J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Hindari Hal Berikut Ini Jika Ingin Baterai Smartphone Awet Selamanya!

Rabu, 23 Agt 2017, 15:30 WIB
Jika kamu ingin baterai smartphone awet, sebaiknya hindari beberapa hal berikut yang menjadi faktor rusaknya kualitas baterai.

Sebagai pengguna smartphone, kita terkadang mengeluhkan sejumlah spesifikasi smartphone yang tidak sesuai keinginan. Performa yang tidak optimal, kamera yang kurang bagus, layar yang buram, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan pengguna smartphone adalah daya tahan baterai yang terkadang berumur pendek dan cepat rusak. Hal ini tentu saja membuat kepuasaan pengguna dalam menggunakan smartphone menjadi berkurang.

Tahukah kamu? Baterai smartphone yang berumur pendek dan cepat rusak tidak semata-mata disebabkan oleh kurangnya kualitas produk smartphone yang kita pakai, tetapi bisa jadi disebabkan oleh penggunaan yang salah. Jika kamu ingin baterai smartphone awet, sebaiknya hindari beberapa hal berikut yang menjadi faktor rusaknya kualitas baterai. Ingin tahu ulasan lebih lengkap? Simak yuk!

BACA JUGA
  • Tips Hemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi
  • 5 Trik Untuk Menghemat Baterai Asus Zenfone Tanpa Aplikasi Tambahan

Hindari Hal Berikut Ini Jika Ingin Baterai Smartphone Awet Selamanya!

1. Waktu Pengecasan yang Tidak Optimal

8e49e709948471ac069c5324bdbf6f13

Kebanyakan orang mengira bahwa mengisi daya baterai sebelum tidur dan mencabutnya keesokan harinya akan membuat baterai penuh dan bertahan lama. Namun, cara ini nyatanya justru membuat kualitas baterai berkurang. Hal ini disebabkan oleh lamanya waktu pengecasan yang mengakibatkan baterai terus terdesak oleh daya yang seharusnya sudah cukup terpenuhi. Charging smartphone semalaman bisa menyebabkan baterai kembung dan ketahanan baterai semakin menurun.

Selain itu, waktu pengecasan yang terlalu cepat juga dapat memperburuk kualitas baterai. Usahakan untuk tidak mencabut charger jika belum mencapai 100% agar kualitas beterai tetap terjaga.

2. Penggunaan Charger yang Salah

774bd2f78cf724048e78b44b6190aefc

Pernahkah kamu suatu hari keluar rumah dan membutuhkan charger untuk mengisi daya ponsel, tetapi tidak membawanya bersamamu? Atau kamu mungkin pernah mengalami charger rusak dan membutuhkan charger lain. Jika demikian, maka berhati-hatilah memilih charger pengganti. Jangan sampai menggunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone karena hal ini bisa menyebabkan baterai kembung dan rusak. Jika memang terpaksa menggunakan charger pengganti, maka usahakan memilih charger dengan merek yang sama dengan smartphone kamu.

3. Menggunakan Ponsel Saat Sedang Di-Charge

04644b55937a67c5a4933db81c3ac801

Kebanyakan orang sering menyepelekan hal ini. Ketika sedang sangat membutuhkan smartphone, sementara baterainya dalam kondisi hampir habis, banyak dari kita yang memaksa menggunakannya sambil di-charge. Padahal, hal ini sangat berbahaya, tidak hanya bagi baterai, tapi juga bagi kita sendiri. Sudah banyak kasus yang terjadi akibat menggunakan ponsel saat sedang di-charge seperti ponsel meledak hingga melukai penggunanya. Sebaiknya hindari hal ini untuk keselamatan baterai dan diri anda sendiri ya!

4. Menggunakan Ponsel Pada Suhu Panas

32199e0982dd16bd3d83a5633438f1ff

Bagi kamu yang gemar menggunakan ponsel dengan koneksi data terhubung atau sering bermain game sampai ponsel terasa panas, maka sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Karena, penggunaan ponsel pada saat suhu panas akan merusak daya dan memperpendek umur baterai. Hal ini disebabkan temperatur yang semakin tinggi dapat membuat baterai perlahan-lahan mengembung dan mengalami kerusakan. Jadi, saat suhu ponsel terasa panas, ada baiknya diamkan dahulu sampai suhunya turun dan kembali pada kondisi optimal.

5. Menginstal Aplikasi Berbahaya

509fe3414d9d4bfa913c8489e7fa37d1

Untuk menghindari kemungkinan baterai Android rusak, kamu perlu mewaspadai aplikasi-aplikasi yang tidak jelas keamanannya. Sebaiknya, teliti sebelum menginstal aplikasi di smartphone karena bisa saja aplikasi tersebut membawa dampak buruk bagi ketahanan daya baterai. Usahakan pula untuk tidak terlalu banyak menginstal aplikasi, pastikan ROM tersisa sekitar 50% agar kinerja smartphone dan ketahanan baterai tetap prima.

Itulah 5 hal yang perlu kamu hindari jika ingin baterai smartphone tetap awet. Bagaimana menurut kamu? Apa kamu punya pendapat lain? Silakan bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Cabut Baterai Banner

Haruskah Saya Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?

Haruskah Cabut Charger Banner

Haruskah Saya Mencabut Charger HP Ketika Tidak Digunakan?

Penanganan Baterai Non Removable Banner

5 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Biar Lebih Awet

Bolehkah Nge Charge Smartphone Dengan Charger Smartphone Lain Banner 1

Bolehkah Nge-Charge Smartphone dengan Charger Smartphone Lain?

Mitos Baterai

8 Mitos Baterai HP Android yang Kamu Percaya Padahal Salah (Part 1)

APPS TERKAIT
Battery Calibration
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
Avast Battery Saver Icon Icon
Avast Battery Saver 1.0.861
Apps Avast Software
Greenify Icon
Greenify
Apps Oasis Feng
Baterrybooster Icon
Battery Booster Lite 7.2.3.9
Apps
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak

Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak

8 Mitos Umum Tentang Baterai Smartphone, Padahal Salah!

8 Mitos Umum Tentang Baterai Smartphone, Padahal Salah!

4 Masalah Smartphone Non-Removable Baterai dan Cara Penyelesaiannya

4 Masalah Smartphone Non-Removable Baterai dan Cara Penyelesaiannya

Cara Merawat Smartphone Non-Removable Battery

Cara Merawat Smartphone Non-Removable Battery

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal