Google URL Shortener Untuk Memperpendek Alamat Web

Default

Berbagi info lewat media sosial seperti Facebook, Twitter dan Path kerap dilakukan saat ini. Salah satu info yang dibagikan salah satunya alamat website (URL). Hal ini kadang menjadi kendala saat alamat URL yang akan dibagi ke teman atau saudara cukup panjang, contohnya https://jalantikus.com/blog/2012/06/news/download-angry-birds-untuk-pc. Pastinya akan kesulitan saat dimasukkan di ruang teks Twitter.

Untuk mempermudah hal ini, kamu bisa menggunakan pemendek URL atau URL shortener. Bagi pengguna Android, gunakan aplikasi URL Shortener Shorten URL, Shorten dan Goo.gl Shortener.

Goo.gl Shortener adalah aplikasi pemendek URL yang cukup populer dan dapat kamu download secara gratis melalui Google Play Store.

Pada tampilan awal terdapat kolom Enter your URL, masukkan alamat website (URL) yang akan dipendekkan. Cukup copy-paste alamatnya ke kolom tersebut.

https://jalantikus.com/blog/wp-content/uploads/2012/12/goo.gl-shortener-android.jpg

Selanjutnya tab tombol Generate URL, aplikasi Goo.gl Shortener akan memproses alamat URL yang terinput. Setelah selesai akan muncul alamat URL yang pendek beserta QRCode yang terhubung ke alamat URL tersebut. https://jalantikus.com/blog/wp-content/uploads/2012/12/goo.gl-generate-URL.jpg

Bagikan alamat URL pendek tadi ke media sosial seperti Facebook, Line, Gmail hingga TweetCaster, dengan tab tombol Share URL atau Share QR. https://jalantikus.com/blog/wp-content/uploads/2012/12/goo.gl-share-URL.jpg

Kamu juga bisa copy alamat URL secara manual, hingga bisa di-paste-kan ke SMS, note atau media aplikasi lainnya. Begitu juga dengan QRCode-nya. https://jalantikus.com/blog/wp-content/uploads/2012/12/goo.gl-copy-URL.jpg

Kini sepanjang apapun alamat URL yang ingin kamu bagikan di media sosial, bisa dengan mudah diperpendek atau dirubah ke tampilan QRCode menggunakan aplikasi yang tersedia, salah satunya adalah aplikasi Goo.gl Shortener.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini melalui PC/ laptop dengan mengaksesnya melalui alamat website http://goo.gl.com

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal