7 Aplikasi Video Call Terbaik 2022 HP & Desktop, Tatap Muka Jarak Jauh Tak Masalah!

Default

Aplikasi video call adalah layanan yang saat ini penting dimiliki setiap orang untuk bisa melakukan komunikasi tatap muka jarak jauh. Kehadiran aplikasi ini sangat membantu kita untuk merasa lebih dekat dengan lawan bicara.

Penggunaan layanan ini sendiri memang menunjang berbagai kebutuhan komunikasi seperti untuk wawancara pekerjaan, meeting online bersama rekan kerja, hingga sekadar melepas rindu dengan sahabat, keluarga, atau pasangan.

Saat ini, ada banyak platform video call atau panggilan video yang bisa digunakan baik di perangkat desktop maupun smartphone. Banyak di antaranya yang bahkan adalah dari fitur dari media sosial.

Ingin tahu apa saja aplikasi video call terbaik gratis untuk PC dan smartphone? Simak daftarnya yang bisa kamu dapatkan di bawah ini!

1. Google Meet

Google Meet
Sumber foto: Google Play - Aplikasi Video Call Terbaik

Google Meet adalah aplikasi video call yang mendukung urusan teleconference seperti rapat online, belajar daring, dan sejenisnya. Sesuai namanya, layanan komunikasi video ini dikembangkan oleh Google.

Menariknya, Google Meet sendiri adalah hasil leburan dari layanan Meet dan Duo. Google memang memutuskan untuk meleburnya agar lebih efisien kerena kedua layanan ini memiliki fungsi yang hampir sama.

Aplikasi video call Android ini menawakan fitur tanpa bayar alias gratis yang memiliki kemampuan menampung lebih dari 100 lebih peserta. Google Meet sendiri bisa digunakan pada perangkat smartphone dan dekstop.

Detail Google Meet
Developer Google LLC
OS Minimal Bervariasi sesuai perangkat
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Rating (Google Play) 4.6/5.0

>>> Video Call via Google Meet di smartphone <<<

>>> Video Call via Google Meet di PC/laptop <<<

2. Zoom

Zoom
Sumber foto: Google Play - Aplikasi Video Call Terbaik

Zoom adalah aplikasi teleconference yang mulai populer saat pandemi. Aplikasi ini biasanya diandalkan untuk mengadakan meeting, webinar, belajar online, pelatihan, dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi video call kualitas gambar terbaik ini memiliki fitur yang dirancang khusus untuk teleconference. Mulai dari fitur share screen, record screen, breakout room, QnA, dan sistem keamanan lebih baik.

Zoom kompatibel untuk seluruh sistem operasi Windows, Mac, iOS, dan Android sehingga fleksibel digunakan. Aplikasi ini juga menyediakan opsi berlangganan dengan fitur premium seperti sesi waktu tak terbatas dan jumlah peserta lebih banyak.

Detail Zoom
Developer zoom.us
OS Minimal Bervariasi sesuai perangkat
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Rating (Google Play) 4.3/5.0

>>> Video Call via Zoom di smartphone <<<

>>> Video Call via Zoom di PC/laptop <<<

3. Skype

Skype
Sumber foto: Google Play - Aplikasi Video Call Terbaik

Skype adalah layanan komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung melalui obrolan video dan panggilan suara dengan komputer, tablet, smartphone, Xbox One, hingga smartwatch.

Salah satu aplikasi video call PC terbaik ini juga menyediakan fitur pesan instan untuk mengirim pesan teks, foto, video, dokumen, hingga reactions. Pengguna bisa melakukan video conference (grup) dengan jumlah maksimal 50 anggota.

Skype dibekali dengan kualitas VoIP yang diklaim lebih baik dibanding versi pendahulunya. Pengguna juga dapat melakukan meeting dari perangkat apa pun, mulai dari web, desktop, Mac, smartphone, dan lainnya.

Detail Skype
Developer Skype
OS Minimal Bervariasi sesuai perangkat
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Rating (Google Play) 4.1/5.0

>>> Video Call via Skype di smartphone <<<

>>> Video Call via Skype di PC/laptop <<<

4. Discord

Discord
Sumber foto: Google Play - Aplikasi Video Call Terbaik

Discord adalah aplikasi atau layanan yang terkenal di kalangan gamer yang memungkinkan para pengguna untuk bisa berkomunikasi dengan panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi.

Sejak dirilis pada 2015 lalu, aplikasi ini terus berkembang pesat seiring dengan banyaknya game online yang beredar. Banyak gamer yang memanfaatkan Discord sebagai alat komunikasi alternatif mereka.

Layanan ini memiliki beberapa fitur sepeti server, channel (kanal), panggilan video, dan streaming. Pengguna juga dapat membuat satu atau lebih saluran dalam server tersebut. Discord tersedia di Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS.

Detail Discord
Developer Discord Inc.
OS Minimal Bervariasi sesuai perangkat
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Rating (Google Play) 4.2/5.0

>>> Video Call via Discord di smartphone <<<

>>> Video Call via Discord di PC/laptop <<<

5. Instagram

Instagram
Sumber foto: Google Play - Aplikasi Video Call Terbaik

Instagram sejatinya adalah aplikasi berbagi foto dan video, tetapi juga didukung fitur chatting, voice call, dan video call. Kamu bisa melakukan panggilan video bersama berkapasitas 6 orang melalui IG.

Media sosial ini bisa menjadi alternatif untuk melakukan panggilan video saat aplikasi-aplikasi lain mengalami gangguan. Melakukan video call di Instagram tidak membutuhkan langkah-langkah khusus, selain pada sistem bergabung saja yang sedikit berbeda.

Jika di WhatsApp dan sejumlah aplikasi lain kamu tidak perlu memberikan persetujuan, di Instagram hanya mereka yang setuju yang dapat menerima panggilan video. Perlu diingat, melakukan video call di Instagram saat ini belum bisa dilakukan pada desktop.

Detail Instagram
Developer Instagram
OS Minimal Bervariasi sesuai perangkat
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Rating (Google Play) 4.0/5.0

>>> Video Call via Instagram di smartphone <<<

6. WhatsApp

WhatsApp
Sumber foto: Google Play - Aplikasi Video Call Terbaik

WhatsApp adalah aplikasi chatting populer yang juga sering digunakan untuk melakukan panggilan video. Aplikasi ini memang dirancang untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui chat, panggilan suara, dan panggilan video.

Penggunaan aplikasi ini untuk video call sangatlah mudah dan tidak memakan banyak data internet. Fitur panggilan video yang ada di aplikasi ini menjadi andalan banyak orang, karena sudah teruji kestabilan jaringannya.

Saat ini, peserta yang terlibat di dalam panggilan video WhatsApp bisa hingga 50 orang. Awalnya, fitur panggilan video di WhatsApp hanya bisa dilakukan antara dua pengguna. Sama seperti Instagram, video call di WhatsApp saat ini belum bisa dilakukan pada desktop

Detail WhatsApp
Developer WhatsApp LLC
OS Minimal Bervariasi sesuai perangkat
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Rating (Google Play) 4.3/5.0

>>> Video Call via WhatsApp di smartphone <<<

7. Facebook Messenger

Facebook Messenger
Sumber foto: Google Play - Aplikasi Video Call Terbaik

Messenger adalah aplikasi jejaring sosial yang dirilis oleh Facebook atau Meta. Aplikasi Messenger ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video dengan mudah dan cepat.

Para pengguna bisa terhubung dengan 50 pengguna lainnya melalui Messenger Rooms. Uniknya, kamu bisa menggunakan filter wajah AR saat melakukan panggilan video. Facebook Messenger pun tersedia pada smartphone maupun PC.

Sejauh ini, aplikasi dari Facebook ini cukup diminati banyak pengguna. Perlu diingat, sebelum melakukan panggilan video menggunakan Messenger, pastikan lawan bicara juga sudah memasang aplikasi ini di perangkatnya.

Detail Messenger
Developer Meta Platforms, Inc.
OS Minimal Bervariasi sesuai perangkat
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Rating (Google Play) 4.1/5.0

>>> Video Call via Messenger di smartphone <<<

>>> Video Call via Messenger di PC/laptop <<<

Kesimpulan: Mana Aplikasi Video Call Terbaik?

Aplikasi atau layanan video call terbaik pada dasarnya bisa dilihat dari kualitas gambar, kestabilan jaringan, hingga berapa jumlah maksimal pengguna yang bisa bergabung. Fitur-fitur pendukung lain yang dihadirkan juga bisa menjadi indikator keunggulan aplikasi video call terbaik.

Berdasarkan rekomendasi yang sudah Jaka himpun di atas, adil menyebut bahwa Zoom adalah aplikasi video call terbaik untuk saat ini. Dibanding aplikasi sejenis lainnya, Zoom menawarkan lebih banyak keunggulan.

Pemilihan versi Jaka ini melihat berdasarkan kemampuan seperti share screen, record screen, breakout room, QnA, dan sistem keamanan lebih baik yang ada pada Zoom. Selain itu, aplikasi ini juga lebih familier untuk berbagai kalangan mulai dari pelajar, karyawan, hingga profesional.

Daftar Aplikasi Video Call Terbaik untuk PC & Smartphone

  1. Google Meet
  2. Zoom
  3. Skype
  4. Discord
  5. Instagram
  6. WhatsApp
  7. Facebook Messenger

Akhir Kata

Itulah rekomendasi aplikasi video call terbaik 2022 untuk perangkat desktop maupun smartphone yang bisa kamu gunakan. Semua aplikasi pilihan di atas membantumu untuk membuat komunikasi jadi lebih "berarti".

Menariknya lagi, semua aplikasi ini tersedia secara gratis. Namun, beberapa di antaranya memang menyediakan opsi berlangganan agar pengguna bisa mengakses fitur yang lebih luas. Jadi, aplikasi mana yang sering kamu gunakan untuk video call?

Baca juga artikel Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel, Cara Root HP, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Mempercepat Jaringan 1dbf0
10 Aplikasi Mempercepat WiFi dan Jaringan Internet, Stabil & Ngebut!
Vpn Pc Terbaik 5b648
12 Aplikasi VPN PC Terbaik & Anti Blokir 2021 | Internetan Sepuasnya!
Cara Internet Gratis B6a81
Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!
12 Aplikasi Internet Gratis Android Terbaik 2020 Penolong Di Tanggal Tua 1b6a7
12 Aplikasi Internet Gratis untuk Semua Operator, Gak Butuh Kuota!
Aplikasi Bobol Wifi Android 2022 581d3
22 Aplikasi Pembobol WiFi Terampuh 2022 & Gratis, Bisa untuk Android + PC!
Peyimpanan Cloud Aman Banner
Benarkah Menyimpan Data di Cloud Itu Aman dan Apa Keuntungannya?
Tags Terkait: Aplikasivideo call
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal