J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Cek NIK KTP Elektronik (E-KTP) Online via Internet | Awas Aplikasi Palsu!

              Cara Cek NIK KTP Elektronik (E-KTP) Online via Internet | Awas Aplikasi Palsu!

              00
              Selasa, 6 Agt 2019, 13:30 WIB
              Kamu sudah punya E-KTP? Kalau sudah, harus tahu juga nih cara cek NIK KTP via internet resmi agar nggak ketipu aplikasi cek KTP online palsu (update 2019).

              Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia minimal 17 tahun, Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah hal wajib.

              Hal ini juga berlaku bagi Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) dan sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah/telah menikah, geng.

              Nah, apakah kamu sudah punya E-KTP? Kalau belum, berarti kamu harus bergegas mengurusnya. Pasalnya, E-KTP saat ini sudah digunakan sebagai syarat administrasi dan pendataan, loh.

              Pada tulisan kali ini, Jaka bakal kasih tahu bagaimana cara cek NIK KTP alias nomor KTP secara online via internet! Penasaran?

              Apa itu E-KTP/KTP Elektronik?

              KTP adalah kepanjangan dari Kartu Tanda Penduduk. Sejak dirancang tahun 2009, Warga Negara Indonesia (WNI) khususnya diimbau untuk mengganti KTP lamanya menjadi E-KTP alias electronic-KTP.

              Pada awal penerapannya, E-KTP dimulai dari empat kota besar di Indonesia, yakni Padang, Makasar, Yogyakarta, dan Denpasar. Dinilai sukses, E-KTP akhirnya diberlakukan secara nasional, geng.

              Cek Nik Ktp Online 848bb

              Banyak hal yang melatarbelakangi mengapa pemerintah meminta kita pindah ke E-KTP, salah satunya adalah banyaknya temuan kasus KTP ganda yang beredar dan digunakan untuk hal-hal negatif, seperti:

              • Menghindari pembayaran pajak;
              • Menyembunyikan identitas diri, contohnya para pelaku kriminal yang masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO);
              • Mengamankan tindakan korupsi atau bentuk kejahatan lainnya.

              Dengan adanya E-KTP, diharapkan kegelisahan masyarakat bisa mereda karena sekarang semua informasi tersimpan secara digital sehingga susah untuk dimanipulasi.

              Sebenarnya, permasalahan ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang tertulis sebagai berikut:

              Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup untuk warga negara Indonesia dan untuk warga asing disesuaikan dengan masa berlaku izin tinggal tetap.

              Cek Nik Online F103c

              Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada E-KTP akan dijadikan sebagai dasar pembuatan dokumen-dokumen lainnya.

              Beberapa di antaranya seperti pembuatan atau perpanjangan paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), hingga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

              Tidak hanya itu, melalui Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 pemerintah ingin mengatur tentang beberapa hal yang berkaitan dengan E-KTP, seperti:

              • KTP berbasis NIK memuat kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi dan validasi data jati diri penduduk.
              • Rekaman elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berisi biodata, tanda tangan, pas foto, dan sidik jari tangan penduduk yang bersangkutan.
              • Rekaman seluruh sidik jari tangan penduduk disimpan dalam basis data kependudukan.
              • Pengambilan seluruh sidik jari tangan penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan pada saat pengajuan permohonan KTP berbasis NIK, dengan ketentuan: Untuk WNI, dilakukan di kecamatan; dan untuk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap dilakukan di instansi pelaksana.
              • Rekaman sidik jari tangan penduduk yang dimuat dalam KTP berbasis NIK sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berisi sidik jari telunjuk tangan kiri dan jari telunjuk tangan kanan penduduk yang bersangkutan.
              • Rekaman seluruh sidik jari tangan penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
              • Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara perekaman sidik jari diatur oleh Peraturan Menteri.
              Cara Registrasi Kartu Sim B5acf
              Cara Registrasi Kartu SIM Semua Operator (Update 2019)
              SIM Card tidak bisa dipakai kalau belum didaftarkan. Simak cara registrasi kartu Telkomsel, XL, Indosat, 3, dan Smartfren, baik via SMS atau online di internet.
              LIHAT ARTIKEL

              Kelebihan E-KTP

              E-KTP ternyata tidak hanya berfungsi sebagai identitas diri saja, geng. Dengan sifatnya yang berlaku di seluruh Indonesia, kamu bisa menggunakan KTP-el untuk berbagai aktivitas, seperti membuat rekening bank dan lainnya.

              E-KTP yang terintegrasi langsung dengan database kependudukan milik Kementerian Dalam Negeri Pusat tentu akan meningkatkan tingkat akurasi data kependudukan. Kira-kira begini sistemnya!

              Kelebihan Ektp Online 8b2cd

              Selain itu, E-KTP yang kita miliki diklaim lebih canggih dari kartu kependudukan yang dimiliki oleh Tiongkok dan India. Alasannya, E-KTP kita dilengkapi dengan biometrik dan chip sekaligus.

              Dari segi keamanan, E-KTP juga susah untuk dipalsukan dan digandakan. Ya, walaupun pada beberapa kasus masih ditemukan E-KTP palsu ataupun ganda.

              Ketika melakukan pendaftaran, kesepuluh sidik jari tanganmu akan direkam oleh petugas. Akan tetapi, hanya sidik jari jempol dan telunjuk kanan yang akan dimasukkan datanya ke dalam chip.

              Kenapa di E-KTP menggunakan sidik jari? Setidaknya ada tiga alasan sebagai berikut, geng.

              • Dibandingkan biometrik lainnya, menggunakan sidik jari lebih murah,
              • Bentuk sidik jari tidak akan berubah meskipun orang tersebut mengalami luka di jari, dan
              • Tidak ada sidik jari yang sama di dunia ini.

              Perbedaan E-KTP dan KTP

              Sebenarnya, apa, sih, beda KTP biasa tipe lama dengan KTP elektronik (KTP-el)? Ada beberapa hal sih, geng. Namun selengkapnya Jaka udah rangkum pada di tabel bawah ini, ya!

              KTP Versi Lama KTP Elektronik (E-KTP)
              Tidak mampu menyimpan data. Mampu menyimpan data.
              Tidak memiliki chip. Memiliki chip.
              Masa berlaku terbatas (umumnya selama 5 tahun) Masa berlaku seumur hidup
              Bahan terbuat dari plastik atau kertas yang dilaminating Bahan terbuat dari PETG (Polyethylene Terephthalate)

              Syarat & Prosedur Pembuatan E-KTP

              Nah, sebelum melakukan pendaftaran, tentu kamu harus tahu dong apa saja persyaratan dan prosedur membuat E-KTP? Dilansir dari situs e-ktp.com, Jaka akan kasih kamu secara lengkap nih, geng!

              Syarat Pendaftaran E-KTP

              1. Berusia 17 tahun.
              2. Menunjukkan surat pengantar dari kepala desa/kelurahan.
              3. Mengisi formulir F1.01 (bagi penduduk yang belum pernah mengisi/belum ada data di sistem informasi administrasi kependudukan) ditandatangani oleh kepala desa/kelurahan.
              4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK),

              Prosedur Pembuatan E-KTP

              1. Pemohon datang ke tempat pelayanan membawa surat panggilan.
              2. Pemohon menunggu pemanggilan nomor antrean.
              3. Pemohon menuju ke loket yang telah ditentukan.
              4. Petugas melakukan verifikasi data penduduk dengan basis data.
              5. Petugas mengambil foto pemohon secara langsung.
              6. Pemohon membubuhkan tanda tangan pada alat perekam tanda tangan.
              7. Selanjutnya dilakukan perekaman sidik jari dan pemindaian retina mata.
              8. Petugas membubuhkan tanda tangan dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai bukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto, tanda tangan, dan sidik jari.
              9. Pemohon dipersilahkan pulang untuk menunggu hasil proses pencetakan 2 minggu setelah pembuatan.

              Apa Itu NIK & Bagaimana Cara Membaca NIK?

              Ketika akan mengecek KTP online, kamu diharuskan memasukkan NIK. Apa itu NIK?

              NIK adalah kepanjangan dari Nomor Induk Kependudukan di mana nomor tersebut bersifat unik dan tunggal.

              Artinya, NIK yang kamu miliki tidak mungkin sama dengan NIK yang dimiliki oleh orang lain. NIK terdiri dari 16 digit angka yang dirumuskan seperti pada contoh di bawah ini:

              Contoh Ktp Elektronik 63c73
              • 13 merupakan Kode Provinisi
              • 71 merupakan Kode Kabupaten atau Kotamadya
              • 01 merupakan Kode Kecamatan
              • 69 merupakan Tanggal Lahir (khusus perempuan ditambah +40)
              • 02 merupakan Bulan Lahir
              • 57 merupakan Tahun Lahir
              • 005 merupakan Nomor Registrasi Kependudukan

              Jadi, bisa disimpulkan bahwa 6 digit pertama menunjukkan di mana E-KTP dibuat. Untuk 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir pemilik E-KTP dan 4 digit angka terakhir adalah nomor registrasi kependudukan.

              Tetapi ada pengecualian nih, geng. Untuk jenis kelamin perempuan, tanggal lahirnya akan ditambah dengan 40. Misalnya orang tersebut lahir tanggal 13 April 1997, maka dalam KTP-el akan tertulis "530497" loh.

              Kumpulan Cara Cek NIK KTP Online via Internet

              Nah, buat kamu yang ingin memastikan kebenaran dan mengawasi siapa tahu ada kesalahan informasi pada data kamu yang tersimpan secara online, kamu juga bisa mengecek KTP-el sendiri kok.

              Berikut Jaka kasih tahu langkah demi langkah untuk melakukan cara cek NIK E-KTP online yang bisa kamu lakukan via situs atau bahkan melalui smartphone untuk lebih praktisnya.

              Cara Cek NIK KTP Online Lewat Aplikasi Mobile

              Memang mudah untuk melakukan berbagai hal langsung dalam genggaman tangan, termasuk untuk cek data KTP elektronik online menggunakan aplikasi mobile baik di Android maupun iOS, kan?

              Namun sayangnya cara ini merupakan cara tidak resmi alias berisiko terhadap pencurian data, geng. Hal ini pun sudah pernah diingatkan oleh Kemendagri sejak 2016 lalu, loh.

              Cek Ktp Online Via Internet E318b

              Dilansir dari laman resminya, Kemendagri menegaskan tidak pernah membuat aplikasi Cek KTP, Cek NIK, atau sejenisnya yang berpeluang besar disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggug jawab.

              Bahkan dalam cuitannya di akun Twitter, KEMENDAGRI (@Kemendagri_RI) menegaskan kalau Kemendagri tidak pernah membuat aplikasi CEK NIK.

              Untuk mengecek KTP-el, masyarakat diimbau untuk mendatangi langsung Dinas Dukcapil terdekat.

              Cara Cek Data NIK KTP Online Lewat Situs Resmi Kemendagri

              Jika metode dengan menggunakan aplikasi mobile tidak bisa dilakukan, ada cara cek NIK KTP Elektronik lainnya, kok.

              Salah satunya melalui situs resmi yang disediakan oleh pemerintah, khususnya Kemendagri dan jajarannya, geng.

              Namun sayangnya, jika dulu kamu bisa mengecek melalui laman http://dukcapil.kemendagri.go.id/, cara ini sudah tidak berfungsi lagi dan tampaknya sudah ditutup secara resmi.

              Tapi tenang, kamu juga bisa menggunakan situs Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Daerah untuk mengeceknya. Namun yang jelas nggak semua daerah menyediakannya.

              Cek Ktp Online Via Situs Pemerintah Da0bd

              Misalnya saja, buat kamu yang ber-KTP dan berdomisili di Kota Tangerang Selatan, kamu bisa mengunjungi laman https://disdukcapil.tangerangselatankota.go.id/web/cek_nik untuk mengecek status NIK secara online.

              Untuk menemukannya kamu tinggal masukkan kata kunci pencarian di browser, "cek nik ktp (nama daerah kamu)" dan pastikan kamu membuka situs resmi pemerintahan dengan domain .go.id, ya!

              Cara Cek NIK KTP Offline (Alternatif)

              Cek Nik Ktp Offline C038b

              Seperti rekomendasi Kemendagri di atas, diimbau untuk mendatangi langsung Dinas Dukcapil terdekat untuk melakukan pengecekan KTP elektronik.

              Di sini, kamu bisa cek NIK KTP offline dengan menggunakan mesin card reader E-KTP khusus yang akan membaca chip yang ada di dalam kartu, geng.

              Kendala Pembuatan E-KTP Hingga Saat Ini

              Menurut Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, semestinya masyarakat Indonesia sudah menggunakan E-KTP sejak 1 Januari 2015.

              Namun, batas akhir perekaman data diundur sampai 30 September 2016 atau dengan kata lain sudah lewat sejak tiga tahun yang lalu.

              Kembali lagi, proses ini sempat dibuat kacau oleh kasus korupsi yang melibatkan para petinggi atau perwakilan rakyat.

              Kendala E Ktp
              Sumber foto: Beritagar

              Sekadar catatan, dari 182,5 juta penduduk Indonesia yang wajib memperoleh E-KTP, ada sekitar 22 juta yang belum merekam data untuk membuat E-KTP, loh. Angka yang fantastis, ya?

              Sementara (data terakhir) E-KTP yang sudah dicetak sampai Juli 2016 ada 156,1 juta lembar.

              Bonus: Kalau Kamu Tidak Punya E-KTP, Apa Saja Sanksinya?

              Bila sampai tanggal tersebut kamu belum melakukan perekaman, maka data kamu akan diblokir.

              Akibat pemblokiran data, kamu akan mengalami berbagai kesulitan mengakses layanan publik berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

              Sanksi Tidak Punya E Ktp

              Mereka akan kesulitan mengurus surat-surat penting seperti surat nikah, surat izin mengemudi (SIM), BPJS, izin usaha, pendidikan, izin mendirikan bangunan, perbankan, dan lainnya.

              Gawat juga, ya, kalau sampai nggak bisa nikah. Kamu tentunya nggak mau kalau hal itu sampai kejadian, dong?

              Akhir Kata

              Nah, itulah dia ulasan mengenai cara cek NIK KTP elektronik yang bisa kamu lakukan dengan aman, keuntungan maupun kendala dalam pembuatannya, geng.

              Oh ya, Jaka ingatkan sekali lagi kalau data NIK itu sangat penting dan harus dijaga kerahasiaannya. Jangan sampai disalahgunakan oleh pihak lain, ya.

              Selamat mencoba dan terus berhati-hati intinya deh!

              Baca juga artikel seputar Cek KTP Online atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal