J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Teknologi Canggih Ini Sudah Ada dari Zaman Purba

              5 Teknologi Canggih Ini Sudah Ada dari Zaman Purba

              00
              Rabu, 18 Apr 2018, 17:00 WIB
              Kehadiran teknologi memang membawa berbagai kemajuan bagi kehidupan di dunia ini. Zaman modern seperti saat ini dipenuhi oleh berbagai macam teknologi yang semakin canggih di segala bidang.

              Kehadiran teknologi memang membawa berbagai kemajuan bagi kehidupan di dunia ini. Zaman modern seperti saat ini dipenuhi oleh berbagai macam teknologi yang semakin canggih di segala bidang. Para ilmuwan pun masih terus berupaya menciptakan berbagai teknologi yang lebih canggih untuk masa yang akan datang.

              Berbicara tentang teknologi, tahukah kamu bahwa di zaman dahulu kala ternyata sudah ada teknologi, lho! Berbagai teknologi di zaman purba bahkan gak kalah canggih dari yang ada di zaman sekarang. Nah, berikut Jaka akan membahas 5 Teknologi Canggih Ini Sudah Ada dari Zaman Purba. Simak ulasannya, ya!

              BACA JUGA
              • Umat Manusia Bakal Dijajah dan Musnah oleh Robot AI! Benarkah?
              • 10 Fakta Seputar Dunia Teknologi yang Jarang Diketahui
              • GOKIL! Ini 5 Inovasi Teknologi Jerman yang Sudah Mendunia

              5 Teknologi Canggih yang Ada di Zaman Purba

              1. Reaktor Nuklir

              1 Bbf65

              Tim ahli Arkeolog yang melakukan penelitian di tambang uranium berusia 2 miliar tahun di Oklo, Republic Gabon, Afrika menemukan adanya sebuah reaktor nuklir dengan kapasitas mencapai 500 ton biji uranium dan dapat menghasilkan daya sebesar 100 ribu watt. Penemuan ini menghasilkan fakta bahwa sejak miliaran tahun yang lalu, reaktor nuklir sudah ada di dunia bahkan dalam skala yang sangat besar. Hingga saat ini tambang reaktor nuklir tersebut masih terpelihara dengan baik.

              2. Parthian Batteries

              2 A54ba

              Bermula dari ditemukannya sebuah guci pada tahun 1936 disebuah makam kuno yang terletak di Khujut, selatan Baghdad. Guci ini diperkirakan berumur lebih dari 2.000 tahun. Seorang Arkeolog Jerman bernama Wilhem Konig menyadari bahwa guci tersebut bukan guci biasa karena memiliki pipa tembaga dengan sebatang logam di dalamnya. Ia pun melakukan penelitian terhadap guci tersebut dan menemukan bekas cairan asam seperti cuka atau anggur di dalamnya.

              Akhirnya diketahui bahwa guci ini bisa digunakan untuk membuat baterai sehingga kemungkinan teknologi listrik telah dikenal sejak zaman purba. Sebab pada penelitian selanjutnya diketahui bahwa dengan memasukkan jus anggur ke dalam guci yang kini disebut Parthian Batteries ini akan menghasilkan listrik sebesar 0,5 volt. Hal ini semakin membuat para peniliti yakin bahwa Parthian Batteries merupakan alat yang digunakan manusia di zaman purba untuk menciptakan listrik.

              3. Jantung Buatan

              3 D96b1

              Siapa sangka, jantung buatan yang kita kira baru ada di zaman modern ternyata sudah ada sejak zaman dulu. Hal ini dibuktikan oleh kelompok peneliti yang melakukan penelitian terhadap mumi anak laki-laki yang ditemukan di dalam sebuah piramida Mesir. Di dada kiri mumi berusia sekitar 5.000 tahun tersebut ditemukan jantung buatan yang fungsinya sama seperti yang ada di zaman modern. Dengan ini, diketahui bahwa orang-orang di zaman purba ternyata sudah dapat menciptakan teknologi secanggih jantung buatan.

              4. Antikythera Mecanism

              4 526cb

              Antikythera Mecanism merupakan sebuah benda berbentuk jam beker yang ditemukan di dalam bangkai kapal yang karam di dasar laut oleh para penyelam Yunani. Seorang peneliti bernama Derek John De Solla Price mengemukakan bahwa Antikythere Mecanism kemungkinan berasal dari tahun 80 sebelum masehi dan digunakan untuk mengukur pergerakan bintang dan planet atau posisi astronomi. Selanjutnya diketahui bahwa Antikythera Mecanism bekerja seperti sebuah komputer sehingga disebut sebagai komputer analog kuno dari zaman purbakala.

              5. Piri Reis Map

              5 A2050

              Sebuah peta kuno yang terbuat dari kulit rusa tersimpan di Istana Taifurkhafi, Istanbul, Turki. Di peta ini terdapat tanda tangan Piri Reis yang merupakan seorang laksamana Turki Utsmani dan tertera bulan dan tahun kapan peta tersebut ditandatangani, yaitu bulan Muharram tahun 919 AH Islam atau sekitar 1513 Masehi. Karena keunikannya, peta ini kemudian diteliti lebih lanjut dan ditemukanlah fakta bahwa gambaran pada peta ini ternyata sebenarnya adalah gambar seperti pandangan udara dari atas angkasa.

              Peta ini juga ternyata sama persis dengan gambar bumi yang diambil dari pesawat Apollo 8. Jadi, Piri Reis Map merupakan peta dunia yang gambarnya diambil dari luar angkasa. Ini berarti bahwa pada zaman kuno sudah ada teknologi canggih yang bisa digunakan untuk mengambil gambaran bumi dari luar angkasa meski belum diketahui bagaimana dan siapakah yang mengambil gambaran pada Piri Reis Map dari luar angkasa.

              Akhir Kata

              Itulah dia 5 Teknologi Canggih Ini Sudah Ada dari Zaman Purba. Ternyata salah jika kita berpikir bahwa di zaman dahulu kala tidak ada teknologi. Penemuan-penemuan di atas telah membuktikan bahwa di zaman purba, telah ada teknologi canggih yang digunakan oleh orang-orang di masa lalu. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahun kita ya!

              APPS TERKAIT
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Buzz Up Viral Videosok Icon
              Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
              Apps Mainspring
              Youtube Icon
              YouTube
              Apps Google Inc.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal