Maraknya Penipuan Cyber Akibat AirAsia QZ8501

Di tengah usaha pencarian pesawat AirAsia QZ8501, dedemit dunia maya malah bergerilya mencari mangsa. Sebuah jebakan pun disiapkan untuk menipu calon korban.

Dalam postingan yang beredar di internet, penipu cyber ini menyiapkan jebakan dengan memajang logo CNN dan foto pesawat AirAsia yang tergelincir di runway sembari menyebut bahwa AirAsia QZ 8501 yang hilang telah ditemukan di wilayah Tacloban, Filipina.

Tentu saja ini merupakan salah satu aksi scam internet, dan Kamu jangan langsung percaya.

Sebab yang diincar pelaku adalah, netter penasaran yang langsung mengklik situs palsu CNN yang telah disiapkan, lengkap dengan video abal-abal terkait kejadian tersebut.

1420197362 Maraknya Penipuan Cyber Akibat Airasia Qz8501 1
Seperti dilansir IbTimes, setelah masuk ke dalam perangkap, calon korban diminta untuk me-like dan share video yang ingin dilihat ke Facebook.

Namun setelah pengguna melakukan itu, jangan harap video untuk menguak hilangnya QZ8501 bisa ditonton. Sebab itu cuma janji palsu. Yang muncul adalah permintaan lainnya, kali ini Kamu ditodong untuk mengisi kolom survei yang ironisnya adalah ini jebakan lain untuk menjerat Kamu untuk berlangganan layanan SMS premium.

Setelah itu sudah bisa ditebak, korban bakal menerima gelontoran pesan premium yang pastinya bakal menguras pulsa. Belum lagi jika data pribadi korban dijual ke layanan agen marketing, siap-siap saja untuk dijejali penawaran macam-macam.

Scam semacam ini sejatinya bukan barang baru di dunia cyber criminal. Dua kasus kecelakaan pesawat sebelumnya yang mendera Malaysia Airlines MH370 dan MH17 juga turut didomplengi para penjahat dunia maya.

Jadi saran bagi Kamu, jika menemukan link artikel atau video bombastis terkait AirAsia QZ8501 jangan terburu-buru untuk langsung mengkliknya. Cek dulu kesahihan berita tersebut. Kamu bisa mengetahui perkembangan pesawat tersebut dengan 5 Aplikasi Terbaik Untuk Pantau Keberadaan Pesawat AirAsia QZ8501. Saat ini pesawat AirAsia sudah berhasil ditemukan.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal