J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Samsung Jawara, Oppo Menggeser Lenovo. Apa kabar Apple?

Samsung Jawara, Oppo Menggeser Lenovo. Apa kabar Apple?

Senin, 30 Mei 2016, 00:00 WIB
Kalau bicara pasar smartphone di dunia, kita akan melihat persaingan yang begitu sengit hampir disemua segmen. Nah lembaga riset Gartner telah merilis laporan penjualan smartphone dunia selama kuartal pertama tahun 2016, apa yang terjadi?

Kalau bicara pasar smartphone di dunia, kita akan melihat persaingan yang begitu sengit hampir di semua segmen. Baik di kasta paling atas yang dikuasai oleh Samsung dan Apple, kelas menengah dan kelas bawah yang dikuasai oleh kebanyakan produsen asal Tiongkok, dengan produk smartphone yang dibanderol kebangetan murah tapi dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni.

Banyak langkah yang ditempuh oleh para produsen smartphone, untuk meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar mereka. Nah lembaga riset Gartner telah merilis laporan penjualan smartphone dunia selama kuartal pertama tahun 2016, apa yang terjadi?

BACA JUGA
  • 10 Hal Ini Wajib Dilakukan Pada Smartphone Baru, Nomor 8 Penting Banget!
  • PENTING! Periksa 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kartu Memori
  • 10 Aplikasi Android Terbaik 2016 Versi Google Play Store Awards

Samsung Jawara, Oppo Menggeser Lenovo. Apa kabar Apple?

Samsung Masih Jadi Raja Smartphone

Samsung Jawara

Gartner mencatat penjualan smartphone selama kuartal pertama 2016 tembus hingga 349,3 juta unit, artinya meningkat dari tahun lalu sebesar 336,3 juta unit. Nah dari jumlah tersebut, Samsung masih mendominasi pasar dan berhasil mengapalkan 81,2 juta unit. Jumlah tersebut membuat Samsung menguasai 23,2% pangsa pasar smartphone di dunia.

Hal ini tak lepas dari kesuksesan flagship Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, yang mampu menghipnotis para pecinta gadget. Kedua flagship tersebut memang masih berbagi desain yang sama dengan Galaxy S6, tetapi peningkatan yang signifikan membuatnya menjadi smartphone idaman. Keunggulan yang mencolok adalah sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu, kembalinya slot microSD, hardware yang lebih kencang dan masih banyak lainnya.

Apple Jadi Runner-up

Apple Runner Up

Di posisi runner-up masih dipegang Apple, Apple menorehkan sejarah baru di kuartal pertama 2016. Untuk pertama kalinya sejak 2003 lalu, penjualan iPhone menurun. Penjualan iPhone melempem di awal tahun, perusahaan besutan mendiang Steve Jobs itu hanya mampu mengapalkan sebanyak 51,6 juta unit iPhone. Kalau dibandingkan di periode yang sama tahun lalu, Apple berhasil memasarkan sebanyak 60,2 juta unit iPhone. Kondisi ini pun membuat market share Apple menurun dari 17,9% menjadi hanya 14,7%, semakin menjauhi Samsung.

CEO Apple Tim Cook angkat bicara mengenai turunnya penjualan iPhone untuk pertama kalinya, menurutnya pasar ponsel pintar saat ini sedang tidak berkembang dan kondisi makro ekonomi di sejumlah negara memang sedang tidak bagus, tapi kami sangat optimis ini akan segera berlalu. Kendati demikian, Cook mencatat bahwa perusahaan melihat penjualan dari sisi upgrade dari pengguna iPhone lawas, khususnya di beberapa daerah. Dia melihat perpindahan dari iPhone 5s ke iPhone 6 termasuk cepat.

Urutan Ketiga Hingga Kelima Dikuasi oleh Produsen Asal Tiongkok

Oppo Melesat Ke Empat Besar

Di urutan ketiga hingga lima dikuasai oleh pabrikan ponsel asal Tiongkok. Mereka adalah Huawei, Oppo dan Xiaomi, yang jika digabungkan mereka menguasai 17% pangsa pasar. Huawei mengalami peningkatan dari tahun lalu, dari 18,1 juta unit menjadi 28,9 juta unit. Pada kuartal pertama tahun 2016 ini Oppo bisa dikatakan jawaranya, karena mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari 6,6 juta unit menjadi 16,1 juta unit.

Xiaomi yang tadinya berada di posisi keempat pun harus rela terjungkir di posisi kelima, meski begitu Xiaomi tetap mengalami kenaikan walaupun tipis. Xiaomi mampu menjual 15,1 juta unit kuartal pertama tahun ini, sedangkan tahun lalu 14,7 juta unit. Menurut Gartner, Huawei tumbuh pesat di pasar Eropa, Amerika dan Afrika. Sementara Oppo dan Xiaomi melaju sangat cepat di Asia Pasifik.

Lenovo Terlempar dari 10 Besar

Lenovo Terlempar 10 Besar

Salah satu hal yang paling mengejutkan adalah terlemparnya Lenovo dari lima besar, bahkan ternyata Lenovo juga tidak masuk dalam 10 besar pada kuartal pertama tahun ini. Lenovo menghadapi kuartal pertama dengan keadaan yang sulit, penjualan mereka turun hinga 33%. Padahal seperti yang kita ketahui, produk teranyar seperti Lenovo K4 Note dan K5 Note cukup menyita perhatian di tanah air dengan keunggulan bundle perangkat VR.

Nokia Siap Menghantam Kembali Pasar Smartphone Dunia

Nokia Kembali Ke Pasar Smartphone 2016

Dalam laporannya, Gratner juga turut mengomentari kembalinya Nokia ke pasar smartphone dunia. Menurutnya, bukan hal mudah untuk kembali meraup kesuksesan seperti dulu di tengah sengitnya persaingan. Membuat hardware yang bagus bukan kendala bagi Nokia, tetapi pengguna butuh alasan yang kuat untuk kembali percaya kepada Nokia.

Sebelumnya, lembaga riset IDC juga telah merilis hasil pengapalan smartphone di kuartal pertama tahun ini. Hasil IDC dan Gartner memang mirip, bedanya hanya pada posisi kelima. Dimana menurut data IDC, pengapalan smartphone di seluruh dunia pada kuartal pertama mencapai 334,9 juta unit, IDC menempatkan Vivo di posisi kelima dengan jumlah pengiriman 14,3 juta unit.

Posisi pertama Samsung dengan 81,9 juta unit, kedua dipegang Apple dengan 51,2 juta unit. Lalu di posisi ketiga Huawei dengan pengapalan 27,5 juta unit, sementara Oppo berada di posisi keempat dengan pengapalan 18,5 juta unit. Bisa dibilang, kuartal pertama ini adalah milik Oppo. Tentu kamu sudah tahu produk teranyarnya, yakni Oppo F1 dan F1 Plus alias Oppo R9.

ARTIKEL TERKAIT
Browser Opera Hemat Baterai

Inilah Browser yang Bisa Menghemat Baterai Laptop Kamu Hingga 50%

Gadget Paling Berpengaruh Versi Time

10 Gadget Paling Berpengaruh di Dunia Versi Majalah TIME

Radiasi Smartphone

AWAS Bahaya Radiasi Smartphone Bisa Menyerang Otak!

Semua Fitur Android N

Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N

Smartphone Android Murah Berkualitas Ram 2gb

10 Smartphone Android Murah Berkualitas RAM 2GB

APPS TERKAIT
Transparan Wallpaper Icon
transparan wallpaper 1.9
Apps Star Light
Wifi Baby Monitor Nannycam Icon
WiFi Baby Monitor - NannyCam 2.0.6
Apps Alfred Labs Inc.
Game Hacker 1 2839b
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Avast Anti Theft Icon
Avast Anti-Theft 3.1.7863
Apps Avast Software
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Penjualan Apple Menurun, Kabar Gembira atau Kabar Buruk?

Penjualan Apple Menurun, Kabar Gembira atau Kabar Buruk?

 Ini Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar Kecil Jauh Lebih Baik Dibandingkan Layar Besar

Ini Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar Kecil Jauh Lebih Baik Dibandingkan Layar Besar

Bukan Nokia atau Sony, Inilah 10 Produsen Ponsel Terbesar di Dunia

Bukan Nokia atau Sony, Inilah 10 Produsen Ponsel Terbesar di Dunia

Nggak Mau Kalah oleh Galaxy Note 7, iPhone 7 Juga Ikutan Meledak!

Nggak Mau Kalah oleh Galaxy Note 7, iPhone 7 Juga Ikutan Meledak!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal