Cara Menggunakan OJK iDebKu, Pengganti BI Checking untuk Cek Catatan Kredit

Default

Aplikasi OJK iDebKu baru saja diluncurkan pada 8 November 2022 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi ini terintegrasi dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), pengganti BI Checking yang sudah familiar di telinga kita.

Di aplikasi ini, masyarakat bisa mengecek catatan kreditnya lewat situs web. Catatan kredit sangat berpengaruh saat kita hendak meminjam uang ke bank.

Kalau catatan kredit kita buruk, bank akan menolak pengajuan pinjaman dana kita. Di sisi lain, aplikasi ini juga membantu perusahaan mengecek riwayat peminjaman calon nasabah dengan mudah.

Supaya lebih jelas, simak informasi Jaka mengenai kegunaan, cara mengakses dan mengecek catatan kredit di OJK iDebKu berikut ini!

Apa itu OJK iDebKu? Apa Fungsinya?

2613360298
Sumber foto: iDebKu baru diluncurkan 8 November 2022 - Bisnis.com

iDebKu OJK adalah platform berisi informasi debitur (iDeb) yang diluncurkan OJK pada 8 November 2022. Platform ini bisa diakses melalui situs web idebku.ojk.go.id.

Mengutip laman resmi OJK, situs web iDebKu ini terintegrasi dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). SLIK iDeb menyimpan informasi berisi riwayat kelancaran pembayaran utang (kolektabilitas) seorang debitur.

Data dari iDeb tersebut digunakan oleh lembaga jasa keuangan bank maupun non-bank dalam mengambil keputusan pada proses pemberian kredit atau pembiayaan kepada debitur. Data ini sudah terkoneksi dengan data kependudukan, loh.

Tidak cuma untuk perusahaan, pengecek iDeb ini membantu masyarakat mengecek kolektabilitasnya sendiri, terutama kalau mau pinjam uang. Kalau skor kredit lancar, maka pengajuan akan disetujui. Kalau skor kredit buruk, bank akan menolaknya.

Pengembangan aplikasi iDebKu ini sejalan dengan Destination Statement OJK Tahun 2022-2027, Arah Pengembangan Sistem Layanan Informasi Keuangan (AP SLIK) 2021-2025, dan bagian dari Rancang Bangun Sistem Informasi (RBSI) tahun 2019-2022 serta RBSI tahun 2023-2027.

Kelebihan Layanan SLIK OJK iDebKu

1552880853 Untitled
Sumber foto: iDebKu lebih mutakhir dibanding Bi Checking - Indozone

Dulunya, proses pencatatan iDeb ini dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) dengan metode yang dinamakan BI Checking. Sekarang, wewenangnya sudah pindah ke OJK melalui SLIK tadi.

Dengan teknologi yang lebih mutakhir, SLIK iDebKu punya kelebihan dibandingkan BI Checking. Dikutip dari laman OJK, berikut kelebihannya.

  • Membantu mempercepat proses analisis serta pengambilan keputusan tentang pemberian kartu kredit atau kredit tanpa agunan.
  • Meminimalkan risiko dari pinjam kartu kredit kilat bermasalah di masa yang akan datang.
  • Meminimalkan dan mengurangi tingkat dari ketergantungan pemberi pinjaman kredit kilat atau pelapor pada agunan konvensional.
  • Pemberi pinjaman kredit kilat dapat untuk menilai reputasi dari pinjam kredit kilat calon peminjam atau calon debitur sebagai pengganti maupun pelengkap agunan.
  • Membuat efisien biaya operasional.
  • Mendorong transparansi pada pengelolaan pinjam kredit yang kilat.

Syarat dan Cara Daftar OJK iDebKu Pengganti BI Checking

OJK Idebku Situs
Sumber foto: Siapkan KTP dan foto bersama KTP sebelum daftar iDebKu - Bisnis.com

Untuk mengetahui skor kreditmu di iDebKu, kamu bisa mendaftar ke situs resmi iDebKu OJK dan membuat akun di sana. Sebelumnya, kamu harus menyiapkan:

  • foto identitas asli (KTP)
  • foto dengan identitas asli
  • foto diri mengikuti gambar panduan

Semuanya berukuran maksimal 4MB dengan format .jpg, .jpeg, .pn. Jika sudah siap, silakan ikuti langkah di bawah.

  1. Buka situs web iDebKu
  2. Klik Pendaftaran
  3. Pilih jenis, kewarganegaraan, jenis identitas, dan nomor identitas debitur
  4. Masukkan captcha, klik Selanjutnya
  5. Kamu akan mendapat informasi kuota antrean. Jika masih ada, kamu akan diarahkan ke tahap selanjutnya
  6. Isi data diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, email aktif, dan nomor HP
  7. Unggah foto, klik Selanjutnya
  8. Pastikan semua informasi sudah benar
  9. Klik Ajukan Permohonan
  10. Salin kode pendaftaran

Cara Cek Status Pendaftaran iDebKu OJK

Infografis Cara Cek Catatan Kredit 1 169
Sumber foto: Cek status pendaftaran iDebKu di sini - Detik.com

Selanjutnya, kamu harus menunggu selama satu hari kerja untuk mengetahui status permohonan pendaftaranmu. Jika dikabulkan, kamu bisa mendapat informasi riwayat kredit secara komprehensif.

Cara mengecek status pendaftaran OJK iDebKu bisa kamu ikuti melalui cara cek data kita di OJK berikut ini.

  1. Buka situs web iDebKu OJK
  2. Klik Status Layanan
  3. Masukkan kode pendaftaran yang sudah disalin sebelumnya
  4. Masukkan captcha
  5. Klik Lihat Status Layanan

Daftar Skor Kredit SLIK OJK iDebKu

Jika akun iDebKU OJK sudah aktif, kamu akan menemukan informasi berupa skor kredit. Jaka akan membeberkan penjelasan tiap penilaian tersebut di bawah:

  • Skor 1: Kredit Lancar, artinya debitur selalu memenuhi kewajibannya untuk membayar cicilan setiap bulan beserta bunganya hingga lunas tanpa pernah menunggak.
  • Skor 2: Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari.
  • Skor 4: Kredit Diragukan, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit lebih 180 hari.

Kuota Antrean OJK iDebKu Habis, Bagaimana Solusinya?

Aplikasi iDebKu OJK download memang masih tergolong baru, jadi cukup banyak masalah teknis yang terjadi dalam pengaplikasiannya.

Dua hari sejak peluncurannya, masyarakat mengeluhkan kuota antrean yang selalu habis saat mereka mengajukan permohonan iDeb. Hal ini dinilai mempersulit proses pengecekan riwayat kredit mereka.

Lantas, apakah ada solusinya? Menurut keterangan Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot, pihaknya akan segera memperbaiki kesalahan teknis tersebut. OJK meminta masyarakat untuk bersabar karena aplikasi ini memang baru diluncurkan.

Jadi, nggak ada yang bisa kita lakukan kalau belum dapat kuota antrean. Kita tunggu saja semoga perbaikan dari pihak OJK bisa dilakukan dengan cepat!

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai iDebKu OJK go id beserta syarat dan cara daftarnya. Kini, kamu nggak perlu datang ke kantor OJK untuk mendapat iDeb karena semuanya bisa diakses di satu aplikasi!

Sebelum menggunakannya, pastikan kamu memenuhi syarat pendaftarannya, ya. Isi kolom dengan benar agar pendaftaran iDebmu diterima. Semoga membantu!

Baca juga artikel Tips, Finansial, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal