J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Perkuat Terobosan Transformasi Digital di Indonesia, Wmotion Gunakan Dynamics 365

Perkuat Terobosan Transformasi Digital di Indonesia, Wmotion Gunakan Dynamics 365

Selasa, 14 Mar 2017, 13:00 WIB
Wmotion jalin kerjasama dengan Microsoft untuk hadirkan ragam aplikasi mobile berbasis Dynamics 365.

Kehadiran Wmotion, sebuah vertical solutions provider (VSP) dari PT Wahana Cipta Sinatria (WCS) sejak Desember 2016 lalu, semakin memperkuat terobosan transformasi digital di Indonesia.

Memanfaatkan Dynamics 365, Wmotion berhasil mengembangkan aplikasi mobile bagi lima industri vertikal sekaligus: industri kontraktor dengan aplikasi Project Information Management System (PIMS), peternakan dengan Livestock Information Management System (LIMS), akademis dengan Student Information Management System (SIMS), properti dengan Real Estate Developer System (REDS), dan kuliner dengan Restaurant Order Taking System (ROTS).

BACA JUGA
  • Canggih, Android Dual Kamera Ini Punya Fitur Live Photos iPhone 6s!
  • 5 Smartphone Dual Kamera Terbaik Di Dunia Tahun 2017
  • Harga Zenfone 3 Zoom Murah Banget! Punya Dual Kamera dan Baterai 5.000mAh

Wmotion Dorong Proses Transformasi Digital dari Industri Vertikal di Indonesia

Foto 1

Hadirnya aplikasi-aplikasi mobile ini memungkinkan Dynamics 365 untuk turut digunakan oleh tim yang bekerja di area front-end (sales dan marketing) dan middle-end (field operation), bukan hanya back-end (finance, human resource, dan procurement) seperti yang selama ini terjadi.

Kita tengah hidup dalam era pasar persaingan terbuka yang mengharuskan organisasi untuk beradaptasi dengan kecepatan dinamika pelanggan. Produktivitas, yang didukung dengan mobilitas, merupakan kunci agar organisasi dapat menjaga daya saing mereka. Oleh karena itu, kami di Wmotion berusaha menghadirkan sebuah solusi yang dapat mendorong sistem kerja mobile organisasi, ujar Ariyandi Chaniago, Business Lead, PT Wmotion Digitalindo Teknologi

Dalam sebuah studi mengenai New World of Work (NWoW) yang Microsoft lakukan pada 2016 lalu, sebanyak 92% pekerja di Indonesia telah memposisikan diri sebagai mobile workers. Akan tetapi, hanya 29% di antaranya yang telah merasa terfasilitasi untuk menjadi mobile workers. Fakta ini semakin menegaskan harapan Wmotion akan terwujudnya suatu sistem kerja mobile yang menyeluruh di Indonesia.

Lima Aplikasi Mobile bagi Lima Industri Vertikal Indonesia

Foto 2

Harapan tersebut berusaha Wmotion wujudkan dengan menghadirkan lima aplikasi berikut:

  1. Project Information Management System (PIMS): Proyek pembangunan yang terdiri dari rangkaian aktivitas yang berkesinambungan akan menimbulkan efek domino ketika terjadi keterlambatan atau masalah di salah satu fasenya. Salah satu BUMN di bidang kontraktor di Indonesia yang memainkan peran utama dalam pembangunan negara, telah memanfaatkan teknologi Dynamics 365 sebagai platform Enterprise Resource Planning (ERP) untuk membawa permasalahan yang terjadi di site sehingga dapat diterima secara real-time dan diselesaikan secepatnya oleh pihak terkait di kantor pusat. Dengan fasilitas Power BI yang terdapat di kantor pusat, para pengambil keputusan pun dapat melihat hasil analisa masalah dan menemukan solusi terbaik. Selain waktu dan biaya yang dapat dipangkas, PIMS juga memberikan perusahaan kilasan arus kas, analisa profitabilitas, serta perbandingan anggaran dengan realisasi biaya.

  2. Livestock Information Management System (LIMS): Pelaku usaha peternakan kerap dihadapkan pada persoalan operasional untuk menjaga serta meningkatkan kualitas ternak yang jumlahnya tidak sedikit. Sebuah BUMN yang salah satu unit usahanya bergerak di bidang peternakan, telah memanfaatkan LIMS berbasis Dynamics XRM untuk mendapatkan dan menganalisis data ternak secara real-time. Melalui fitur yang ada dalam LIMS, pekerja cukup melakukan scan pada tag yang telah dipasangkan di masing-masing ternak untuk mengetahui beragam info ternak mulai dari silsilah peranakan ternak (usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan), mengidentifikasi pakan ternak yang sesuai, hingga bagaimana mengantisipasi jika kesehatan hewan ternak tersebut melemah.

  3. Student Information Management System (SIMS): Aktivitas akademis dan kegiatan ekstrakulikuler siswa pendidikan dasar membutuhan akses dan pengawasan secara berkala dari sekolah, maupun oleh orangtua. Hal ini menjadi tantangan bagi orangtua yang bekerja, apalagi jika sebagian besar waktunya dihabiskan di kantor. Berangkat dari permasalahan ini, Wmotion memanfaatkan Internet of Things (IoT), sebuah jaringan sensor yang diintegrasikan ke dalam perangkat untuk mengumpulkan atau mengendalikan data dari jauh, untuk membangun aplikasi yang dapat membantu orangtua memantau aktivitas dan perkembangan edukasi anak. Orangtua dapat mengetahui posisi anak sejak berangkat sekolah, update prestasi, serta informasi administratif sekolah secara real-time. Siswa pun berkesempatan mendapat akses materi secara online, jadwal terbaru, serta kegiatan sekolah lainnya melalui SIMS. Saat ini ujicoba SIMS akan disediakan oleh salah satu sekolah swasta di Surabaya.

  4. Real Estate Developer System (REDS): Properti merupakan investasi padat modal, sehingga calon pembeli membutuhkan informasi spesifik seperti akses, luas tanah, posisi bangunan, hingga fasilitas pendukung lainnya. Oleh karena itu, pengembang ditantang untuk tidak hanya fokus kepada pembangunan, melainkan juga untuk membekali tim sales sebagai pihak terdepan yang akan mendampingi calon pembeli dengan informasi yang sesuai. Salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia menjadi klien Wmotion yang pertama kalinya memanfaatkan aplikasi untuk bisnis properti. Dengan REDS yang merupakan bagian dari ERP yang berperan sebagai end-to-end IT solution dalam menyediakan informasi dasar properti dan ketersediaan unit secara real-time, tim sales dari perusahaan pengembang properti bekerja secara integratif dan terhubung dengan fungsi backend lainnya di kantor pusat, serta tidak lagi disibukkan dengan kendala administratif sehingga dapat berperan lebih proaktif dalam melayani pelanggan dan calon pembeli.

  5. Restaurant Order Taking System (ROTS): Peluang bisnis kuliner menjadi satu dari beberapa bisnis populer yang berkembang dewasa ini. Agar tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi berbisnis, pengusaha kuliner dapat mencoba ROTS untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggannya. Wmotion menawarkan ROTS yang dapat memangkas proses order yang selama ini dilakukan oleh waiter. Pengunjung dapat dengan mudah memilih menu yang ada di device yang sudah disiapkan, dan pesanan tersebut akan langsung masuk ke monitor yang ada di dapur. Proses ini akan menghemat jauh lebih banyak waktu, dan tentunya menjadi keuntungan bagi pihak restoran ketika dapat melayani lonjakan pelanggan pada satu waktu.

Tantangan Bukanlah Halangan

Photo 1

Meskipun aplikasi mobile membantu para pelaku usaha dalam menjawab kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat, proses pengimplementasian sistem baru ini bukanlah tanpa tantangan.

Salah satu tantangan terbesar dalam meyakinkan organisasi-organisasi di Indonesia untuk mulai menggunakan aplikasi mobile adalah kurangnya dukungan dari jajaran yang lebih tinggi dalam organisasi itu sendiri. Dewan direksi dan kepemimpinan eksekutif memainkan peranan yang begitu vital dalam menetapkan kerangka transformasi digital organisasi karena mereka lah pembuat strategi, pengambil keputusan, dan influencer internal terkuat. Jika semua pihak dapat sepakat dan bersinergi, baik pelaku usaha maupun pelanggan dapat memperoleh manfaat terbaik dari transformasi digital, tutup Ariyandi.

Dalam tiga bulan eksistensinya, Wmotion telah berhasil meyakinkan lima organisasi dari lima industri vertikal di Indonesia untuk melakukan transformasi digital. Respon positif yang Wmotion dapatkan sejauh ini memacu semangat Wmotion untuk mampu mendorong sedikitnya lima pelanggan baru per bulannya agar dapat melakukan proses transformasi digital di tahun 2017. Selain sektor publik dan perusahaan besar, WMotion juga menargetkan upaya transformasi digital ini kepada pasar Usaha Kecil dan Menegah (UKM).

ARTIKEL TERKAIT
Ingin Artikelmu

Mau Tambahan Uang Jajan? Yuk, Gabung Jadi Kontributor Islam di BaBe!

Tools Browsing Aman Dan Anti Hack Banner

5 Tools Keren Biar Browsing Aman dan Anti Hack

Perbedaan Intel Dengan Amd 8

Pahami Perbedaan Prosesor AMD & Intel Sebelum Beli Laptop

Jika Dunia Tanpa Smartphone Banner

Apa Jadinya Jika Kita Hidup Tanpa Smartphone?

Sejarah Mencengangkan Dari Perkembangan Google Play Yang Belum Diketahui

Sejarah Mencengangkan dari Perkembangan Google Play yang Belum Diketahui

APPS TERKAIT
Google Camera Logo 50b83
Google Camera 6.2.031.259661660
Apps Google Inc.
Camerafv5
Camera FV-5 3.0
Apps FlavioNet
Camera360 Icon Small Icon
Camera360 Ultimate
Apps PINGUO Inc
Bigo Live Live Broadcasting Icon
BIGO LIVE - Live Broadcasting 3.2.0
Apps BIGO TECHNOLOGY PTE. LTD.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
20 Aplikasi yang Pasti Ada di Smartphone Pengusaha Sukses

20 Aplikasi yang Pasti Ada di Smartphone Pengusaha Sukses

Awas Malware! Ini Cara Aman Download Aplikasi Baru di Android

Awas Malware! Ini Cara Aman Download Aplikasi Baru di Android

Cuma Habisin Memori, 5 Aplikasi (yang Dikira) Penting Ini Sebenarnya Gak Berguna

Cuma Habisin Memori, 5 Aplikasi (yang Dikira) Penting Ini Sebenarnya Gak Berguna

WAJIB Coba! Ini 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

WAJIB Coba! Ini 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal