Nggak Usah Ngetik! Gini Cara Convert Audio ke Text Dengan Windows

10 January 2017

Karena kesibukan yang semakin padat, terkadang mungkin kita kelelahan saat menghadiri sebuah meeting ataupun kelas kuliah. Pada akhirnya solusinya adalah dengan merekam pembicaraan yang terjadi, lalu mendengarkannya kembali setelah kita selesai beristirahat.

Namun terkadang karena suatu kondisi, terpaksa kita harus merangkumnya dengan menulis ulang pada selembar kertas. Hal ini tentunya cukup melelahkan. Nah untuk itu, mengapa tidak coba ikuti cara Jaka saja? Karena Jaka kali ini akan membuat artikel mengenai cara convert audio ke text dengan windows!

Ini Dia Cara Convert Audio ke Text Dengan Windows

Pernah ingin membuat sebuah lirik lagu? Kalau lagunya hanya satu saja sih mudah ya. Bagaimana kalau satu album, atau dua album, pasti cukup melelahkan. Nah untuk itu bagaimana kalau kamu mencoba cara Jaka berikut, yaitu convert audio ke text. Berikut Jaka jabarkan langkah-langkahnya.

Convert Audio ke Text dengan Windows

Sebelum memulai, Jaka akan memberi tahu konsepnya terlebih dahulu. Di sini Jaka mempergunakan dua buah aplikasi, yaitu Web Speech API Google dan Virtual Audio Cable.

Web Speech API Google adalah sebuah aplikasi yang mampu mengubah suara dari microphone (yang didengar) menjadi sebuah text. Sementara Virtual Audio Cable adalah sebuah aplikasi yang mampu mengirimkan suara dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Konsepnya sederhana. Di sini Jaka akan memutar sebuah aplikasi pemutar suara, lalu mengirimkan suara tersebut melalui Virtual Audio Cable menuju aplikasi Web Speech API Google.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1

Mulailah dengan men-download aplikasi bernama Virtual Audio Cable, jika sudah segera instal.

Klik untuk download Virtual Audio Cable

Langkah 2

Jika sudah lihat toolbar di pojok kanan bawah, klik kanan pada "Speaker", lalu klik "Playback Device".

foto-jalantikus-audiototext1ok

Jika sudah, klik kanan pada "Line 1", lalu klik "Set as Default Device".

foto-jalantikus-audiototext2ok

Langkah 3

Tujulah aplikasi pemutar suara apa saja, baik itu Windows Media Player atau YouTube atau apa pun. Jalankan pemutar musik tersebut, nantinya suara pada speaker kamu tidak akan keluar. Ini tidak masalah, karena memang seperti itulah aplikasi Virtual Audio Cable bekerja.

Lalu tujulah halaman situs Web Speech API Google, lalu klik pada gambar "Microphone". Selesai, kurang lebih hasilnya seperti gambar di bawah ini.

foto-jalantikus-audiototext3ok

Nah, itulah dia artikel Jaka mengenai cara convert audio ke text dengan Windows. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Banner: Pixabay

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar