J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Memperbaiki LCD yang Rusak Karena Jatuh, Gak Perlu Servis!

Cara Memperbaiki LCD yang Rusak Karena Jatuh, Gak Perlu Servis!

Kamis, 1 Okt 2020, 13:30 WIB
Begini cara memperbaiki LCD yang rusak karena jatuh. Ada berbagai solusi untuk beragam kerusakan LCD, simak di sini!

LCD HP kamu rusak karena jatuh? Jangan panik, Jaka punya beberapa cara memperbaiki LCD yang rusak karena jatuh!

Buat kamu yang belum tahu, LCD adalah salah satu komponen yang penting dalam smartphone. Bila LCD rusak, maka penggunaan smartphone akan terganggu.

Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati saat menggunakan HP kita. Lebih baik lagi kalau kita memasangkan casing supaya HP lebih awet!

LCD Rusak Karena Jatuh? Begini Cara Memperbaikinya

LCD yang rusak tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan kamu saat menggunakan HP.

Tergantung jenis kerusakan, mulai dari layar yang dipenuhi pixel mati, hingga layar yang bergaris-garis pastinya akan membuat siapapun tidak betah menggunakan HP tersebut.

Kalau LCD-nya sudah terlanjur rusak karena ketidaksengajaan kamu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki LCD HP kamu.

1. Memperbaiki LCD Rusak Karena Baret

Cara Memperbaiki LCD Yang Rusak Karena Jatuh LCD Baret E9174

Biasanya untuk tipe kerusakan seperti ini disebabkan oleh kelalaian atau ketidaksengajaan pengguna. Misalnya tidak sengaja menjatuhkan HP dari kasur atau menaruh HP sembarangan di tas!

Untungnya, solusi untuk mengatasi LCD yang baret sangatlah mudah. Sebelumnya, sangat disarankan agar kamu memasang anti gores dan casing ke HP kamu untuk melindungi semua komponen HP kamu.

Bila LCD sudah terlanjur baret, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk memperbaikinya. Caranya kamu bisa mengoleskan pasta gigi ke atas permukaan LCD kamu lalu diamkan sebentar. Setelah itu, LCD bisa kembali mulus!

2. Cara Memperbaiki LCD Flickering

Cara Memperbaiki LCD Yang Rusak Karena Jatuh LCD Flickering 84987

LCD HP kamu sudah mulai muncul garis-garis yang bergerak? Tandanya LCD kamu perlu diperbaiki karena masalah flickering.

Memang flickering terhadap LCD tidak terlalu mempengaruhi penggunaan HP, tapi lama kelamaan rasanya bikin pusing!

Nonton video ataupun browsing internet juga jadi nggak nyaman karena layar kamu yang ada garis-garisnya. Solusinya adalah boot smartphone dalam mode aman.

Caranya mudah. Tekan dan tahan tombol daya HP sampai muncul opsi pop up safe mode. Setelah itu konfirmasi reboot ke safe mode dengan menekan tombol OK.

Solusi lainnya adalah menggunakan HP lain untuk mengaktifkan fitur anti-flicker. Buka kamera di HP lain, tekan pengaturan, lalu pilih fitur anti flickering.

Setelah itu, atur skala hingga 60 hertz. Bidik HP tersebut ke HP yang terkena flickering. Garis-garis flicker akan hilang!

3. Cara Memperbaiki LCD Dead Pixel

Cara Memperbaiki LCD Yang Rusak Karena Jatuh Dead Pixel 88be4

Dead pixel merupakan salah satu kerusakan LCD yang sangat mengganggu bagi pengguna. Layar HP menjadi bercak-bercak hitam, sehingga kita tidak dapat melihat layar kita seutuhnya!

Bila tidak segera diperbaiki, dead pixel akan menyebar sehingga layar kita menjadi tidak bisa dipakai. Namun, kamu bisa memperbaiki dead pixel dengan mudah dengan cara berikut.

  • Solusi pertama adalah untuk menggunakan aplikasi Pixel Fixer. Aplikasi ini bertujuan khusus untuk merangsang layar agar merespon warna dengan cara menggunakan spektrum cahaya dinamis.

  • Solusi kedua adalah melepas baterai, SIM card dan memory card untuk dimasukkan ke dalam wadah plastik bening dan ditutup rapat. Lalu, masukkan wadah tersebut ke freezer.

Keluarkan wadah tersebut setelah 6 sampai 8 jam. Tunggu hingga suhu normal, lalu lap semua perangkat dalam wadah hingga benar-benar kering

Pasang baterai, SIM card dan memory card kembali ke HP. Nyalakan HP untuk cek dead pixel. Sayangnya, metode ini hanya bisa mengurangi dead pixel, apabila sudah parah maka HP perlu diservis.

4. Cara Memperbaiki LCD Rusak Layar hitam

Cara Memperbaiki LCD Yang Rusak Karena Jatuh Black Screen Fabc4

Siapa yang nggak akan sport jantung kalau layar HP cuma bisa menunjukkan layar hitam total? Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki kerusakan macam ini.

  • Solusi pertama adalah untuk soft reset HP kamu. Caranya mudah, buka case HP kamu dan keluarkan baterainya, lalu masukkan kembali. Setelah itu nyalakan HP.

  • Solusi kedua adalah mengeluarkan SD card HP kamu. Buka case HP kamu dan keluarkan SD cardnya, lalu masukkan kembali. Lalu nyalakan HP.

  • Solusi ketiga adalah boot HP kamu dengan recovery mode lalu lakukan factory reset. Pertama kamu harus mematikan HPmu, lalu tekan tombol power dan volume up bersamaan.

Setelah HP kamu bergetar, tekan tombol volume up dan home. Setelah itu kamu akan melihat recovery menu, pilih opsi wipe cache partition. HP-mu akan reboot secara otomatis.

  • Solusi keempat adalah hard reset HP kamu. Opsi ini akan menghapus semua file di HP. Caranya tekan dan tahan tombol volume, home dan power hingga logo Android muncul.

Pilih opsi wipe data/factory reset menggunakan tombol volume, lalu tekan power untuk hapus semua data untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Kamu akan diminta untuk reboot HP, tekan tombol power untuk konfirmasi. HP kamu akan reboot secara otomatis.

Akhir Kata

Kamu tidak perlu panik dan langsung membawa HP kamu ke tempat servis apabila LCDnya rusak.

Ada banyak cara memperbaiki LCD yang rusak karena jatuh. Tergantung tipe dan tingkat kerusakan, kamu bisa mencoba cara-cara diatas untuk memperbaiki LCD.

Agar HP kamu bisa lebih awet lagi, sangat disarankan untuk memakai anti gores dan casing. Jadi kalau misalnya jatuh, HP kamu nggak bakalan langsung rusak!

Baca artikel mengenai Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Dicas | Simpel & Langsung Bisa!

7 Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Dicas | Simpel & Langsung Bisa!

Jangan Ganti HP! Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri + Deteksi Penyebabnya

Jangan Ganti HP! Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri + Deteksi Penyebabnya

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal