J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Gak Dicuri Melulu!

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Gak Dicuri Melulu!

Kamis, 24 Sep 2020, 07:00 WIB
Cara memblokir pengguna WiFi tak dikenal. Cocok buat pengguna IndiHome Fiber, IndiHome Huawei, TP Link, bahkan sampai WiFi tenda!

Karena makin majunya teknologi, kini banyak orang yang mencoba menggunakan WiFi kita diam-diam. Ini membuat kita harus tahu cara memblokir pengguna WiFi, supaya mereka nggak terus nyedot kuota internet kita.

Gak bisa dipungkiri, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia modern di era teknologi seperti sekarang.

Segala aktivitas kini bisa dilakukan melalui smartphone, asalkan terhubung dengan internet. Sayangnya, ada kondisi di mana seseorang gak memiliki koneksi alias miskin kuota.

Yang biasanya dilakukan orang adalah mencari WiFi, baik halal atau nggak halal. Apa nggak halalnya? Apalagi kalau bukan mencuri WiFi. Bahkan kini sudah banyak cara membobol dan mencuri koneksi WiFi, loh!

Kalau kamu nggak mau WiFi milikmu digunakan orang asing dan jadi lemot, berikut Jaka kasih tips gimana cara memblokir pengguna WiFi kamu tanpa izin.

Cara Memblokir Pencuri WiFi Lewat HP dan PC/Laptop

Cara Memblokir Pengguna Wifi

Gak mau kan koneksi internet kamu jadi lemot karena WiFi kamu dibobol dan digunakan orang asing tanpa izin?

Nggak cuma bikin lemot, WiFi juga seringkali dimanfaatkan hacker jahat untuk mencuri data pribadimu. Pokoknya ngeri banget, deh!

Nah, pas banget, geng. Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu beberapa cara blokir pengguna WiFi alias memblokir pencuri yang mengambil jaringanmu tanpa izin.

Check it out!

Cara Memblokir Pengguna WiFi di HP Android

Pertama-tama, Jaka mau kasih tahu kamu cara memblokir perangkat yang terhubung ke WiFi lewat aplikasi Block WiFi Freeloader yang bisa kamu download secara gratis di HP Android mu.

  • Langkah 1: Download dan instal aplikasi Block WiFi Freeloader lewat tautan yang Jaka berikan di bawah ini:

2a2b746e 6465 492a 8c79 895578846ea4 B5bdf

  • Langkah 2: Pastikan perangkat Android kamu terhubung dengan WiFi kamu. Buka aplikasinya, otomatis akan muncul nama WiFi kamu berserta perangkat mana saja yang menggunakannya. Kamu bisa melakukan Rescan untuk memastikan lagi seluruh penggunanya.
Cara Memblokir Pengguna Wifi 2
  • Langkah 3: Kamu bisa mengubah status perangkat-perangkat tersebut. "Known" untuk perangkat yang kamu kenal (mungkin keluarga atau temanmu). Jika menemukan perangkat asing yang gak kamu ketahui, langsung saja ubah statusnya menjadi "Stranger".
Cara Memblokir Pengguna Wifi 3
  • Langkah 4: Masuk ke Router Manager > Pilih Block untuk memblokir perangkat tersebut dari jaringan WiFi kamu. Perangkat tersebut sudah gak bisa lagi terhubung dengan WiFi kamu.
Cara Memblokir Pengguna Wifi 4

Cara Memblokir Pengguna WiFi di PC/Laptop

Cara memblokir WiFi selanjutnya bakal sedikit lebih ribet. Namun, cara ini diklaim lebih ampuh untuk memblokir secara permanen.

Secara garis besar, panduan cara blokir pengguna WiFi di bawah ini, baik itu IndiHome, Firstmedia, dan sebagainya sama persis seperti Cara Membatasi Pengguna WiFi yang bisa kamu baca berikut ini.

Untitled 1 Ca095
Cara Membatasi Pengguna WiFi IndiHome | Biar Nggak Seenaknya Dipakai!
Cara membatasi pengguna WiFi IndiHome, lengkap dengan cara membatasi kecepatan WiFi biar nggak seenaknya dipakai orang lain.
LIHAT ARTIKEL

Cara memblokir WiFi lewat PC berikut ini bisa kamu lakukan juga di HP, namun, kamu butuh 1 aplikasi yang aktif di smartphone, yaitu WiFi Thief Detector. Aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi device yang terkoneksi di WiFi-mu dan menampilkan informasi secara lengkap mengenai device tersebut.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini!

  • Langkah 1: Download dan install aplikasi WiFi Thief Detector yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store. Kamu juga bisa download langsung melalui link di bawah ini:

2a2b746e 6465 492a 8c79 895578846ea4 B5bdf

  • Langkah 2: Buka dan jalankan aplikasi seperti biasa. Klik pada Let's Start pada halaman utama aplikasi untuk memulai scanning device yang tersambung ke WiFi-mu.

  • Langkah 3: Tunggu sebentar hingga proses scanning selesai. Klik Device Details untuk mengetahui perangkat yang tersambung ke koneksi WiFi-mu.

1 1ee50
  • Langkah 4: Klik pada device tak dikenal yang muncul. Karena nggak ada device lain yang tersambung dengan WiFi, maka Jaka akan memberi contoh dengan device Jaka (Xiaomi).

  • Langkah 5: Informasi device tersebut bakal terlihat. Catat MAC Address device tersebut agar bisa diblokir.

3 44d48

Gampang banget bukan? MAC Address di atas bakal jadi kunci paling penting buatmu bisa memblokir pengguna WiFi asing yang nakal.

Cara Memblokir Pengguna WiFi IndiHome

Saat ini banyak orang yang menggunakan WiFi IndiHome, baik itu Fiber, Huawei, hingga ZTE F609. Gak heran inilah yang jadi sasaran pencuri WiFi, apalagi mengingat daftar harga terbaru IndiHome tergolong cukup pricy.

Dalam artikel ini, Jaka hanya akan menjelaskan panduan cara memblokir pengguna WiFi IndiHome Fiber, mengingat ini yang paling banyak dipakai oleh para penggunanya. Tanpa perlu lama-lama, berikut panduannya!

  • Langkah 1: Nyalakan PC, kemudian buka aplikasi browser favoritmu. Pastikan PC-mu terhubung dengan WiFi ya, geng.

  • Langkah 2: Pada address bar, ketikkan alamat IP-mu. Rata-rata, sih, di Indonesia menggunakan 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Kalau kamu nggak tahu IP Address-mu, gunakan Command Prompt ya, geng.

  • Langkah 3: Kamu bakal masuk ke halaman konfigurasi modem. Tampilan halaman ini bakal berbeda tergantung merk modem yang kamu gunakan. Masukkan "admin" (default) pada kolom username dan password.

5 Ae9f9
  • Langkah 4: Setelah berhasil login, masuk pada tab Security di bagian atas. Kemudian pilih MAC Filtering pada kolom yang ada di sebelah kiri.

  • Langkah 5: Aktifkan MAC Filtering Enable, dan pilih Blacklist pada opsi MAC Filtering Blacklist/Whitelist.

6 5e1a6
  • Langkah 6: Pada tabel MAC Address Filtering, pilih Add. Masukkan MAC Address dari device yang kamu catat sebelumnya.

  • Langkah 7: Pada kolom Start Time, masukkan 0 dan 0. Sementara pada kolom End Time, masukkan 24 dan 0. Pilih opsi Disable, kalau sudah, pilih Apply

7 7d64c

Hal ini bakal bikin pemilik MAC Address tersebut terblokir selama 24 jam alias nggak bisa mengakses WiFi kamu sama sekali. WiFi kamu bakal aman dari pencuri, deh!

Akhir Kata

Itulah cara memblokir pengguna WiFi kamu tanpa izin dengan menggunakan aplikasi di HP Android dan lewat konfigurasi modem di PC.

Kini, kamu gak perlu takut koneksi internet kamu lemot atau jaringan WiFi kamu dibobol dan digunakan sembarang orang. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar WiFi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 34 9c0f0

Cara Bobol Password WiFi di HP Android Tanpa Root, Internetan Gratis!

Aplikasi Bobol Wifi 0462f

10 Aplikasi Bobol WiFi Terbaik Android 2020 | Akses Internet Gratis!

Cara Membobol Wifi Tanpa Aplikasi Di Hp Laptop Banner F6174

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi, Ketahui Password Cepat dan Mudah!

Cara Mengetahui Password Wifi Dengan Cmd Terbaru 2020 Banner 9b2c2

Cara Mengetahui Password WiFi dengan CMD (Command Prompt), 100% Works!

Cara Mengetahui Password Wifi Indihome E1e87

Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android 876ef

Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Android & PC, Anti Lemot!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Menggunakan WiFi Master Key Terbaru, Bisa Internetan Gratis!

Cara Menggunakan WiFi Master Key Terbaru, Bisa Internetan Gratis!

Cara Membobol WiFi di HP Android dengan Cepat & Tanpa Root

Cara Membobol WiFi di HP Android dengan Cepat & Tanpa Root

10 Cara Menyambungkan WiFi yang Tidak Bisa Terhubung, Works 100%!

10 Cara Menyambungkan WiFi yang Tidak Bisa Terhubung, Works 100%!

2 Cara Membobol Password WiFi di HP Android Tanpa Root, Internetan Gratis!

2 Cara Membobol Password WiFi di HP Android Tanpa Root, Internetan Gratis!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal