J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Tips Keamanan Android

10 Tips Keamanan Android

Kamis, 12 Sep 2013, 13:00 WIB
Cara menjamin keamanan data pribadi dan penting yang bersifat sensitif apabila perangkat Android hilang.

Smartphone saat ini telah menjadi perangkat yang kita gunakan sebagai alat pengenal untuk mengakses data secara online, mulai dari social media hingga email dan sebagainya. Karena itu, sangatlah penting untuk menjaga smartphone dari ancaman keamanan online (hacking) dan offline (kehilangan). Jika tidak berhati-hati, kehilangan smartphone bisa bukan hanya berarti kehilangan data kontak saja, melainkan akses ke akun social media, file sinkronisasi, dokumen penting, email, foto dan pesan.

Setiap informasi yang kamu miliki dapat diambil dan dibagikan kepada siapa saja dengan mudah melalui dunia maya jika kamu tidak berhati-hati (ingat berbagai kasus foto yang seringkali menimpa selebriti Indonesia?).

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, ada baiknya kamu melakukan tindakan untuk melindungi keamanan data Android kamu.

Jangan Simpan Semua Password

Keamanan Android Save Password
Sebagian besar pengguna smartphone seperti Android menggunakan fitur Save Password pada perangkat mereka yang tujuannya untuk mempermudah akses, tanpa berpikir bahayanya apabila smartphone tersebut jatuh ke tangan yang salah. Hindari menyimpan semua password dalam perangkat, terutama yang berhubungan dengan data penting dan aplikasi pembayaran atau banking.

Gunakan Sistem Keamanan Android

Keamanan Android Lock Screen
Jika kamu menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android Jelly Bean keatas, maka kamu bisa menggunakan fitur screen lock dan enkripsi yang disediakan secara default. Terdapat berbagai cara untuk menggunakan screen lock yang tersedia, seperti password, pin, pattern dan face unlock. Gunakan pin, password atau pattern yang tidak mudah ditebak.

Kunci Apps

Keamanan Androidapp Lock
Kunci aplikasi berisi data pribadi yang bersifat rahasia. Ini adalah lapisan kedua dari keamanan perangkat setelah screen lock. Gunakan aplikasi App Lock yang dapat dengan mudah membantu kamu mengunci aplikasi-aplikasi berisi data penting tersebut.

App Permission

Keamanan Android App Permission
Sebelum melakukan instalasi aplikasi dari Google Play, kamu akan diberikan pilihan untuk memberikan permission kepada aplikasi tersebut. Tidak semua dari permission tersebut benar-benar dibutuhkan. Baca secara teliti permission untuk mengetahui akses atau permission apa saja yang kamu berikan kepada aplikasi tersebut. Hal ini sangat penting, karena tidak semua aplikasi yang tersedia di Play Store aman.
Keamanan Android Reviews And Rating
Biasakan untuk melihat rating dan membaca review atau komentar dari penggunanya yang dapat membantu kamu mengetahui tingkat kredibilitas aplikasi tersebut.

Amankan Network

Keamanan Android Network Security
Salah satu hal terpenting dalam menjaga keamanan Android adalah dengan mengamankan network atau jaringan kamu. Usahakan untuk menghindari penggunaan WiFi umum jika kamu ingin melakukan transaksi financial secara online. Ketika kamu menggunakan jaringan atau koneksi umum, maka hacker dapat mudah mengikuti jejak data tersebut dan kemudian berhasil mendapatkan informasi pribadi, seperti password kamu.

Lindungi informasi pribadi kamu menggunakan aplikasi Hideninja VPN sehingga arus data yang keluar dari Android kamu dienkripsi, membuatnya lebih sulit untuk disabotase oleh orang lain. Selain itu, WiFi Protector juga dapat membantu kamu apabila perangkat kamu sedang 'diserang'. Aplikasi SecDroid juga bisa kamu gunakan dalam meningkatkan keamanan. Namun aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk perangkat Android yang sudah di-rooting.

Gunakan Aplikasi Mobile Security

Keamanan Android Android Firewall
Tentunya bakal lebih mudah jika kamu menggunakan aplikasi yang menangani keamanan Android kamu bukan? Gunakan aplikasi keamanan seperti Lookout Security & Antivirus dan avast! Mobile Security. Meski telah menggunakan aplikasi antivirus, kamu tetap harus waspada karena malware Android juga semakin berkembang dan menjadi semakin ganas.

Buat Lebih dari 1 Akun Pengguna

Keamanan Android Multiple User
Jika perangkat Android kamu seperti tablet digunakan oleh lebih dari 1 orang, misalnya oleh adik, pasangan atau yang lainnya, lebih baik kamu membuat akun untuk masing-masing pengguna yang berfungsi untuk menjaga privasi. Android versi Jelly Bean keatas memiliki fitur ini secara default yang dapat diakses melalui Settings > Users.

Backup Data Penting

Keamanan Android Backup
Melakukan backup data penting merupakan langkah yang harus kamu lakukan di jaman smartphone sekarang ini. Misalnya saja perangkat Android kamu hilang atau di-hacked, yang bisa kamu lakukan untuk melindungi data pribadi adalah remote wipe, dimana semua data kamu bakal hilang. Karenanya, kamu membutuhkan backup data dari berbagai data penting kamu tersebut.

Kamu bisa backup data ke penyimpanan Cloud, simpan kedalam komputer, atau flash drive.

Cari Android yang Hilang

Keamanan Android Track Your Lost Android
Andaikan perangkat Android kamu hilang dan kamu benar-benar menginginkannya kembali, gunakan GPS untuk mencarinya. Namun perlu diingat, untuk dapat mencari Android menggunakan GPS berarti kamu harus mengaktifkan GPS pada perangkat Android tersebut.

Kabar baiknya, sekarang ini sudah bermunculan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengaktifkan GPS dari jarak jauh.

Aktifkan Remote Wipe

Keamanan Android Remote Wipe
Langkah ini sangat penting apabila perangkat Android kamu hilang dan kemungkinan untuk mendapatkannya kembali sangat kecil. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memastikan data pribadi dan penting yang ada di smartphone tersebut tidak jatuh ke tangan yang salah.

Gunakan 3CX Mobile Device Manager yang bisa kamu download secara gratis dan amatlah mudah digunakan. Lakukan registrasi melalui website resminya sebagai persiapan apabila nantinya kamu harus melakukan remote wipe saat Android kamu hilang.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Cepat Menemukan Smartphone Android yang Hilang

Cara Cepat Menemukan Smartphone Android yang Hilang

Cara Mudah Melindungi Android dari Malware

Cara Mudah Melindungi Android dari Malware

4 Tips untuk Pengguna Android yang Masih Pemula

4 Tips untuk Pengguna Android yang Masih Pemula

Cara Install Aplikasi Android dari Website Google Play

Cara Install Aplikasi Android dari Website Google Play

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal