digunakan.
Cara Ganti Password IndiHome ZTE 425fa
  • Klik/tap tombol Apply berwarna biru jika sudah selesai.

Note:

Password baru yang ingin digunakan harus terdiri dari minimal 6 karakter dan harus mengandung 2 dari 3 ketentuan berikut: angka, huruf besar, huruf kecil, dan/atau karakter spesial.

Alasan Kenapa Kamu Wajib Ganti Password WiFi Sebulan Sekali

Walau terkesan sepele, nyatanya mengganti password WiFi secara berkala dapat membuat kamu terhindar dari beberapa problem, seperti:

1. Masalah Keamanan

Password dan username WiFi yang jarang diganti tentu bakal meningkatkan celah keamanan dari suatu jaringan internet yang kamu gunakan sehari-hari.

Bukan hanya pencurian jaringan internet saja, banyak orang yang menggunakan cara hack WiFi untuk mengambil data akun.

Yang mungkin saja lebih berbahaya dari apa yang kamu bayangkan nih!

2. Terhindar dari Jaringan Internet Lemot

Saat menggunakan jaringan WiFi kamu merasakan kecepatan internet yang lemot parah?

Bisa jadi gara-gara banyak orang yang terhubung ke jaringan dan memengaruhi kecepatannya, makanya kamu perlu buru-buru ganti password deh.

Soalnya bisa jadi orang-orang yang terhubung, bukanlah orang terdekat seperti keluarga maupun teman. Melainkan orang-orang sekitar yang terhubung secara ilegal loh.

Cara Mengubah Sandi Wifi 6b06c

Lalu berapa durasi minimal untuk kamu berganti password WiFi?

Berdasarkan pengalaman Jaka, kamu wajib berganti password WiFi minimal sebulan sekali untuk keamanan yang lebih maksimal.

Makanya, kamu wajib menghafal cara mengganti kata sandi WiFi di atas atau setidaknya bookmark halaman ini untuk kebutuhan di masa depan, geng!

Bonus: Rekomendasi Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik di HP Android

Internet kamu masih lemot setelah mencoba cara di atas? Memang belum lengkap kalau belum pakai beberapa aplikasi Android berikut.

Rekomendasi aplikasi penguat sinyal WiFi Android di bawah ini dijamin bakal ampuh mengatasi masalah kamu. Ada apa saja aplikasinya?

1. WiFi Manager

Pertama, ada WiFi Manager yang dikembangkan oleh developer bernama Screen Mirroring App Studio. Aplikasi ini sangat cocok untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi biar makin kencang.

Berbekal aplikasi ini pula, kamu dapat mengelola jaringan WiFi dan meningkatkan koneksi dengan radar kanal grafis.

Ukuran aplikasi ini juga terbilang kecil, cukup 4,9 MB saja, geng.

  • Developer: Screen Mirroring App Studio
  • OS Minimal: Android 4.1+
  • Ukuran: 4,9MB
  • Rating (Google Play): 3.5/5.0
Kelebihan Kekurangan
Meningkatkan kualitas jaringan WiFi secara signifikan Agak rumit digunakan untuk para pemula
Ukuran aplikasi tergolong sangat kecil Detektor WiFi kadang kesulitan saat membaca

Download aplikasi WiFi Manager di sini:

Wifi Manager Penguat Sinyal Penguat Sinyal Wifi Icon
WiFi Manager - Penguat Sinyal Wifi 4.1.9
Apps Utilities Kostya Vasilyev
DOWNLOAD

2. WiFi Doctor

Kemudian ada WiFi Doctor yang dirancang untuk mendeteksi jaringan, melindungi aktivitas internet, dan juga mempercepat koneksi jaringan kamu.

Cara kerjanya dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang sekaligus memeriksa keamanan WiFi dan meningkatkan jaringan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh PICOO Design dan memiliki ukuran yang tergolong sangat kecil, yakni sebesar 3,09 MB saja.

  • Developer: PICOO Design
  • OS Minimal: Android 4.1+
  • Ukuran: 5,6MB
  • Rating (Google Play): 4.4/5.0
Kelebihan Kekurangan
Fitur mengecek keamanan jaringan WiFi secara real-time Tidak kompatibel untuk beberapa jenis smartphone
Ukuran aplikasi tergolong sangat kecil -

Download aplikasi WiFi Doctor di sini:

Wifi Manager Penguat Sinyal Penguat Sinyal Wifi Icon
WiFi Doctor - Penguat Sinyal Wifi 4.0
Apps Utilities Esso Apps
DOWNLOAD

Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Lainnya...

Selain kedua aplikasi yang Jaka rekomendasikan di atas, masih ada rekomendasi lainnya yang patut buat kamu coba. Mau tahu apa saja? Baca selengkapnya di artikel berikut:

Aplikasi Penguat Sinyal Wifi Android Banner 756cc
7 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Di HP Android Terbaik 2020, Anti Lelet!
Sudah pakai WiFi tapi masih lelet? Yuk, percepat WiFi kamu dengan menggunakan rekomendasi aplikasi penguat sinyal WiFi Android terbaik 2020 kaya gini, nih!
LIHAT ARTIKEL

Ada pula beberapa tips jitu untuk memaksimalkan jaringan WiFi kamu yang bisa dibaca di sini: Rekomendasi Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik, Internetan Super Ngebut!

15 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah Dan Efektif Streaming Lancar Jaya 1b151
Auto Ngebut! Ini Dia Aplikasi Penguat Sinyal Wifi Terbaik Buat Internetan di Android
Pengen tahu cara menguatkan sinyal wifi yang lemot? Berikut adalah cara memperkuat sinyal WiFi paling manjur dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.
LIHAT ARTIKEL

Video: Internet Lemot? Begini 5 Cara Mudah Nan Jitu Mempercepat Koneksi WiFi

Akhir Kata

Nah, itulah dia cara ganti password WiFi IndiHome Fiber yang sangat mudah untuk kamu lakukan dan juga beberapa tips bermanfaat yang layak buat kamu coba.

Dengan harga paket internet IndiHome yang terhitung premium, jangan sampai WiFi kalian ditumpangi oleh parasit-parasit tidak bertanggung jawab, geng!

Silakan share artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips dan trik, serta berita terbaru seputar teknologi dari JalanTikus. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar WiFi atau artikel menarik lainnya dari Naufaludin Ismail.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengetahui Password Wifi Indihome E1e87
Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!
Cara Mengetahui Password Wifi Indihome E1e87
Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!
Paket Internet Indihome Unlimited 56cf2
Daftar Harga Paket Indihome Unlimited Februari 2019
Cara Cek Kuota Indihome 75f74
Cara Cek Kuota / FUP IndiHome Mudah Melalui Website, Awas Jangan Sampai Kelewat!
Untitled 2 Ddda1
5 Cara Bayar Tagihan IndiHome Terbaru 2020, Mudah dan Praktis!
Biaya Pasang Indihome 7e336
Murah! Ini Daftar Biaya Pasang Internet IndiHome Terlengkap 2018
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!
Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!
Cara Mudah Mengganti Password WiFi First Media, Terbaru 2020!
Cara Mudah Mengganti Password WiFi First Media, Terbaru 2020!
5 Cara Melihat Password WiFi yang Lupa di Android, Tanpa Root!
5 Cara Melihat Password WiFi yang Lupa di Android, Tanpa Root!
Cara Masuk WiFi Gratis Tanpa Password di HP Android, Gak Pake Ribet!
Cara Masuk WiFi Gratis Tanpa Password di HP Android, Gak Pake Ribet!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal